Anggur Kolesom Halal Atau Haram

Pertanyaan :

Kalau kita beli jamu ramuan biasanya dicampuri anggur kolesom. Saya koteng dahulu suka minum anggur. Tetapi sehabis saya teliti dalam berpangku tangan kolesom itu cak semau kadar alkohol sebesar14,7%. Selain anggur kolesom juga banyak jamu – jamu paket lain nan mengandung alkohol. Bahkan minuman ringan sebagai halnya Green Sand juga pula mengandung alkohol. Nan mau saya tanyakan,bagaimana sih hukumnya minum alkohol ? Apakah senyawa alkohol itu normal ataupun terlarang ? Lalu bagaimana jikalau alkohol itu sahaja abnormal sebagaimana dalam anggur kolesom itu ? Bisakah dimaafkan alias taat haram ? Adv amat bagaimana pula jika kandungan alkohol itu tak bisa dielakkan seperti n domestik anggur kolesom itu, apakah loyal haram ?

Didik
Tenaga kerja BUMN
Surabaya

Jawaban :

Mas Ajar nan budiman, setiap yang memabukkan itu khomer dan setiap khomer itu haram, tercatat di antaranya adalah alkohol. Dan setiap minuman nan memabukkan takdirnya banyak itu haram, maka walaupun invalid pula haram. Rasulullah bersuara,“ Sesuatu yang jika banyak itu memabukkan, maka sekurang-kurangnya sekali lagi pun haram.“ ( Maa askaro katsiruhu faqoliluhu haromun ) H.R. al- Tirmidzi.

Minuman yang memabukkan ( mengandung alkohol ) itu ilegal jika dikonsumsi cak bagi bermabuk – mabukan yang biasanya mengakibatkan hilangnya kesadaran peminumnya, tetapi jika digunakan bakal penawar – obatan atau pengawet minyak wangi cak bagi kemaslahatannya dan tidak melebihi kadar yang dibutuhkan ituma’fu (dimaafkan ). Syeikh Abdurrahman al jaziri mengklarifikasi :“  Tercantum yang dimaafkan, adalah benda cair yang najis nan dijadikan senyawa obat – obatan dan air atar demi kemaslahatannya dan tidak melebihi bilangan nan diperlukan.“ ( al Fiqh ‘Alal Madzahib al Arba’ah : 1/19 ). Sampai-sampai Pendeta Hanafi berpendapat bahwa alkohol yang terbuat dari selain anggur itu termasuk nabidz yang tidak najis. ( al- Majmu’ Syarh al- Muhaddzab : 2/564 )

Mas Didik yang saya hormati, jamu nan dicampur dengan anggur kolesom atau campuran lain yang mengandung kadar alkohol sesuai kebutuhan dan dikonsumsi sebagai peminta, bukan untuk tujuan bermabuk – mabukan ituma’fu (dimaafkan ). Sekadar akan makin lever – lever lagi jikalau tidak menggunakan minuman nan mengandung alkohol kalau masih ada jamu atau obat lain yang khasiatnya tidak kalah dengan yang beralkohol. Karena Halikuljabbar tak menjadikan kesembuhan dari barang haram.

Semoga Yang mahakuasa menyerahkan kesehatan lahir batin kepada Mas Asuh dan kita semua.Amiin.

Source: https://cholilnafis.com/2017/10/19/konsultasi-hukum-minum-alkohol-dan-anggur-kolesom/

Posted by: caribes.net