Apa Itu Economies Of Scale

Skala Ekonomi Jenis, Manfaat, Cara Mencapainya

Apa itu:
Skala ekonomi
(economies of scale)
adalah pencermatan biaya ketika firma meningkatkan skala produksinya. Peningkatan output memungkinkan perusahaan cak bagi memanen penurunan biaya produksi umumnya. Produksi menjadi lebih efisien karena perusahaan dapat mengawurkan biaya ke sejumlah samudra output.

Advertisement

Kondisi sebaliknya disebut skala dieskonomis
(diseconomies of scale)
. Ini terjadi ketika peningkatan output menghasilkan eskalasi biaya rata-rata.

Skala ekonomi dan Skala disekonomis
Nisbah ekonomi dan Rasio disekonomis

Dalam grafik, kita menyebut bintik kencong sebelum biaya umumnya ke perimbangan disekonomis (Q*) ibarat neraca efisien minimum
(paling kecil efficient scale)
.

Di bawah skala ekonomi, penghematan biaya muncul karena susunan terbalik antara biaya tunak per unit dan kuantitas nan diproduksi. Semakin besar output yang dihasilkan, semakin tekor biaya ki ajek per unit. Tidak hanya itu, penghematan biaya kembali datang berpunca sumber tak. Saya akan menjelaskan secara rinci di bawah ini.

Skala ekonomi adalah sumber stempel kompetitif. Firma punya struktur biaya yang lebih rendah, memungkinkan mereka buat menawarkan produk dengan harga yang kian kompetitif tinimbang pesaing. Dengan begitu, mereka boleh merenda pangsa pasar dan keuntungan yang kian besar.

Barang apa yang menyebabkan skala ekonomi

Beberapa alasan menjelaskan cak kenapa perusahaan menghasilkan biaya sendirisendiri unit yang lebih rendah.

Pertama, spesialisasi personel dan teknologi yang makin terintegrasi meningkatkan piutang produksi. Keduanya meningkatkan daya produksi sehingga firma dapat menghasilkan lebih banyak output dengan menggunakan input yang sepadan.

Kedua, biaya unit nan lebih rendah dari semenjak pesanan massal berasal pemasok, pembelian iklan nan lebih besar, alias biaya modal yang lebih rendah.

Advertisement

Ketiga, perusahaan dapat menyebarkan biaya keistimewaan bisnis (begitu juga pemasaran, moneter, produksi, dll.) ke lebih banyak output, menghasilkan biaya tiap-tiap unit yang lebih rendah.

Penghematan biaya dari pembelian input

Perusahaan diuntungkan detik membeli input seperti bahan mentah kerumahtanggaan kuantitas raksasa. Karuan belaka, itu hanya kelihatannya jika mereka meningkatkan output.

Misalnya, pembelian mangsa baku privat jumlah besar menarik bagi pemasok. Mereka biasanya akan menawarkan potongan harga kepada perusahaan. Rabat pada akibatnya mengurangi biaya input tiap-tiap unit output.

Perusahaan sebelumnya membeli 100 ton mangsa mentah seharga $300 bakal memproduksi 50 ton produk. Jadi, harga mangsa bakunya yaitu $3 per ton. Sedangkan, biaya bahan halal per unit output merupakan $6 per ton.

Kini, konsorsium meningkatkan produksi menjadi 100 ton dan membutuhkan bahan baku 200 ton. Asumsikan harga tetap.

Karena mereka membeli dalam jumlah yang makin besar, perusahaan menerima korting $50 untuk pembelian tersebut. Jadi, setelah disesuaikan dengan rabat, perusahaan mengupah $550 ((200 x $3) – $50) kepada pemasok. Jika kita mengubahnya menjadi unit output, biaya bahan baku adalah $5,5 ($550 / 100), bertambah terbatas dari sebelum perusahaan menerima rabat.

Konsep ini juga berlaku untuk input enggak, seperti iklan. Ketika menerimakan kontrak lautan kepada jawatan iklan, perusahaan bertambah kali mendapatkan rabat.

Kontrak iklan sekali lagi buruk perut tidak terkait dengan volume produksi perusahaan. Bintang sartan, saat memproduksi 10 unit atau 1.000 unit, firma bersedia dan menerima biaya iklan nan sama, katakanlah $200. Bila total biaya iklan dibagi dengan piutang produksi, tentunya biaya iklan per unit akan bertambah rendah bila firma memproduksi 1.000 unit.

Advertisement

Menyebarkan biaya keistimewaan membahu

Penyunatan biaya rata-rata kembali mulai sejak dari penyebaran biaya fungsi bisnis ke lebih banyak output. Fungsi non-produksi sama dengan keuangan dan sumber pokok khalayak biasanya berkontribusi pada biaya konsisten perusahaan. Bahkan sekiranya output meningkat, biaya total bagi arti-fungsi ini lain akan berubah. Jadi, detik Engkau memberi biaya kuantitas itu menjadi kian banyak output, itu menghasilkan biaya per unit output nan bertambah rendah.

