Dalam kehidupan sehari-waktu banyak benda-benda nan terlihat sebagai halnya garis. Barisan pokok kayu privat sebuah pertanaman tampak membentuk garis yang sejajar, begitupun perjumpaan antara dua lintasan kereta api kelihatan seperti garis bertaut. Tapi tahukah kamu segala apa itu pengertian garis dalam ilmu hitung?

Garis yakni kumpulan titik-titik yang beraturan dan berkesinambungan serta mundur ke dua jihat. Model ataupun representasi suatu garis misalnya begitu juga seutas benang maupun kembali lawai lurus nan bisa diperpanjang sreg kedua arah yang bertentangan hingga jauh tak terhitung.

Sebuah garis hanya n kepunyaan satu dimensi, yaitu panjang. Terdapat beberapa istilah pada garis antara lain: cahaya adalah garis yang semenjak di suatu noktah dan ujung lainnya dapat diperpanjang ke suatu sebelah enggak hingga, kedua adalah segmen garis ataupun ruas garis adalah bagian berpokok garis nan dibatasi oleh dua noktah akhir, ketiga adalah garis vertikal yaitu garis yang berdiri berdiri, dan keempat garis horizontal yaitu garis nan mengufuk.

Takhta Dua Garis

Takhta dua garis yaitu persaudaraan antara dua garis dapat berupa garis sejajar, garis bertaut, garis bersilangan, dan garis berimpit.

  • Garis Setimbang

Signifikasi garis sejajar adalah dua garis atau lebih yang berada lega bidang yang sama dan lain bertaut suatu sepadan lain. Garis yang saling sepadan bisa dinotasikan dengan bunyi bahasa “//”. Ada 3 sifat-aturan garis sama antara bukan :

– Seandainya suatu garis memotong riuk suatu dari dua garis yang sejajar maka garis tersebut juga akan memotong garis lainnya

(Baca juga: Pernyataan dan Kalimat Terbabang Internal Ilmu hitung)

– Takdirnya sebuah garis sejajar dengan dua buah garis maka ketiga garis tersebut juga ubah sejajar satu dengan nan lainnya

– Takdirnya terdapat sebuah titik di asing garis maka terdapat tepat suatu garis yang sejajar dengan garis tersebut.

  • Garis Berpotongan

Dua garis dikatakan saling berpotongan apabila kedua garis tersebut terdapat sreg satu bidang datar dan bersilang di salah satu titiknya.

  • Garis Bersilangan

Dua garis dikatakan bersilangan apabila garis-garis tersebut bukan terdapat sreg satu meres datang dan tidak akan bersilang apabila diperpanjang.

  • Garis Berimpitan

adalah garis yang paling sedikit n kepunyaan dua titik persekutuan. Garis yang saling berimpit terwalak pada suatu garis verbatim, sehingga akan terlihat saling menghampari satu sama lain (satu garis lurus).

Perbandingan Ruas Garis

Dalam perbandingan ruas garis ini misalnya sebuah ruas garis dibagi menjadi beberapa bagian. Kalau dibandingkan ruas garis dan panjang keseluruhannya diketahui, maka strata ruas-ruas garisnya bisa dihitung.

latihan soal dari Kelas Pintar

Adapun eksemplar soalnya adalah diketahui titik C lega AC : CB = 4 : 6. Jika panjang AC =24 cm maka tentukanlah panjang CB dan pangkat AB?

Penyelesaiannya :

AC : CB = 4 : 6

AC/CB = 4/6 —24/CB = 4/6

CB = 24 x 6 / 4 = 6 x 6 = 36 cm

Kaprikornus jenjang CB adalah 36 cm

Sedangkan untuk menotal panjang AB adalah :
AC : AB = 4 : 10
AC/AB = 4/10 —- 24/AB = 4/10
AB = 24 x 10 / 4 = 6 x 10 = 60 cm
Jadi panjang AB merupakan 60 cm.

download aplikasi kelas pintar

Please follow and like us: