Apakah Yang Dimaksud Dengan Metadata

Bungsu diperbarui: Nov 17, 2022

Apa itu Metadata?

Metadata
yaitu koleksi data yang mengandung keterangan berbunga satu data sepatutnya data tersebut mudah lakukan dikelola juga.

Gambar metadata berpangkal sebuah file akan berbeda dengan file lainnya. Begitu juga isi informasi dari sebuah teks akan berlainan dengan isi informasi dari sebuah gambar atau hasil foto.

Pentingnya Metadata

Peran metadata dalam melaksanakan kegiatan bisnis tinggal terdepan. Di sini, fungsi metadata merupakan untuk mengidentifikasi informasi krusial di sebuah data, utamanya di rataan pemasaran dan pengelolaan dokumen digital. Metadata bermain terdepan untuk menjaga keamanan dalam penentuan ranking di
search engine.

Contoh Metadata

Dalam spirit sehari-hari Anda seringkali melihat penerapan metadata. Panca contoh penerapan metadata yaitu :

Metadata HTML

Metadata sreg file HTML rata-rata tidak ditampilkan pada halaman website, hanya dapat dibaca oleh mesin sisir. Sreg file HTML metadata dituliskan di internal elemen
<head>.

Puas file HTML, informasi nan tersimpan kerumahtanggaan metadata yakni kop pekarangan, charset, stempel author, keywords, meta description, publisher, dan lainnya.

Metadata Dokumen Word

Metadata pada tembusan word kebanyakan memuat detail informasi sebagaimana judul dokumen, subjek, nama penulis, tags, waktu penyimpanan buncit, dan sebagainya.

Metadata File Musik

File musik juga dilengkapi dengan metadata begitu juga nama artis, kepala karangan lagu, nama album, genre, keunggulan pengarang, masa rilis, dan lainnya.

Metadata Tautan

Ketika membuat link menggunakan HTML, terletak bilang metadata yang umumnya digunakan seperti href, type (mendeskripsikan), rel, media, dan sizes (mengatur ukuran pada susuk logo atau font).

Metadata Kancing Digital

Bilang laporan daya digital yang terdapat privat metadata adalah titel kiat, perian bersumber, stempel pengarang, bahasa, ukuran file, dan sebagainya.

Kemujaraban

Metadata mirip konsep katalog yang Beliau jumpai di persuratan yang memuat takrif kancing-trik. Bedanya, metadata disimpan dalam rang digital. Beberapa fungsi berbunga metadata adalah :

  • Mudah menemukan informasi yang dicari
  • Mengidentifikasi sumberdaya
  • Mengelompokkan informasi nan seimbang
  • Mengelompokkan informasi nan berbeda

Macam-Diversifikasi Metadata

Berdasarakan maksud penggunaannya metadata dibagi menjadi tiga diversifikasi. Penjelasan terkait diversifikasi-keberagaman metadata adalah sebagai berikut:

  1. Metadata deskriptif
    yaitu metadata yang digunakan buat mencari dan menemukan informasi yang dicari begitu juga judul, artikel, dan lain-lain.
  2. Metadata struktural
    yaitu metadata yang digunakan lakukan menunjukkan satu kejadian nan sudah disusun bagi menjadi satu kesatuan. Misalnya seperti pada gerendel digital, metadata digunakan cak bagi mengarifi cumbu bab dan hubungan antar halaman.
  3. Metadata manajerial
    yaitu metadata yang digunakan bagi mencampuri satu data. Contohnya merupakan metadata yang memuat informasi perian pembuatan konten, tipe file, hak cipta, dan lainnya.

cmlabs

Note:
Kami telah melampirkan sejumlah tanya paling umum yang ditanyakan makanya pengguna dibawah ini, berserta jawabannya. Bikin memperalat aplikasi Keyword Ranking Tracker cmlabs anda tidak perlu mengerjakan permintaan penawaran kemada marketing. Silahkan klik login ke intern petisi.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda mengesir artikel ini?

Source: https://cmlabs.co/id-id/seo-terms/metadata

Posted by: caribes.net