Penyunatan biaya per unit biasanya berlantas hingga firma menjadi segara. Setelah mengaras tutul skala efisien minimum, kenaikan output akan menimbulkan problem baru. Beban kerja meningkat, membentuk bilang staf kekurangan motivasi dan tidak berkecukupan. Nan pada hasilnya meningkatkan biaya perusahaan.

Penjimatan biaya manajerial

Perusahaan menurunkan biaya dengan menyederhanakan struktur manajemen dalam firma. Perusahaan boleh mengaryakan manajer yang kian terampil atau lebih berpengalaman. Menerapkan kebijakan penyelenggaraan yang lebih plastis kembali dapat mengurangi biaya birokrasi.

Teknik dan teknologi produksi yang lebih maju

Kemajuan teknologi secara ekstrem mengubah proses produksi menjadi bertambah efisien. Teknologi yang kian maju memungkinkan bertambah banyak produksi n domestik waktu yang bertambah sumir. Terlampau pembuatan kain tenun membutuhkan kegiatan sehari-hari karena harus manual. Namun saat ini, hanya membutuhkan waktu nan relatif pendek saat menggunakan mesin.

Pencatuan kerja dan spesialisasi

Spesialisasi dan pendistribusian kerja juga berkontribusi untuk menurunkan biaya dan mencapai rasio ekonomi. Produksi massal memungkinkan penggunaan peralatan spesial dan otomatisasi untuk melakukan tugas yang berulang.

Semakin samudra output yang dihasilkan, semakin lautan pula peluang bikin spesialisasi. Ketika pelaku mengerjakan satu tugas, mereka akan menjadi lebih mahir dari waktu ke waktu. Mereka dapat mengerjakan tugas bertambah cepat (efek kurva camar duka).

Perbedaan skala ekonomi dan
economies of scope

Kedua konsep tersebut mencoba menjelaskan dua sumber pengkhitanan biaya internal produksi.

Economies of scope
menggambarkan penghematan biaya melalui penyebaran mata air daya dan kemampuan untuk menghasilkan dua alias lebih produk. Noktah kritis di sini merupakan keberagaman produk. Memproduksi dua komoditas dengan menggunakan mesin yang sekufu lebih murah daripada menunggangi dua mesin cak bagi menghasilkan setiap komoditas.

Advertisement

Sementara itu, skala ekonomi menunjukkan bahwa perusahaan dapat menurunkan biaya dengan meningkatkan tagihan produksi. Fokus kritis dari skala ekonomi adalah volume produksi kerjakan satu varietas dagangan.

Contohnya abnormal bertambah semacam ini. Pereka cipta oto dapat memproduksi dua jenis produk: otomobil memikul dan mobil penumpang, dengan menggunakan akomodasi produksi nan sama. Asumsikan bahwa bulan-bulanan stereotip untuk kedua produk yaitu setimbang.

Kalau hanya memproduksi oto penumpang, perusahaan dapat menekan biaya melalui skala ekonomi. Cuma jika perusahaan memproduksi keduanya sekaligus, itu bisa menurunkan biaya melalui
economies of scope.

Katakanlah, kapasitas produksi fasilitas itu sebanyak 100 sarana. Asumsikan firma dapat berproduksi pada kapasitas 100% (lega kenyataannya tidak mungkin).

Firma mungkin tidak dapat berproduksi dengan produktivitas penuh karena permintaan kedua jenis kendaraan tersebut relatif invalid. Misalnya, permohonan otomobil penumpang namun 80 unit, dan mobil menggandar 30 unit.

Sebuah firma bisa menyentuh skala ekonomi seandainya memproduksi sebanyak 80 mobil penumpang. Hanya, pada tingkat produksi ini, perseroan masih memiliki pungkur kapasitas sebanyak 20 unit.

Untuk mengoptimalkan fasilitas produksi, serikat dagang boleh memproduksi sebanyak 20 unit mobil menggalas. Dengan demikian, firma tidak semata-mata berproduksi dengan kapasitas mumbung tetapi juga memperoleh kemujaraban dari berbagai produk.

Jenis skala ekonomi

Berdasarkan sumber penjimatan biaya, skala ekonomi dibagi menjadi dua kategori:

Advertisement

  1. Skala ekonomi internal
  2. Skala ekonomi eksternal

Skala ekonomi internal

Skala ekonomi n domestik merupakan variasi skala ekonomi di mana sumber pengkhitanan biaya rata-rata pecah terbit n domestik perusahaan. Jadi, ini distingtif dan hanya bikin firma individu. Ini mungkin hasil berasal ukuran firma satu-satunya-mata atau karena keputusan bermula manajemen firma.

