Myanmar tercatat suatu dari fragmen anggota Asean selain Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos. Karena kesembilan negara anak bungsu telah dibahas alat pembayaran transaksi sehari-harinya, bagi melengkapi, kata sandang kali ini uangindonesia.com akan membicarakan mata uang dari negara nan sebelum tahun 1989 sempat bernama Burma.

Sekufu begitu juga sebelumnya, pembahasan yen negara Myanmar ini kembali akan dijelaskan dengan detail. Start dari rekaman, lambang, bentuk atau foto, harga kurs, kode ISO 4217, dan lainnya akan dituliskan di sini dengan kamil. Harapan carik semoga info ini bisa bermanfaat buat menambah wawasan atau perumpamaan bekal bagi Kamu yang berniat jalan-perkembangan maupun berlibur ke sana.

Mengenal keunggulan dan kode ISO 4217 persen negara Myanmar yang bernama kyat

Kyat adalah nama peso resmi Negeri Seribu Pagoda ini. Dalam bahasa Myanmar, kyat ditulis ကျပ် dan diucap tɕaʔ. Saya seorang mendengar pelafalan ini seperti makhluk mengucapkan “chat”.

Kendatipun bahasa mereka mempunyai huruf khusus untuk menuliskannya, tapi soal segel ain uang lelah, kyat Myanmar dilambangkan cukup dengan leter K saja. Penggunaan simbol ini disisipkan sebelum numerik kuantitas komisi. Seperti contohnya K100, K200, K300, dan seterusnya.

Bagi orang yang tidak begitu mengenal mata uang negara Myanmar, penulisan K100 kelihatannya merusuhkan: nominal 100 itu dalam rancangan mata persen apa. Maka berusul itu lakukan mempermudah dikenali, dalam mayapada memikul dan perbankan lebih memilih menggunakan sistem kode ISO 4217. Dan lakukan uang jasa kyat Myanmar kode ISO 4217-nya iyalah MMK. Sistem seperti ini diakui secara jagat rat loh.

Baca juga: Mandu menulis dolar Rp yang baik dan etis sesuai EYD

Denominasi alias rekahan-pecahan mata uang kyat Myanmar

Bikin memperlancar transaksi jual-beli warganya sehari-hari, uang pasti dicetak dengan beraneka macam macam rekahan. Terserah yang selembar memiliki nilai nominal segara, cak semau pula yang boncel. Dan kerjakan uang kyat Myanmar, berikut inilah pecahan-bongkahan yang tersedia:

[table style=”table-bordered”]

 Denominasi alat penglihatan uang jasa kyat Myanmar koin  Denominasi mata komisi kyat Myanmar kertas
 K5, K10, K50, K100 (sering digunakan)

K1 (jarang digunakan)

 K5, K10, K20, K50, K100, K200, K500, K1.000, K5.000, K10.000 (cangap digunakan)

50 pya, K1 (jarang digunakan)

[/table]

Nb: Ada satuan unit di sumber akar kyat, namanya pya. 1 kyat = 100 pya.
Bank sentralnya : Central Bank of Myanmar

Rangka netra uang negara Myanmar

Kalau hanya dijelaskan dengan kata-kata seperti di atas tentu pembaca kurang pada dan tidak boleh mengetahui alat penglihatan uang lelah Myanmar itu penampakannya seperti segala apa. Biar tidak penasaran, berikut saya tampilkan tulangtulangan fotonya.

Gambar mata uang negara Myanmar kertas
Gambar uang kertas kyat Myanmar
Gambar mata uang negara Myanmar yang bernama kyat
Gambar uang koin atau ferum kyat Myanmar

Baca juga: 5 desain cantik sreg uang jeluang Indonesia tempo dahulu

Harga kurs ringgit kyat Myanmar jika ditukar dolar maupun rupiah

Ter-hormat-benar cak hendak pergi ke negara Myanmar? Mengingat kyat merupakan yen resmi di sana, cak hendak enggak kepingin kita harus punya rupiah yang diterima oleh mereka. Selain kyat, sebenarnya ada sejumlah tempat khususnya sebagaimana hotel, mal, sebagainya yang menerima rupiah Amerika. Jadi tenang saja. Tapi di sini masalahnya bukan itu. Kita harus tau harga kursnya.

  • 1 kyat Myanmar berapa jikalau dirupiahkan?
  • 1 dolar Amerika harga kursnya berapa kyat Myanmar?

Seperti kita ketahui harga kurs setiap hari bahkan setiap jam bisa berubah. Untuk itu sangat dipetuakan kerjakan melihat harga kurs di web nan update secara real time cuma. Di sini saya hanya bisa mengasihkan info kurs pada saat tulisan ini dibuat. Yaitu 1 MMK = 11,28 IDR serta 1 USD = 1.185,55 MMK. Ponten ini berdasarkan situs https://finance.yahoo.com/currency-converter/.

Selanjutnya baca: Alasan mengapa tiap negara nama mata uang dan harga kursnya cedera-beda