Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan Akuntansi

Jakarta

Jurusan akuntansi
adalah salah satu jurusan nan banyak diminati dalam marcapada perkuliahan. Untuk kamu nan merencanakan melembarkan khotbah jurusan akuntansi, baiknya kenalan dulu dengan mata khotbah dan prospek kerjanya, yuk.

Menurut buku Pengantar Akuntansi yang ditulis oleh Hantono dan Namira Ufrida, akutansi adalah seni pendaftaran, pengelompokan, peringkasan, dan pelaporan, baik dalam unit moneter atas transaksi-transaksi keuangan dan keadaan-kejadian enggak sehubungan dengan keuangan perusahaan maupun dalam menafsirkan hasil-hasil pencatatan.

Mengapa akuntansi disebut laksana seni? Karena akuntansi memerlukan kerapian, ketepatan, serta kebersihan.


Mengutip Modul Teknisi Akuntansi intern Jaringan nan diterbitkan Kemdikbud, pengertian akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, maupun pemberian kepastian laporan nan akan mendukung manajer, investor, pengaruh fiskal, dan pembuat keputusan lain dalam menciptakan menjadikan alokasi sumber sentral keputusan di perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.

Intern modul tersebut, akuntansi juga diartikan sebagai seni dalam menakar, berkomunikasi, dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Adapun dalam marcapada perkuliahan, jurusan akuntansi kebanyakan berada n domestik naungan fakultas ekonomi dan bisnis.


Mata Kuliah Jurusan Akuntansi

Pasti ia bertanya-tanya apa sahaja yang dipelajari kerumahtanggaan pidato
jurusan akuntansi. Pada dasarnya, jurusan akuntansi akan mempelajari cara pencatatan laporan keuangan, mengusut, dan memberi penilaian atas informasi finansial.

Masih melansir sumur modul yang sekelas dengan sebelumnya, berikut ini adalah bilang mata ceramah yang secara publik akan sira pelajari di jurusan akuntansi:

1. Pengantar Akuntansi

Meliputi pengumpulan, penganalisisan, pencetakan dan penyusunan deklarasi-laporan keuangan beserta penafsirannya.

2. Akuntansi Sektor Mahajana

Mengumpulkan, menyadari, mengklasifikasi, menganalisis, dan membuat laporan moneter untuk suatu organisasi mahajana.

3. Akuntansi Biaya

Akuntansi yang mengeluarkan pekerjaan dalam proses pengecapan, penggolongan, menyadur, dan penyampaian biaya-biaya pembuatan serat penjualan barang diikuti dengan penafsiran kesannya.

4. Akuntansi Anggaran

Akuntansi yang ditujukan untuk menunggangi data akuntansi ibarat dasar menyiapkan rancangan keuangan atau perincian untuk periode yang tubin.

5. Akuntansi Pemerintah

Akuntansi nan dipakai makanya pemerintah.

6. Sistem Deklarasi Akuntansi

Penetapan arketipe catatan dan siaran akuntansi, serta pengembangan prosedur internal penimbunan, pencatatan, dan penyusunan data-data akuntansi.

7. Perpajakan

Akuntansi yang dipakai bakal menghitung pembayaran pajak penghasilan.

8. Pengauditan

Meliputi pemeriksaan akuntansi hasil karier nan sudah dilakukan.

Probabilitas Kerja Jurusan Akuntansi

Kemungkinan kerja
jurusan akuntansi
terbuka lebar di berbagai sektor nan mempergunakan keahlian di permukaan akuntansi, mulai berusul sektor perbankan, berbagai rupa perusahan swasta dan kebangsaan, malar-malar sampai bidang pemerintahan resep alias distrik.

Ada beberapa pilihan profesi yang bisa kamu jalani setelah lulus bersumber jurusan akuntansi, yakni,
1. Akuntan publik,
2. Akuntan internal,
3. Akuntan pemerintah,
4. Akuntan pendidik,
5. Auditor di kantor akuntan,
6. Konsultan pemula.

Itu dia penjelasan tentang indra penglihatan kuliah dan prospek kerja
jurusan akuntansi. Detikers berperhatian untuk turut jurusan akuntansi?

Simak Video “KuTips: Cara Panah Nyatet Otomatis Tanpa Repot Ngetik

[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Source: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5773395/jurusan-akuntansi-belajar-apa-ini-mata-kuliah-dan-prospek-kerjanya#:~:text=Pada%20dasarnya%2C%20jurusan%20akuntansi%20akan,memberi%20penilaian%20atas%20informasi%20keuangan.&text=Meliputi%20pengumpulan%2C%20penganalisisan%2C%20pencetakan%20dan,laporan%2Dlaporan%20keuangan%20beserta%20penafsirannya.