Perusahaan yang lebih besar sampai ke rasio ekonomi internal karena mereka dapat membeli input dalam jumlah besar, memiliki paten atau teknologi yang unik, atau mengakses modal yang besar dan kian murah.

Berikut ini yaitu sumber skala ekonomi internal:

  • Diskon untuk pembelian bahan konvensional dalam kuantitas banyak.
    Potongan harga mengurangi biaya objek baku per unit output. Itu sekali lagi bermain bakal berbagai macam input lainnya, sama dengan iklan dan peralatan kantor.
  • Menebarkan biaya input modal yang mahal pada bilang besar output. Misalnya, biaya mesin masing-masing unit output akan kian murah ketika perusahaan boleh memproduksi makin banyak output.
  • Spesialisasi personel. Perusahaan membagi proses kompleks menjadi tugas-tugas khusus, memungkinkan praktisi menjadi lebih berlambak.
  • Kurva pengalaman.
    Konsep ini tak saja bermain kerjakan individu sahaja sekali lagi firma. Perusahaan dapat menemukan prinsip paling berkecukupan untuk menghasilkan output melalui pembelajaran sambil melakukan.
  • Berinvestasi privat modal sosok. Pelatihan, misalnya, meningkatkan kelincahan dan kemampuan praktisi. Selain makin fertil, pula memungkinkan perusahaan cak bagi mengurangi kebutuhan tenaga teknis dari asing.
  • Rasio ekonomi modal.
    Perusahaan besar rata-rata memiliki kelayakan kredit dan akses keuangan yang lebih baik daripada firma kecil. Mereka boleh meningkatkan modal dengan biaya lebih rendah.

Rasio ekonomi eksternal

Nisbah ekonomi eksternal merupakan perimbangan ekonomi dimana sumber penghematan biaya bersumber dari luar perusahaan dan berperan bakal semua. Maksud saya, semua perusahaan menikmati manfaat dari menaruh biaya rata-rata.

Sejumlah sumber perbandingan ekonomi eksternal yakni:

  • Aglomerasi. Berbagai industri atau industri merombong dan mendirikan fasilitas produksi di area tertentu seperti membahu instrumen lunak di Silicon Valley. Jikalau pemerintah membangun jaringan transportasi di kawasan itu, semua firma akan menikmati pengurangan biaya logistik. Demikian sekali lagi, beberapa pemasok komponen alias kulak pendukung boleh merelokasi operasi mereka di dempet area tersebut. Itu, tentu doang, menghemat biaya.
  • Keringanan pajak.
    Selalu kali, pemerintah memberlakukan keringanan fiskal bikin seluruh industri, tidak perusahaan tertentu. Dengan demikian, pengurangan biaya pajak terjadi di semua perusahaan.

Manfaat perimbangan ekonomi

Perusahaan berusaha cak bagi segera menyentuh proporsi ekonomi. Penurunan biaya rata-rata mendukung keuntungan yang lebih baik.

Enggak heran, beberapa pemain baru rata-rata relatif agresif dalam menembus pasar. Mereka menjual dagangan dengan harga murah, berharap semakin banyak pelanggan yang membeli. Kenaikan penjualan menghasilkan pengurangan biaya melalui proporsi ekonomi, mengimbangi margin laba rendah yang dihasilkan berasal penetapan harga penetrasi.

Berikut ini yakni manfaat perbandingan ekonomi, tidak hanya untuk perusahaan tetapi kembali cak bagi hamba allah lain:

Advertisement

  • Peningkatan anak kunci gigi anjing
    – struktur biaya nan bertambah rendah memungkinkan perusahaan memperoleh keunggulan kompetitif. Sekali lagi, perusahaan makin siap jikalau pesaing mengadopsi strategi bernafsu menurunkan harga jual. Singkat kisahan, skala ekonomi memungkinkan firma memperoleh keunggulan kompetitif menerobos struktur biaya tekor.
  • Menyempatkan bisnis dengan mimbar bikin tumbuh.
    Penurunan biaya rata-rata menyebabkan keuntungan yang lebih tinggi. Dengan seperti itu, perusahaan memiliki kian banyak uang jasa lakukan mendanai ekspansi di futur.
  • Harga yang lebih cacat
    – Pengurangan biaya saban unit memungkinkan perusahaan bakal menawarkan harga yang lebih rendah. Buat konsumen, ini meningkatkan keterjangkauan dan pendapatan riil mereka.
  • Keanekaragaman produk
    – Perusahaan cenderung menginvestasikan kembali keuntungan ke dalam penelitian dan pengembangan cak bagi menghasilkan berbagai produk buat memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Upah yang makin tinggi
    – Karyawan bisa menegosiasikan upah yang lebih tahapan karena keuntungan firma mereka meningkat.

Source: https://cerdasco.com/skala-ekonomi/

Posted by: caribes.net