Apa Saja Yang Dipelajari Di Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Aji-aji Komunikasi, image credit Anna Shvets

Anak IPS tentu sudah cukup sering mendengar tentang Jurusan Ilmu Komunikasi, entah dari guru BP/BK ataupun dari kakak-ayunda tingkat. Begitu populernya jurusan ini, sehingga Ilmu Komunikasi merupakan pelecok satu jurusan unggulan di SBMPTN.

Namun sudah cukupkah yang kamu adv pernah, Sobat Digdaya? Segala apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi? Barang apa yang kita pelajari sejauh kuliah di jurusan ini? Prospeknya bagaimana? Ayo, cari tahu!

Mantra Komunikasi, Amatan Ilmunya Lewat Luas



Photo by Frank Leuderalbert on Unsplash

Komunikasi sudah menjadi bagian lekat kerumahtanggaan nyawa kita sehari-perian. Tak jarang, kita menganggap komunikasi invalid pada interaksi verbal antar orang. Sekiranya cuma
ngobrol,
kenapa harus sebatas kuliah, sih?

Eitts,
tunggu dulu, Sobat. Ilmu Komunikasi bukan guna-guna tentang mandu berkomunikasi verbal antar khalayak saja. Bahkan komunikasi koteng terserah bermacam-variasi, seperti komunikasi intrapersonal, komunikasi massa, dan tidak-lain.

Hobatan Komunikasi ialah indung dari mantra-guna-guna turunan nan mencengap Publisistik, Komunikasi Pemasaran, Penyiaran
(Broadcasting),
Periklanan
(Advertising),
Hubungan Publik
(Public Relation),
hingga Desain Komunikasi Optis. Maka, di Jurusan Ilmu Komunikasi kita belajar tentang komunikasi privat berbagai bentuk – menginjak tentang komunikasi media, komunikasi publisitas atau periklanan, komunikasi media sosial, sampai komunikasi seni.

Menariknggatuh, Sobat? Oke, jurusan kuliah yang menarik itu satu hal.

Tes Jurusan Kuliah IndonesiaYaitu hal lain yang sebaik-baiknya berbeda jikalauudah
sampai ke soal kecocokan jurusan pidato. Jadi, jangan ragu menggunakan tes-testimoni penjurusan yang menguji tingkat kecocokanmu dengan jurusan kuliah yang dia pilih – lebih lagi bila pengecekan itu prodeo!

Skill
dan Pengetahuan di Jurusan Ilmu Komunikasi



Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Sedemikian itu luasnya kajian yang dipelajari di jurusan ini, jangan heran bila mahasiswa Ilmu Komunikasi belajar banyak peristiwa hingga di asing papan bawah. Terbit permukaan komunikasi alat angkut hingga komunikasi seni, plong intinya kita berusaha lakukan menyampaikan suatu wanti-wanti dengan seefektif mungkin – tepat bahan dan dapat diterima begitu juga nan diinginkan.

Agar tujuan tersebut tercapai, mahasiswa Ilmu Komunikasi perlu belajar dan terus mengembangkan
skills-nya privat berbicara di depan umum, membuat desain, fotografi, nanang
out of the box,
menulis kreatif, termasuk kembali bekerja internal skuat. Lakukan itu, apa saja sebenarnya yang kita pelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi?

Pertama, kita belajar tentang
Public Speaking
– tentang cara, tutur kata, dan sikap dalam menyorongkan wanti-wanti. Kedua, kita berlatih adapun
marketing
– tentang bagaimana memasarkan produk dan prinsip-mandu pemasaran. Ketiga, kita membiasakan lagi tentang pendalaman, pengolahan data, dan analisis data.

Tak ketinggalan, mahasiswa Ilmu Komunikasi belajar tentang manajemen agar segalanya dapat diatur dengan efektif dan efisien. Selanjutnya, kita pun belajar tentang menulis berita dalam mantra Jurnalistik. Yang menarik, Sobat Pintar nantinya akan belajar kembali tentang videografi, fotografi, dan desain grafis.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Terus Berkembang



Photo by Kate Kalvach on Unsplash

Begitu beragamnya mantra yang dipelajari, tak heran bila alumni Jurusan Ilmu Komunikasi memiliki kebolehjadian kerja nan luas sekali lagi. Didukung dengan
skills
diatas, Ilmuwan Mantra Komunikasi bisa bekerja di heterogen latar pada beragam spesies profesi.

Ketahui Pilihanmu Kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi



Photo by freestocks on Unsplash

Sudahlah, bintang sartan vitalitas kepingin belajar di Jurusan Guna-guna Komunikasi, Sobat? Lantas, di manakah kira-sangkil Jurusan Ilmu Komunikasi terbaik masa ini?

Di PTN, Jurusan Ilmu Komunikasi dengan akreditasi A BAN-PT berpunya di Perserikatan Gadjah Mada, Sekolah tinggi Indonesia, Universitas Halu Oleo, UPN Pensiunan Yogyakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Perserikatan Riau, Sekolah tinggi Brawijaya, Universitas Hasanuddin, Institut Kas dapur Mangkurat, dan masih banyak pula.

Sementara itu, PTS dengan Jurusan Mantra Komunikasi yang telah terakreditasi A Lin-PT antara enggak Universitas Bina Nusantara, Perkumpulan Islam Indonesia, Institut Muhammadiyah Malang, Perhimpunan Islam Bandung, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Perhimpunan Multimedia Nusantara, atau Sekolah tinggi Gunadarma.

Dari
list
di atas, adakah kampus incaranmu, Sobat? Saban kita tentu punya pertimbangan koteng lakukan pidato di PTN maupun PTS. Namun yang pasti, di manapun kampus pilihanmu, loyal arwah belajarnya, ya!

Source: https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/jurusan-ilmu-komunikasi-ini-yang-perlu-diketahui-oleh-calon-mahasiswa