Apa Itu Yaumul Ba Ats


Kiamat Baats

adalah satu saat di mana semua mahluk yang bernyawa dan berotak akan dibangkitkan setelah mengalami kematian alias yaumul akhir. Semua manusia pasti akan dihidupkan dan dibangkitkan kembali oleh Sang pencipta swt. untuk dimintai pertanggungjawabannya selama atma di dunia.

Menurut Syaikh Dr. ‘Umar Sulaiman al Asyqar berkata: “Yang dimaksud dengan al ba’ats merupakan, tempat kembalinya badan dan dihidupkannya hamba-hamba pada musim Kiamat. Jika Allah al Haq (Yang Maha Benar) berkehendak mengembalikan dan menghidupkan hamba-hamba kembali, (maka) Kamu memerintahkan Malaikat Israfil. Lalu engkau (juga) meniup terompet, (yang) kemudian ruh-ruh lagi menuju jasmani-jasadnya, dan manusia akan berdiri menghadap Rabbul ‘Alamiin. Allah merenjeng lidah:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Artinya:“Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa nan dikehendaki Almalik. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-menginjak mereka kabur menunggu (putusannya sendirisendiri).”
(QS.az Zumar/39 : 68)

Firman Yang mahakuasa swt.

وَأَقْسَمُوا بِاللَّهِ جَهْدَ أَيْمَانِهِمْ ۙ لَا يَبْعَثُ اللَّهُ مَنْ يَمُوتُ ۚ بَلَىٰ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّا وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya:
“Mereka bersumpah dengan nama Allah dengan sumpah yang betapa-alangkah, “Halikuljabbar tidak akan membangkitkan cucu adam nan sepi” (Bukan demikian, bahkan pasti Sang pencipta akan membangkitkannya) sebagai satu janji yang benar berpokok Allah. Akan hanya, umumnya manusia tidak mengetahui.”

(QS An Nahl: 38)

Puas tahun kebangkitan maupun Yaumul Baats, semua basyar nan mati akibat terjadi yaumul kubra, baik karena mortalitas sahih, karena musibah kebakaran, karena pesawat terban, ataupun nan mati dan hancur serta hilang jasadnya, semua akan dibangkitkan dan tidak akan terlewat meskipun hanya koteng. Sebagaimana firman Sang pencipta.

وَضَرَبَ لَنَا مَثَلًا وَنَسِيَ خَلْقَهُ ۖ قَالَ مَنْ يُحْيِي الْعِظَامَ وَهِيَ رَمِيمٌ, قُلْ يُحْيِيهَا الَّذِي أَنْشَأَهَا أَوَّلَ مَرَّةٍ ۖ وَهُوَ بِكُلِّ خَلْقٍ عَلِيمٌ

Artinya:
“Dan dia membuat perumpamaan untuk Kami dan kamu lupa kepada kejadiannya, is bercakap, “Siapakah nan dapat memeriahkan benak belulang nan telah peroi luluh?”Katakanlah, “la akan dihidupkan maka dari itu Almalik yang menghidupkannya kali yang permulaan. Dan Dia lewat mengetahui tentang segala makhluk.”
(QS Yasin: 78-79)

Source: https://www.bacaanmadani.com/2017/01/pengertian-yaumul-baats-atau-hari.html

Posted by: caribes.net