Pengutipan banyak makromolekul dan partikel lain, termaktub bagian-bagian kamp, makromolekul konglomerasi, dan partikel asing biasanya dilakukan dengan mekanisme yang disebut endositosis.

Tindakan kebalikan mulai sejak endositosis ialah eksositosis, dimana zat pindah dari penjara memperalat mekanisme, yang mirip dengan endositosis. Eksositosis umumnya terjadi pada sel-sel sekretori. Berdasarkan sifat zarah yang dibawa ke lokap-sel hidup, ada dua jenis mekanisme endositik, merupakan; fagositosis dan pinositosis.

Mekanisme yang sebabat digunakan dalam kedua kasus, di mana invaginates membran plasma bakal membentuk vesikel yang disebut endosom, di mana bahan ditelan. Dalam kedua kasus, alamat ditelan dengan dikelilingi oleh membran plasma.

Fagositosis dan pinositosis dianggap umpama proses yang aktif yang memanfaatkan ATP cak bagi bahan asupan. Karena alasan ini, mitokondria boleh terlihat di dekat permukaan di mana proses ini terjadi.

Segala itu Fagositosis?

Fagositosis ialah konsumsi elemen padat diameter lebih ki akbar semenjak seputar 0.5μm menerobos endositosis. Fagositosis cerbak disebut rumah tahanan makan. Dalam hal ini, membran plasma depan menyatu dan mengelilingi atom rapat persaudaraan parasan sel untuk membentuk vesikel fagosit nan disebut fagosom. Lisosom kemudian datang dan menyatu dengan fagosom ini dan melepaskan enzim pencernaan mereka untuk mencerna konten kerumahtanggaan fagosom. Fagositosis adalah proses dimana kebanyakan protozoa terdaftar amuba, mengangkangi dan memafhumi mangsanya. Pada hewan yang lebih jenjang, proses ini digunakan oleh neutrofil dan makrofag dari sistem kekebalan tubuh bikin membela menimpali benda luar begitu juga bakteri, virus, molekul serbuk, kerangkeng mati, putaran seluler dan masalah sampah lainnya.

Apa itu Pinositosis?

Pinositosis adalah asupan aktif tetesan cairan ekstraselular bersama dengan partikel kecil. Karena sifat

bahan yang terlibat dalam pinositosis, camar disebut sel minum. Ini membantu bakal asupan zat terlarut penting seperti mana insulin dan lipoprotein dalam tulang beragangan terpumpun. Selain itu, ion, gula dan asam amino juga masuk ke dalam sel dengan metode ini. Dalam hal ini, cairan ekstraselular purwa dengan atom kecil mematuhi reseptor spesifik nan terdapat di membran lokap. Kemudian membran plasma yang invaginates daerah tertentu dan merumung zarah bagi membentuk membran dibatasi vesikel yang disebut pinosom. Pinosomes kemudian bermigrasi ke sitoplasma, dan konten dilepaskan. Pinositosis boleh dilihat lewat gegares pada sel-sel yang melapisi kapiler bakat.

Perbedaan antara Fagositosis dan Pinositosis

Apa perbedaan antara Fagositosis dan Pinositosis?

  1. Fagositosis adalah asupan partikel padat dengan kaliber lebih lautan dari sekitar 0.5μm, sedangkan pinositosis adalah asupan tetesan cairan ekstraselular bersama dengan partikel kecil.
  2. Fagositosis galibnya digunakan untuk tujuan defensif, sementara itu pinositosis digunakan bikin sasaran signifikan asupan ke dalam sel.
  3. lembaga Fagositosis vesikel yang disebut fagosom, sementara itu bentuk pinositosis vesikel disebut pinosom.
  4. Lain sebagaimana di pinositosis itu, keterlibatan lisosom dapat dilihat pada fagositosis.
  5. Dalam fagositosis, partikel padat seperti bakteri, debu, fragmen seluler, kerangkeng-terungku yang diambil ke dalam sel, sementara itu lega pinositosis, ion, sakarosa, asam amino dll, diambil ke dalam hotel prodeo.
  6. Fagositosis kembali dikenal sebagai sel makan, padahal pinositosis dikenal andai kurungan minum.
  7. Pinositosis majuh terjadi pada lapisan sel kapiler bakat, sementara itu fagositosis digunakan oleh rumah tahanan-sel darah suci sebagai halnya neutrofil dan makrofag, dan protozoa.