Ande Ande Lumut Berasal Dari

Menceritakan takhayul pada momongan dapat membantunya cak bagi menjadi lebih imajinatif, meningkatkan hobi mengaji dan boleh belajar tentang kesusilaan kehidupan berpangkal khayalan yang diceritakan.

Jalan cerita nan didengar, bisa disimak maka itu anak dan membuat fantasinya semakin berkembang. Nantinya anak makara mengenal makin banyak kosa kata privat bertata cara dan kian mengenal banyak benda atau istilah.

Riuk satu kisah rakyat dengan pesan moral yang baik adalah, Ande-Ande Lumut, yang berasal berusul Pulau Jawa.

Kasmaran bakal membacakan
dongeng anak Nusantara: Ande-Ande Lumut? Berikut
Popmama.com
mutakadim mengijmalkan beberapa informasinya di asal ini!

1. Saat terjadi peperangan di Kekaisaran Jenggala, Dewi Sekartaji melarikan diri

1. Saat terjadi peperangan Kerajaan Jenggala, Dewi Sekartaji melarikan diri

Youtube.com/Riri Cerita Anak Interaktif

Dahulu kala berdirilah dua kerajaan osean di wilayah Jawa Timur, yaitu Kerajaan Rimba dan Kerajaan Kediri. Imperium Jenggala dipimpin oleh Paduka Jayanegara dan Kekaisaran Kediri dipimpin oleh Raja Jayengrana.

Buat mempersatukan kedua kekaisaran dan menghindari pertempuran, maka dijalinlah sebuah koalisi pernikahan antara Panji Asmarabangun, putra Kaisar Wana, dengan Dewi Sekartaji, putri Raja Kediri.

Suatu periode Kekaisaran Jenggala diserang musuh. Ketika pertempuran itu berlangsung Dewi Sekartaji, culik diri dan berusaha kerjakan bersembunyi.

2. Dewi Sekartaji diangkat menjadi anak seorang janda, dan diberi keunggulan Klenting Kuning

2. Dewi Sekartaji diangkat menjadi anak seorang janda, diberi nama Klenting Kuning

Youtube.com/Riri Cerita Anak asuh Interaktif

Dewi Sekartaji menyamar sebagai upik desa dan lampau dengan koteng janda dengan tiga orang putrinya, yaitu Klenting Biram, Klenting Ijo, dan Klenting Biru. Kemudian Bidadari Sekartaji diangkat menjadi anak, dan diberi nama Klenting Kuning.

Namun klenting kuning tidak diperlakukan dengan baik. Setiap periode sira disuruh mengerjakan pekerjaan apartemen seperti mencuci memasak dan membersihkan rumah.

Ketiga kakak angkatnya lampau pelasuh, mereka bisanya hanya menyuruh saja.

“Klenting Kuning! Cuci bajuku dan selendangku!” kata Klenting Berma dan Biru.

“Baik kak” pengenalan Klenting Asfar.

Editors’ Picks

3. Panji Asmarabangun berusaha untuk mencari eksistensi Dewi Sekartaji

3. Panji Asmarabangun berusaha mencari keberadaan Dewi Sekartaji

Youtube.com/Riri Kisah Anak asuh Interaktif

Kerajaan Jenggala sudah kembali aman, Panji Asmarabangun telah berhasil mengalahkan musuhnya yang menyerangnya.

Tetapi ia sedih karena Bidadari Sekartaji mutakadim pergi puri, ia pun berambisi bikin mencarinya. Beliau mengerahkan para mat kodak bakal mencari keberadaan Dewi Sekartaji.

Selang sejumlah masa, sendiri pengawal mengabarkan ia bersabung seorang gadis yang mirip dengan Dewi Sekartaji disebuah desa. Panji Asmarabangun start ke desa dadapan.

Desa itu berseberangan dengan desa dimana Klenting Kuning tinggal. Ia pun tinggal di flat Ayunda Randha, Panji Asmarabangun kemudian menjadi anak sanggang mbok Randha dan menyamar sebagai Ande-Ande Lumut yang sedang mencari padanan.

Berita tentang Ande-Ande lumut berburu jodoh, segera tersebar.

4. Klenting Kuning dilarang berpadan Ande-Ande Lumut makanya ketiga kakak angkatnya

4. Klenting Kuning dilarang bertemu Ande-Ande Lumut oleh ketiga kakak angkatnya

Youtube.com/Riri Kisah Momongan Interaktif

Klenting Sirah, Klenting Ijo, dan Klenting Biru, berdandan semenawan mungkin cak bagi melamar Ande-Ande Lumut. Tak lupa mereka memakai perhiasan dan pakaian yang bagus

“Klenting Kuning, sira enggak usah ikut melamar! Kamu di rumah saja. Pergilah ke sungai dan cuci semua pakaian cemar itu!” perintah Klenting Biru.

Mereka pun segera berangkat. Klenting Kuning segera menghindari ke sungai kerjakan kumbah.

Seketika datanglah seekor penis bangau dan memberinya sebuah cambuk.

“Pergilah melamar Ande-Ande Lumut agar sira dapat berpadan Panji Asmarabangun. Dan bawalah tembung ini” kata sang bangau.

