Abdi Dalem Cilik Keraton Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta –
Pentas wayang rutin digelar di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, DI Yogyakarta, setiap Rabu dan Sabtu. Usai pagelaran, seorang anak asuh kecil dengan pakaian abdi dalem tampak mengapalkan pisang melanglang keluar ke pendopo.

Sebaik saja sampai di lantai bawah pendopo itu, anda taajul mengatupkan kedua tangannya seperti posisi menyembah ke sisi dalam pendopo. Beliau pula bepergian memfokus pemandu Keraton Yogyakarta di sebelah lor pendopo bagi memberikan mauz itu. Dibaginya pisang itu satu saban satu.

Sesudah itu, dia menghampiri sang kakek, yaitu Mbah Suyat atau Riyo Bupati Anom Cermo Wicoro. Belum sampai di hadapan sang kakek, wisatawan di Kastil Yogyakarta meminta berfoto bersama bocah berusia 7 tahun.

Bocah lelaki itu bernama Rizky Kuncoro Manik. Pakaian nan dikenakannya bukan sahaja kostum karena engkau memang sendiri abdi dalem. Ia  menjadi primadona wisatawan di Kastil Yogyakarta. Permintaan berfoto bersama bertubi-tubi hinggap kepadanya.

  • Mengenal Teknologi Pendeteksi Offside Recup Otomatis di Piala Dunia 2022
  • 3 Buku Cloud Bread, Boleh bikin Diet
  • Indonesia, Singapura, dan Malaysia Kumpul di Yogyakarta Bahas Navigasi Pelayaran
  • Belajar mulai sejak Internet, Wanita Sumsel Pemenang Lakukan Uang Palsu
  • Mahasiswa Aktor Video Mesum Manado Terancam Dipecat semenjak Kampus
  • Fenomena LGBT di Halangan Pelajar Batam

Monggo, monggo…kono, le
(Silakan, marilah…sana, Mas). Nan agak kelam badannya,” sebut Mbah Suyat kepada sang cucu di Keraton Yogyakarta, Sabtu (13/2/2016).

Mbah Suyat mengatakan, keinginan Rizky cak bagi menjadi abdi dalem atas kedatangan sendiri. Ia teringat saat itu Rizky berusia 15 bulan berkata kepada dirinya untuk ikut mengabdi ke Keraton Yogya.

“Rizky
krentek
(kehausan) sendiri. Beliau bilang, ‘Pak aku
ndereke
sowan teng istana ngangge blangkon, jarik pranakan, iket nganggo keris koyo buya (Pak, saya masuk menjenguk ke keraton pakai blangkon, karet batik, dan keris).’ Waktu itu umurnya 15 rembulan, belum terserah 1,5 musim,” tutur Mbah Suyat.

Rizky Kuncoro, abdi dalem cilik Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Mbah Suyat teringat saat awal dirinya membawa cucunya itu turut ke keraton. Kamu harus naik bus dan jebluk di Kantor Pos Segara Yogya, dilanjutkan menaiki becak hingga Keraton Yogya.

Rizky bersedia dan menerima tidak pernah mengeluh saat bersama dengan dirinya mengabdi di keraton. Ketika ini Rizky telah sekolah Kelas 1 Sekolah Dasar Glagah 1 Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Praktis, aktivitas Rizky di Keraton Yogyakarta menyesuaikan jadwal sekolah. Selama ikut dengan dirinya. Rizky lain mengadat seperti layaknya momongan kecil lainnya. Rizky pun lebih lancar berujar dalam Bahasa Jawa lumat dibandingkan Bahasa Jawa ngoko (umum) atau Bahasa Indonesia.

“Adv amat sekolah ke sininya biasanya Rabu dan Sabtu pas wayang kelitik golek kayak gini. Dulu tahun Senin, Kamis sepadan patut
Seloso
kliwon,” ungkap Mbah Suyat.

Suyat pun memperlihatkan foto-foto Rizky saat bersama Kepala negara Ceko Vaclav Klaus dan anggota keluarga Keraton Yogyakarta, termasuk Sri Sri paduka Hamengku Buwono X. Terpandang rasa berbesar hati di raut wajah Suyat bahwa sang cucu ikut andil dalam tradisi budaya keraton.

Rizky Kuncoro, abdi dalem cilik Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Yogyakarta. (Liputan6.com/Fathi Mahmud)

Suyat juga mendongeng bagaimana kebersamaan dirinya dengan cucunya itu saat pergi dari rumahnya menentang Keraton Yogyakarta.

“Rumahnya di Janturan UH 4 493 F, Gang Satria, Umbulharjo, Yogyakarta. Ke sini ya naik sepeda. Saya tak bisa naik sepeda pencetus. Kombinasi diajari naik motor
nabrak
sekali, terus enggak interelasi lagi. Gurih naik besikal,” beber ia.

Sementara itu bocah kelahiran 27 Oktober 2008 itu lebih banyak tutup mulut. Namun, ia menyanggupi senang bersama kakeknya menjadi abdi dalem. Engkau biasanya diantar kakaknya ke Keraton Yogyakarta dan pulang dibonceng pit bersama kakeknya.

Seneng
ke sini diantar Mas Arif. Kalau dari rumah jam 9 pulangnya sampai jam 1 siang,” kata Rizky.

Source: https://www.liputan6.com/regional/read/2435495/abdi-dalem-cilik-primadona-wisatawan-keraton-yogya

Posted by: caribes.net