Administrasi Menurut The Liang Gie

Dalam menjalankan bisnis ataupun organisasi, diperlukan sebuah proses administrasi lakukan menjaga kelancaran serta tercapainya tujuan. Adv amat apakah pengertian administrasi menurut The Liang Gie dan siapakah kamu?

Administrasi adalah istilah yang tidak asing lagi di kuping mahajana, dimana banyak diantaranya yang beranggapan bahwa administrasi faktual kegiatan yang intim kaitannya dengan kegiatan perkantoran. Simak uraian berikut bagi mencerna kebenarannya.

Siapakah The Liang Gie?

Siapakah The Liang Gie?

The Liang Gie
merupakan seorang sarjana yang lahir pada tahun 1932 di Yogyakarta. Beliau merupakan bekas terbit Fakultas Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada dan bekerja di Jakarta pada Kotapraja Jakarta Raya setelah musnah puas tahun 1956.

Beliau juga ke Yogyakarta, daerah tingkat kelahirannya kerjakan mengajar di kampus almamaternya sebagai dosen Fakultas Sosial dan Politik, Universitas Gadjah Mada sreg waktu 1959.

Anda memperoleh gelar akademis ragil yang maujud Ph.D. dari Columbia Pacific University, Amerika Serikat, pada musim 1990 dan pensiun dengan jabatan terakhir sebagai Wredatama Tenaga kerja Negeri Sipil pada masa 1986.

The Liang Gie kemudian menyandang bak Direktur Kancing Belajar Ilmu Berguna mulai tahun 1993.

Dia telah batik lebih dari 50 buku dalam berbagai parasan ilmu dan filsafat, serta 200 lebih karangan tentang aneka pengetahuan sejak hari 1958 sampai hari 1988.

Pengertian administrasi menurut The Liang Gie

Pengertian administrasi menurut The Liang Gie

Secara etimologis, pengertian administrasi menurut The Liang Gie diambil bersumber kata bahasa Inggris
“Administration”
yang bermula dari kata berbahasa Latin, yaitu :
“Ad
+
ministrare” dan “Administratio”.
Keduanya memiliki maslahat melayani, mendukung atau menunaikan janji.

The Liang Gie mengartikan administrasi dalam artian nan sempit sebagai kegiatan penyusunan keterangan secara berstruktur dan pencatatannya secara tertulis dengan maksud kerjakan memperoleh satu ringkasan adapun keterangan itu secara keseluruhan dan antar hubungannya suatu sama lain.

Secara sederhana, Administrasi artinya merupakan kegiatan kepaniteraan, yaitu suatu karier yang mengeset apa sesuatu yang berhubungan dengan tulis-menggambar, dokumen-menyurat maupun menyadari atau membukukan setiap perubahan atau kejadian yang terjadi di dalam organisasi.

Dalam artian luas, The Terowongan Gie menyatakan bahwa administrasi diartikan andai sebuah susuk proses kegiatan penataan pada pekerjaan yang dilakukan makanya sekelompok khalayak demi hingga ke tujuan tertentu.

Mengacu pada definisi-definisi di atas, maka administrasi dapat dikategorikan bagaikan perpautan kegiatan atau proses yang:

  1. Dilakukan maka itu sekelompok orang, yaitu sebanyak dua orang maupun kian.
  2. Berlangsung dalam sebuah lembaga kerja sama.
  3. N kepunyaan intensi bagi mencapai pamrih tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.

Berbunga signifikansi administrasi menurut The Gorong-gorong Gie, boleh disimpulkan juga bahwa administrasi adalah rangkaian kegiatan atau proses yang bentuknya berupa: menyusun, menata, mengarahkan, membimbing, melaraskan, merencanakan, memutuskan, memimpin, mengurus, mengendalikan, mengawasi, menyempurnakan dan kegiatan-kegiatan semacamnya.

Secara ringkas, kegiatan-kegiatan begitu juga yang telah disebutkan di atas tercakup privat suatu istilah yang disebut ”menata”  atau “penataan”. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang termuat intern pengertian Administrasi berupa rangkaian kegiatan penataan.