Klenting Kuning sekali lagi bergegas pergi ke Desa Dadapan.

Sementara itu Mama dan ketiga kakak angkatnya, telah setakat di tepi kali besar. Mereka senewen tak ada suatu lagi perahu nan tampak. Geretak juga lain suka-suka.

Habis bagaimana mereka menyeberang. Malar-malar juga, sungai itu lampau luas, dalam, dan baplang arusnya. Tiba-tiba unjuk seekor kepiting raksasa bernama Ketam Kelangkang.

5. Para Klenting bersedia bagi membentur Yuyu Kangkang, sekadar Klenting Kuning tidak mau

5. Para Klenting bersedia mencium Yuyu Kangkang, namun Klenting Kuning tidak mau

Youtube.com/Riri Cerita Anak Interaktif

Kepiting itu menawarkan diri lakukan membantu menyebrangi sungai. Dengan syarat, mereka harus membentur Yuyu Pangkal paha.

Mereka kemudian menyanggupi persyaratan itu satu persatu mereka menanjak kepunggung Kepiting Kangkang cak bagi menyebrangi kali besar.

Beberapa saat kemudian sampailah Klenting Kuning di tepi sungai. Dia kembali pula bercocok Yuyu Kangkang. Kembali lagi, Yuyu Pangkal paha menawarkan jasa untuk menyebrangkan, dengan syarat Klenting Kuning harus menciumnya.

Klenting Asfar menolak syarat itu, dia mengerasi Yuyu Kangkang bakal memberangkatkan nya sonder syarat itu. Ketam Kangkang, akhirnya tidak mau menyeberangkan

Ketegaran Klenting Asfar mutakadim habis, ia keluarkan cambuk itu dan memukulkannya ke bengawan. Seketika itu juga air bengawan surut.

Yuyu Kangkang keheranan, kesannya ia mau kontributif Klenting Kuning menyeberangi sungai. Klenting Kuning buru-buru naik kepunggung Yuyu Selangkang dan sampailah ia ke menyeberangi sungai

6. Ande-Ande Kulat menolak Klenting Sirah, Ijo, dan Dramatis, karena mereka mengantuk Yuyu Selangkangan

6. Ande-Ande Lumut menolak Klenting Merah, Ijo, Biru, karena mereka mencium Yuyu Kangkang

Youtube.com/Riri Narasi Anak asuh Interaktif

Mama dan ketiga kakak angkatnya, telah makin lalu sampai dirumah Kakak Randha. Secara bergantian Klenting Bangkang, Klenting Ijo, dan Klenting Biru, menunjukkan wajahnya nan rupawan pada Ande-Ande Lumut.

Cuma lain satupun bermula mereka yang terpilih, karena mereka sudah lalu mencium Yuyu Kangkang.

Beberapa ketika kemudian tibalah Klenting Asfar dirumah Mbok Randha.

Risikonya, Ande-Ande Lumut memilih Klenting Kuning umpama istrinya, karena beliau tahu bahwa Klenting Kuning adalah Dewi Sekartaji dan dialah satu-satunya amoi yang tidak mencium Yuyu Kunci paha.

Ande-Ande Lumut kemudian membongkar penyamarannya. Anda mengarang bahwa dirinya adalah Panji Asmarabangun. Tentatif, Kleting Kuning tersentak sekali melihat Ande-Ande Kulat merupakan tunangannya, Panji Asmarabangun.

    7. Klenting Kuning langsung mengubah dirinya menjadi Peri Sekartaji

    7. Klenting Kuning langsung mengubah diri menjadi Dewi Sekartaji

    Youtube.com/Riri Kisahan Anak Interaktif

    Kesudahannya, di depan semua orang, Klenting Kuning sederum mengubah diri menjadi Peri Sekartaji. Semua turunan sangat terperanjat mengawasi sosoknya nan sangat menjebloskan.

    Ketiga ayuk angkatnya pun dulu terkejut ketika mengerti jika sosok yang selama ini mereka perlakukan dengan enggak baik itu adalah Haur Sekartaji.

    Kemudian, Panji Asmarabangun dan Dewi Sekartaji berkumpul kembali. Mereka pun mengajak Taci Randha bagi sangat di istana laksana ucapan cak dapat kasih.

    Panji Asmarabangun dan Dewi Sekartaji melanjutkan hayat pernikahannya dan arwah bahagia selamanya.

    Ambillah itulah
    takhayul anak Nusantara: Ande-Ande Lumut, yang bisa Mama ceritakan pada si Kerdil. Wanti-wanti moral nan bisa ditanamkan pada momongan dari dongeng Ande-Ande Lumut adalah, anak nan mengamalkan baik akan mendapatkan kepelesiran dan kesuksesan di kemudian hari.

    Padahal anak yang mengamalkan buruk akan mendapatkan patos di waktu yang besok.

    Baca juga:

    • Dongeng Anak Nusantara: Cindelaras
    • Khayalan Nusantara: Lutung Kasarung dan Purbasari
    • Dongeng Momongan Nusantara: Legenda Batu Menangis

    Source: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/jemima/dongeng-anak-nusantara-ande-ande-lumut

    Posted by: caribes.net