Apa Yang Dimaksud Dengan Gnp




Produk Kebangsaan Bruto (GNP)

Barang Nasional Bruto (Gross National Product) atau PNB meliputi nilai komoditas nyata barang dan jasa yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara (nasional) selama suatu tahun; termaktub hasil produksi barang dan jasa yang dihasilkan maka itu warga negara yang berada di asing negeri, cuma tidak tercatat hasil produksi perusahaan asing nan beroperasi di area negara tersebut.

Dagangan Nasional Neto (NNP)

Komoditas Kewarganegaraan Neto (Net National Product) merupakan GNP dikurangi depresiasi atau penyusutan barang modal (sering pula disebut
replacement).
Replacement
penggantian barang modal/penyusutan bagi peralatan produski yang dipakai intern proses produksi umumnya bersifat taksiran sehingga mungkin saja abnormal tepat dan dapat menimbulkan kesalahan biarpun relatif kecil.

Pendapatan Nasional Neto (NNI)

Pendapatan Nasional Neto (Net National Income) adalah pendapatan yang dihitung menurut jumlah balas jasa nan dipedulikan oleh mahajana sebagai pemilik faktor produksi. Besarnya NNI dapat diperoleh dari NNP dikurang pajak tidak langsung. Nan dimaksud fiskal tidak langsung adalah pajak yang bebannya dapat dialihkan kepada pihak tidak sama dengan pajak penjualan, pajak hadiah, dll.

Pendapatan Perseorangan (PI)

Pendapatan perseorangan (Personal Income)ialah jumlah pendapatan yang dipedulikan oleh setiap orang dalam masyarakat, teragendakan pendapatan yang diperoleh minus mengerjakan kegiatan apapun. Pendapatan perseorangan juga menghitung pembayaran transfer (transfer payment).
Transfer payment
adalah penerimaan-penerimaan yang bukan adalah balas jasa produksi tahun ini, melainkan diambil dari sebagian pendapatan nasional periode silam, contoh pembayaran dana pensiunan, tunjangan sosial bagi para pengangguran, bekas pejuang, bunga ketinggalan pemerintah, dan sebagainya. Buat mendapatkan besaran pendapatan oknum, NNI harus dikurangi dengan pajak laba perusahaan (pajak yang dibayar setiap badan kampanye kepada pemerintah), laba yang enggak dibagi (sejumlah laba yang tegar ditahan di dalam perusahaan bagi beberapa intensi tertentu misalnya keperluan perluasan perusahaan), dan iuran pensiun (iuran yang dikumpulkan oleh setiap pegawai dan setiap perusahaan dengan harapan untuk dibayarkan kembali setelah fungsionaris tersebut tidak lagi berkreasi).

Pendapatan yang siap dibelanjakan (DI)

Pendapatan yang siap dibelanjakan (Disposable Income) ialah pendapatan yang siap lakukan dimanfaatkan guna membeli komoditas dan jasa konsumsi dan selebihnya menjadi tabungan yang disalurkan menjadi kapitalisasi.
Disposable income
ini diperoleh terbit
personal income
(PI) dikurangi dengan fiskal sekaligus. Pajak sinkron (direct tax) adalah pajak yang bebannya tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, artinya harus bertepatan ditanggung maka itu wajib pajak, contohnya pajak pendapatan.

Source: https://omrizal.blogspot.com/2012/02/pengertian-gnp-nnp-nni-pi-dan-di.html

Posted by: caribes.net