Unsur Administrasi Menurut The Liang Gie

Menurut The Liang Gie, terdapat 8 unsur di dalam kegiatan administrasi dalam rajah mencapai tujuan bersama, merupakan diantaranya:

Organisasi

Organisasi pengertian administrasi

Organisasi adalah anasir pertama di dalam kegiatan administrasi yang merupakan proses pengaturan, penataan, penyusunan dan pembagian tugas untuk kolaborasi.

Di n domestik sebuah organisasi terdapat aktivitas penataan dan penyusunan rajah kerja yang keudian menjadi kegiatan kolaborasi dengan membagi tugas yang harus dilaksanakan, mengelompokkan pencahanan yang harus dilakukan serta menetapkan tugas dan tanggung jawab..

Manajemen

Manajemen

Manajemen menjadi unsur administrasi kedua yang yaitu kerangka proses dari perkariban penataan berupa penggerakan anggota organisasi dan pengerahan fasilitas kerja seharusnya intensi dapat tercapai. Adapun kemujaraban dari pengelolaan di intern administrasi, adalah:

  • Perencanaan

Sebuah kegiatan dalam menentukan hal yang harus dilakukan untuk menyentuh tujuan beserta strategi-strategi untuk mencapainya.

  • Pembuatan keputusan

Aktivitas memilih kemungkinan untuk menyelesaikan maupun mengantisipasi permasalahan ataupun kewaswasan yang bisa ketimbul ketika bakir dalam proses mengaras tujuan.

  • Pengarahan

Berupa aktivitas bakal mengarahkan anggota dengan cara mengasihkan perintah, wahyu, teguran, menyorong semangat dan lainnya agar dapat mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

  • Pengharmonisan

Dilakukan dalam rangka cak bagi menghubungkan anggota dan tugas yang suka-suka di n domestik organisasi sehingga tercipta kesatuan dan keselarasan untuk mencapai tujuan.

  • Pengontrolan

Pengontrolan dilakukan mudah-mudahan pelaksanaan kerja dan jadinya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

  • Penyempurnaan

Dilakukan biar pelaksanaan tiang penghidupan dapat terjadi secara efektif dan efisien.

Komunikasi

Komunikasi

Komunikasi ini yakni proses kegiatan penataan nan berwujud penyampaian berita semenjak satu hamba allah ke sosok lain dalam satu organisasi dalam rangka mencapai tujuan.

Informasi

Informasi

Amanat merupakan berita yang disampaikan internal proses komunikasi dan didapatkan dengan cara menghimpun, menggandakan, mencatat, mengolah, menyusutkan, mengirim, menyimpan, memelihara dan memusnahkannya.

Personalia

Personalia pengertian administrasi

Berupa sebuah proses penataan penerimaan, pengangkatan, pencarian, pengujian, penempatan, pengembangan, kepangkatan, pemutasian dan pemberhentian tenaga kerja dalam buram hingga ke tujuan.

Keuangan

Keuangan

Finansial berupa proses penyusunan anggaran belanja, penentuan biaya, pembukuan dan pertanggungjawaban atas biaya di dalam kegiatan kerja untuk mencapai maksud.

Pembekalan

Pembekalan

Pembekalan merupakan kegiatan penataan nan dapat nyata pengadaan, pencatatan, kontrol, pemakaian, pemeliharaan alias pemusnahan benda di dalam organisasi.

Hubungan masyarakat

Hubungan masyarakat pengertian administrasi

Gabungan masyarakat atau biasa disebut dengan koalisi publik adalah kegiatan penataan yang berupa proses pengenalan aktivitas organisasi kepada lingkungan sekitar. Unsur terakhir ini menjadi tanggung jawab penasihat yang mengaplus organisasi dalam hubungannya dengan lingkungan sekitar.

Denotasi administrasi menurut The Liang Gie boleh dibagi menjadi artian secara sempit dan secara luas, saja apabila diringkas dapat diartikan sebagai kegiatan-kegiatan yang inklusif dalam suatu istilah yang biasa disebut dengan ”mengeset”  atau “penataan”.

Source: https://scholar.co.id/pengertian-administrasi/

Posted by: caribes.net