Alasan Memilih Jurusan Administrasi Negara

Alasanku Melembarkan Jurusan Ilmu Administrasi Negara

Mana tahu kali ini aku akan sedikit bercerita mengapa aku memilih jurusan ilmu administrasi negara, sebelum aku mulai berbagi ilmu yang aku tahu tentang administrasi negara. Karena menurutku di intern berbuat sesuatu kita harus tahu apa alasan kita melakukannya, apa yang membuat kita ingin melakukannya. Sehingga tulat kita akan bersemangat intern menjalaninya, dan seandainya suatu saat semangat itu kira memudar mungkin kita mesti juga merenungi “kenapa kita melangkah sejauh ini?” dan menengok ke belakang. Jika alasan-alasan itu hanya tersimpan di relung hati minus tercetak intern satu kata-kata, seperti sejarah nan tak tertuliskan, lama-lama pikiran itu akan hilang, dan akan kian sulit mengingat sekali lagi alasan mengapa kita fertil disini. Makanya karena itu, mulai kini, tulislah apa yang menjadi cita-cita kita, dan alasan kok kau kepingin meraihnya. Karena itu juga sebagian dari doa 🙂

Cita-cita seseorang kadang berubah-ubah, tapi entah kenapa sejak SD, SMP, SMA cita-citaku tetap, ingin menjadi “guru”. Tetapi suhu mapel apa-nya itu yang gegares berubah-ubah. saat SMP aku ingin menjadi suhu IPS, tapi saat SMA aku ingin menjadi guru SD. Alasannya sederhana, “pengin aja”. haha… Yah, aku pikir sebagai seorang perempuan, nantinya aku adalah pengurus kondominium panjang. Dan menjadi guru menurutku adalah pegangan yang paling cocok bikin amoi. Saban hari melihat tingah laku momongan mungil yang mengelakkan dan kadang untuk gemes. Selain itu, menjadi guru merupakan salah suatu jalan mendapatkan amal yang tidak ada patah-putusnya, yaitu “ilmu yang berguna”.  Aku pengin ngajar di daerah-kewedanan sederhana sebatas ke pelosok sana, biar semua momongan Indonesia mendapat indoktrinasi nan baik. Karena di tangan merekalah semangat bangsa ini dipertaruhkan.

 Tapi…di daerahku belum ada universitas nan mendedahkan prodi PGSD, ada sih suatu, tapi itu universitas swasta yang mahal. Jadi aku harus mikir 99x bikin masuk ke univ itu. Kenapa ngga ke asing kota ? ya sempat kepikiran sih pengin ke UNY atau UNS. tapi lagi-lagi ki kesulitan biaya. Biarpun nantinya dapet beasiswa lagi kayaknya masih kurang aja buat semangat di asing kota karena keluargaku memang nyawa sepan-pasan. Jadi, aku mengembangkan pula pikiranku tentang cita-citaku. Cita-cita terselubungku adalah cak hendak memberikan sesuatu yang berarti untuk Tanah air. Dengan menjadi guru di area tertinggal, aku akan memberikan pengabdianku puas nusa, nasion, dan agama. Namun, seandainya aku menjadi guru, maka hanya aku seorang diri yang ingin merubah wajah Indonesia. Walaupun bisa kutitipkan nanti pada momongan didikku, saja kurasa itu masih tidaklah sepan lakukan mengedit Indonesia intern hari nan relatif singkat. Diperlukan banyak individu untuk menidakkan Indonesia. Selain itu, diperlukan kembali seseorang yang bermoral-benar boleh menganjuri semua basyar itu menjurus tujuannya. Mungkin di futur, aku akan memelopori semua orang di Indonesia kerjakan menjadi guru. Bukan belaka hawa nan berada di sekolah, tapi guru bagi sesama, memimpin orang kerjakan membagikan pesiaran yang dimilikinya kepada siapapun. Yang paling mendasar dalam mengubah satu bangsa adalan mengubah mindset rakyat. Dan itu yang akan menjadi PR besar bagiku nantinya.

 Akhirnya setelah mempertimbangkan plural pertimbangan, hasilnya aku menjadwalkan bakal belajar ilmu administrasi negara di Universitas Jendral Soedirman, Purwokerto. Mengapa Administrasi Negara? disini aku akan dijejali ilmu tentang belajar berorganisasi, mengarak, belajar menentukan kebijakan publik. Di sini aku boleh tahu bagaimana seluk beluk suatu rezim. Selain itu aku masih haus akan ilmu penyelenggaraan, politik, dan ekonomi. Prinsipku yaitu pelajari sahaja semua hal. Baik itu yang akan menyangkut pekerjaanmu maupun tidak. Nanti suatu saat pasti kau akan melihat hasilnya.

 Kerumahtanggaan menuju cita-citaku kerjakan memperbaiki Indonesia, diperlukan banyak hal. Di perserikatan ini, insyaallah aku akan berproses dengan cara :

1. Sparing dengan alangkah-sungguh

2. Aktif dalam berorganisasi

3. Aktif dalam bermasyarakat

4. Kian pelalah sekali lagi membantu sesama.

5. Berbagi pengetahuan sekecil apapun dan kepada siapapun

Semangaat Lintaaaang…. Ganbatte!!! 🙂

Source: http://ilmuadmnistrasinegara.blogspot.com/2015/06/mengapa-administrasi-negara.html

Posted by: caribes.net