Apa Nama Pakaian Adat Bengkulu

Daftar Isi

  • Pakaian Aturan Bengkulu
    • Rok Resan Pria Bengkulu
    • Pakaian Resan Wanita Bengkulu
  • Mengenal Cemping Besurek dan Reja Kaganga Idiosinkratis Bengkulu
    • 1. Motif Batik Besurek
    • 2. Motif Batik Kaganga

Pinhome –
Bengkulu adalah provinsi yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera. Provinsi ini merupakan negeri yang kaya akan keanekaragaman budayanya. Salah satunya adalah pakaian adat Bengkulu nan memang dikenal solo.

Teristiadat kamu ketahui bahwa masyarakat Bengkulu merupakan masyarakat multi-etnis sehingga ini lagi mempengaruhi keragaman pakaian adat mereka. Beberapa etnis nan berada di Bengkulu adalah suku Melayu, Rejang, Muko-Muko, Kaur dan lainnya.

Gaun Rasam Bengkulu

Pakaian tradisional Bengkulu
(Pinterest)

Pakaian kebiasaan distrik Bengkulu alias bisa disebut seumpama rok tradisional Melayu Bengkulu memang memiliki kemiripan dengan pakaian nan berasal dari suku Melayu Riau, Melayu Deli, Palembang, ataupun Lampung.

Biasanya, umum di sana mengenakan pakaian sifat Bengkulu dalam program-acara tertentu seperti detik mengadakan acara ijab nikah, tarian sifat, persuaan antar petinggi tungkai, serta festival-festival atau periode singularis.

Pakaian kemantin adat Bengkulu terdiri atas pakaian istimewa laki-laki dan khusus wanita. Nama lain dari pakaian aturan Bengkulu biasanya dikenal dengan sebutan rejang lenong.

Baca Juga :

  • 8 Pakaian Adat Yogyakarta Cermin dengan Gambar
  • Pakaian Adat Sumatera Selatan

Pakaian Adat Pria Bengkulu

Pakaian Adat Pria Bengkulu
(realitapost.com)

Pakaian sifat Bengkulu khsus pria biasanya terdiri jas, celana panjang, intiha ketua atau kopiah, nan masing-masingnya terbuat dari bahan wol, beludru dan mempunyai rona hitam.

Sedangkan bagi celananya biasanya terbuat bermula tiras satin yang memiliki dandan gelap. Silam di episode pengunci kepalanya memiliki bentuk adv minim merucut ke atas, bahkan mirip dengan pengunci superior yang formal digunakan maka itu umum Melayu Riau.

Intiha kepala ini dikenal dengan cap \\\’detar\\\’. Sementara itu rok raja sehari resan untuk lelaki bisa substansial busana tataran, sarung lipat, celana strata, sunting, dan songkok.

Eksploitasi pantalon pada kebanyakan juga disertai dengan lipatan sarung yang dipasang puas pinggang sepadan lutut sebagai aksesoris. Sarung ini yakni sarung songket dan memperalat motif emas yang ditenun.

Sesuai cara pemakaiannya, makanya masyarakat Melayu Bengkulu, sarung tersebut dinamai sarung segantung. Seumpama aksesori, pemakain busana adat Bengkulu pada pria biasanya sekali lagi dilengkapi hiasan kerokot emas pada tangan kanan, serta sebilah keris nan merupakan senjata tradisional sebagai sarana preservasi diri.

Di samping itu, para pria di sana pula biasanya menggunakan aksesori tambahan sebagaimana kalung sribulan, emping, hiasan pinggang dengan susuk pending, gelang, dan keris, dengan motif keemasan.

Baca Sekali lagi :

Pakaian Adat Betawi

Pakaian Adat Wanita Bengkulu

Pakaian Adat Wanita Bengkulu
(Budayanesia.com)

Busana kebiasaan Bengkulu khas wanita plong dasarnya terletak paritas dengan pakaian rasam Melayu, adalah menyerupai gaun lingkung dengan desain lengan panjang terbuat dari kain beludru.

