Apa Tujuan Dari Adat Istiadat

Jakarta

Terserah berbagai tamadun di Indonesia berusul Sabang setakat Merauke yang teradat diketahui, misalnya upacara adat. Setiap daerah memiliki karakteristik seremoni resan seorang. Seperti mana apa?

Seremoni adat biasanya dilakukan secara turun menurun sesuai dengan ajudan daerah saban. Pamrih setiap seremoni pun berbeda-tikai, misalnya bikin perkawinan, kelahiran, maupun mortalitas.

Upacara adat di Indonesia dan tujuannya:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Peusijuk di Aceh

Aceh memiliki formalitas adat yang dikenal dengan label Peusijuk. Ritual adat ini jamak dilakukan oleh umum perumpamaan ucapan syukur kepada almalik intern program ijab nikah, apartemen baru, panjat haji, hingga kelahiran.

2. Ngaben di Bali

Upacara adat Bali yang minimum dikenal merupakan Ngaben. Prosesi Ngaben merupakan upacara tersapu kematian dengan membakar batang dan melemparkan abu ke laut atau wai.

Upacara Adat di BaliRitual Adat di Bali Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo.

3. Kasada di Jawa Timur

Formalitas adat Jawa Timur adalah Kasada. Tradisi ini dimiliki oleh suku Tengger nan memeluk agama Hindu untuk mempersunting pengampunan dari Brahma ataupun Dewa Pencipta.

N domestik upacara adat ini, suku Tengger lazim akan melempar sejumlah sesajen ke mulut gunung Argo Bromo, misalnya sayuran, buah-buahan, hasil ternak, hingga uang.

4. Mekikuwa di Sulawesi Lor

Ucap syukur kembali biasa dilakukan di Manado, Sulawesi Lor dengan cap Mekikuwa. Para siswa upacara adat ini mengekspos rasa syukur atas pemeliharaan sejauh tahun kepada tuhan.

Selain itu, mereka kembali memohon agar tuhan memberikan jalan dan berbintang terang kepada periode yang baru.

5. Dahau di Kalimantan Timur

Upacara Dahau di Kalimantan Timur dilakukan untuk memberikan logo kepada anak yang masih keturunan bangsawan. Ada banyak ritual yang dilakukan internal upacara adat ini sampai berlangsung hingga satu wulan lamanya.

6. Ngebabali di Lampung

Saat kuak kapling mentah untuk berladang, umum Lampung biasanya menggelar upacara adat Ngebabali. Upacara sifat ini juga dilakukan detik seseorang akan membuka rumah baru.

7. Pesta Bakar Rayuan di Papua

Upacara adat buncit adalah Pesta Bakar Batu. Upacara kebiasaan ini merupakan ungkapan terima kasih sekaligus untuk bersilaturahmi. Prosesi upacara kebiasaan ini dilakukan dengan membakar babi dan makan bersama-sebabat

Upacara Adat di PapuaFormalitas Adat di Papua Foto: tunggal

Simak Video “Melihat Sakralnya Ritual HUT ke-152 Kabupaten Sukabumi

[Ketola:Video 20detik]
(pay/erd)





Source: https://travel.detik.com/travel-news/d-4929176/7-upacara-adat-di-indonesia-dan-tujuannya-yang-wajib-diketahui

Posted by: caribes.net