Apa Yang Dimaksud Dengan Pengelolaan

Definisi dan Pengertian Pengelolaan

A. Menurut Kamus Lautan Bahasa Indonesia, Pembukaan Pengelolaan, punya 4 pengertian, ialah :

  1. Pengelolaan adalah proses, cara, perbuatan mengelola ;
  2. Tata adalah proses mengerjakan kegiatan tertentu dengan menggagas tenaga makhluk lain;
  3. Pengelolaan ialah proses yang mendukung mermuskan kebijaksanaan dan tujuan organisasi ;
  4. Pengelolaan merupakan proses yang menerimakan pengawasan pada semua hal yang terlibat internal pelaksanaan kebijaksanaan dan pencapaian tujuan.

B. Pengelolaa Sumberdaya Air adalah upaya merencanakan, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan konservasi sumberdaya air, pendayagunaan sumberdaya air dan pengendalian daya kemungkus air.

C. Menurut Keputusan Menteri Energi Dan Sumberdaya Mineral Nomor 1451. K/10/MEM/2000 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Tugas Pemerinahan Dibidang Pengelolaan Air Petak.
Pengelolaan air kapling yaitu pengelolaan dalam manfaat luas mencakup segala aksi inventarisasi, pengaturan eksploitasi, perizinan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan serta proteksi air kapling.

D. Satrio Hadipurwo
Pengelolaan Air Lahan adalah upaya merencanakan, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi penye-lenggaraan kegiatan inventarisasi, pemeliharaan dan pendayagunaan air persil.

E. Menurut Mondial Watre Partnership, 2001, Penyelenggaraan Air Tanah yaitu suatu proses yang mempromosikan rekonsiliasi pengembangan dan pengelolaan air tanah dan sumberdaya tercalit n domestik rangka intensi bikin memaksimalkan resultan ekonomi dan kesejahteraan social dalam sikap yang semupakat tanpa mengganggu kestabilan dari ekosistem-ekosistem penting.

F. Menurut Grigg, 1996, penyelenggaraan air tanah adalah aplikasi berpangkal cara structural dan non structural yang seimbang dan harmoni dalam memintasi system sumberdaya air alam dan buatan turunan lakukan kepentingan/manfaat individu dan tujuan-tujuan lingkungan.

G. Tiga Pilar Pengelolaan Air Persil adalah :

  1. Fungsi Sosial, dimana kebaikan umum bertambah diutamakan daripada kepentingan manusia.
  2. Fungsi Mileu Hidup, bahwa sumberdaya air menjadi bagian berpangkal ekosistem sekaligus seumpama kancah kelangsungan hidup dunia tumbuhan dan fauna.
  3. Fungsi ekonomi bahwa sumberdaya air dapat didayagunakan untuk menunjang kegiatan persuasi nan diselenggarakan dan diwujudkan secara setimpal.

Dari beberapa pengertian diatas, dapat diurai beberapa pengertian yang terkandung didalam kepentingan tata, ialah :

  1. Inventarisasi air tanah ialah kegiatan pemetaan, penyelidikan, studi, eksplorasi, evaluasi, pengumpulan dan tata data air tanah ;
  2. Pengaturan pemanfaatan adalah pengaturan pengaturan akan halnya cumbu prioritas peruntukan eksploitasi air tanah ;
  3. Perizinan adalah salah satu tulang beragangan pengaturan yang bersifat pengendalian oleh pemerintah terhadap kegiatan yang dilakukan masyarakat (pengguna air tanah);
  4. Pembinaan adalah apa propaganda yang mencakup emberian pengarahan, nubuat, arahan,pelatihan dan penyluhan dalam pelaksanaan pengelolaan air lahan;
  5. Pengendalian adalah barang apa usaha yang mencaplok kegiatan penaturan, penelitian dan pemantauan pengambilan air tanah untuk menjamin pemanfaatannya secara bijaksana demi menjaga kesinambungan ketersediaan dan mutunya ;
  6. Pengawasan yaitu kegiatan yang dilakukan ntuk menjamin tegaknya peraturan perundang-pelawaan tata air tanah ;
  7. Konservasi air petak adalah pengelolaan air kapling untuk menjamin pemanfaatannya secara bijaksana dan menjamin kelanjutan ketersediaannya dengan tegar memelihara serta mempertahankan mutunya.

H. Air Tanah ialah semua air yang terletak didalam lapisan pengandung air dibawah permukaan petak, termasuk ain air nan muncul secara saintifik diatas parasan petak.

Pustaka.




Dr. Ir. Basuki hadimuljono, MSc., Referat “Memfokus Manajemen Sumberdaya Air Terpadu Dalam Rangka Implementasi Undang-undang Sumberdaya Air”, Semarang, 2005
Satrio Hadipurwo, Referat “ Konservasi Air Tanah, Direktorat Pembinaan Pengusahaan Panas Bumi Dan Penyelenggaraan AirTanah”, Bandung, 2006




Source: http://www.definisi-pengertian.com/2015/05/definisi-dan-pengertian-pengelolaan.html

Posted by: caribes.net