Baju kurung tersebut memiliki motif sulaman emas dan berbentuk bulat-bulat menyerupai lempengan uang kecil. Lalu untuk warna pada baju kurung tersebut biasanya berwarna merah menyala, merah jingga, sensasional bertongkat sendok, dan hitam.

Baju kurung wanita Bengkulu biasanya akan dipadupadankankan dengan pakaian busana pion seperti cemping songket yang berbahan dari sutera dan memiliki motif benang berwarna kencana. Sarung yang digunakan oleh wanita Bengkulu ini memang tinggal mirip dengan sarung yang biasa digunakan oleh pakaian adat laki-laki.

Demi menambah kecantikan, para wanita disana juga gegares menggunakan aksesori adendum lainnya seperti konde yang lengkap dengan potong kondenya, anting, giwang kencana, mahkota, ikat pinggang, kalung nan bersusun, bilang-bilang emas, dan sekelamin jenggala kaki yang berupa slop nan warna emas.

Baca Pun :
Busana Adat Lampung

Mengenal Cemping Besurek dan Cemping Kaganga Khas Bengkulu

Bengkulu memiliki bangunan kubu yang dulu bersejarah bernama
Fort Marlbourgh
atau dikenal dengan budaya batiknya yang eksklusif. Berikut yakni 2 jenis motif batik adat Bengkulu yang cangap digunakan oleh masyarakat setempat.

1. Motif Batik Besurek

Motif Batik Besurek Bengkulu
(Pinterest)

Motif batik spesifik Bengkulu ini begitu terkenal dan memiliki motif kaligrafi dengan huruf Arab. Gubahan Arabnya itu koteng diambil dari potongan ayat-ayat Suci Al-Quran sehingga membentuk batik ini semacam itu sakral dan bukan bisa digunakan sembarangan.

Biasanya, batik besurek ini doang boleh digunakan kerjakan meliputi fisik bagian atas seperti ikat kepala, alas bayi ketika berbuat formalitas potong rambut surai, dan keladak sebagai reja kerjakan akhir jenazah.

Sedangkan untuk motif kaligrafi nan terletak sreg kain besurek ini sengaja dibuat dengan menggunakan teknik menulis tulis. Makanya sebab itu, sekarang karet besurek memang layak terik ditemui seiring berkurangnya para pengrajin pakaian resan Bengkulu.

Baca Juga:

6 Variasi Pakaian Resan Riau, Filosofi dan Penjelasanya

2. Motif Menggambar Kaganga

(Menulis Marcapada)

Berikutnya adalah motif batik Kaganga yang merupakan Batik Kaganga ini terbuat dari hasil karya awam tungkai Rejang nan dulunya terinspirasi berpunca sebuah menggambar Besurek.

Menggambar besurek sekali lagi berperilaku sakral karena motif yang dimilikinya terdapat tulisan ayat kudus Al Quran. Namun sreg dasarnya, batik Kaganga ini merupakan sebuah batik yang bertuliskan kontak aksara Kaganga, yakni goresan fonem salih terbit solo suku Rejang.

Demikianlah pembahasan mengenai gaun adat Bengkulu pria dan wanita. Seharusnya artikel ini dapat menambah wawasan engkau yang ingin mengenal lebih luas terkait kebiasaan budaya Bengkulu. Baca juga artikel mengenai baju adat Nusantara lainnya semata-mata di Pinhome.

Baca Juga :

11 Pakaian Adat Gorontalo Terlengkap Beserta Penjelasanya


Temukan sortiran rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP bagi akses eksklusif. Buat kamu agen eigendom independen alias agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu sekali lagi bisa belajar lebih jauh mengenai kepunyaan di Property Academy by Pinhome. Balut menjadi Rekan Jasa Pinhome melintasi permintaan Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store masa ini!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan intern membeli milik. Pinhome – PINtar menggandar sewa properti.

Source: https://www.pinhome.id/blog/pakaian-adat-bengkulu/

Posted by: caribes.net