Bagaimana Kehidupan Ekonomi Kerajaan Demak

Hafiidh Tanjung, NIM.: 16120066
(2021)
PEREKONOMIAN Imperium Islam DEMAK PADA Perian RADEN FATAH DAN RADEN PATI UNUS.
Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

Abstract

Salah satu urut-urutan kekaisaran Islam di Indonesia tidak absolusi dari peranan penyebaran ilham Agama Islam melalui jalur perbisnisan. Kanal dakwah melalui perbelanjaan terlampau diuntungkan karena tidak suka-suka pemisah antara aktivitas perdagangan dengan kewajiban mendakwahkan Agama Islam kepada pihak lain. Seperti halnya Kerajaan Selam Demak sebagai pelopor imperium Selam pertama di Pulau Jawa yang sebelumnya merupakan wilayah kadipaten dari Imperium Majapahit. Kekaisaran Islam Demak selanjutnya menjelma menjadi kerajaan yang awet dan mengalami kronologi keberhasilan perekonomian serta kemaritiman di asal kepemimpinan Raden Fatah hingga Raden Pati Unus. Kerajaan Islam Demak pada dasarnya sudah lalu punya keuntungan nan ditopang dari negeri nan diplomatis, baik dari arah agraris ataupun kemaritimannya. Meskipun demikian, Kekuatan kekaisaran tentunya juga tidak belas kasihan dari kronologi perokonomian kekaisaran dan kebijakan-kebijakan tadbir rajanya. Hal inilah nan mewujudkan penyelidik tertarik mengkaji bagaimana kondisi perekonomian Kerajaan Islam Demak dan garis haluan-ketatanegaraan yang dilakukan raja-rajanya, serta pengaturan yang dihasilkan dari kebijakan-strategi yang dilakukan.
Penelitian kuno ini merupakan penelitian kepustakaan yang mengacu pada heterogen sumber tertulis, sama dengan gerendel, jurnal, majalah, maupun kata sandang di internet. Adapun cak bagi menganalisisnya, peneliti menunggangi pendekatan ekonomi-politik. Teori nan digunakan dalam pengkhususan tersebut adalah teori tentang kebijakan ekonomi yang dikemukakan maka itu Jhon Meynard Keynes. Teori ekonomi Keynes, kuak bahwa suatu perekonomian negara harus diikuti dengan campur tangan pemerintah dalam perekonomian tersebut. Internal eksplorasi ini digunakan metode ki kenangan nan meliputi empat tahapan, yaitu heuristik, verifikasi, tafsiran, dan historiografi.
Politik ekonomi-politik imperium kasatmata pengembangan wilayah nan dikuasai, peningkatan pendapatan berpangkal sumber sendi yang dimiliki, dan peningkatan keefektifan militer telah memberi dampak terhadap segala kegiatan imperium. Hasil bersumber investigasi ogok bahwa antara garis haluan pemerintah dengan urut-urutan perekonomian itu saling mempengaruhi. Perekonomian Kerajaan Selam Demak yang bertumpu pada kegiatan perdagangan di sepanjang pelabuhan dan tepi laut Pantai Utara Pulau Jawa, telah memberikan keuntungan besar terhadap pendapatan Kerajaan khasiat menopang segala kegiatan dan aktivitas pemerintahan Imperium Islam Demak. Kegiatan perekonomian yang semakin pesat di daerah kekuasaan Kerajaan, menjadikan Imperium Islam Demak menjelma menjadi faedah baru di Pulau Jawa dalam waktu singkat. Dominasi bermula jalan perekonomian yang terjadi memudahkan kekaisaran dalam menyeringkan mobilisasi militer, persenjataan, armada angkatan laut, dan perpanjangan provinsi kekuasaan di Pulau Jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penyuluh : Zuhrotul Latifah S. Ag., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Imperium Islam Demak, Perekonomian, Kebijakan, Kekuasaan
Subjects: Memori Tamadun / Kultur Islam
Divisions: Fakultas Budi pekerti dan Aji-aji Budaya > Sejarah Kebudayaan Selam (S1)
Depositing User:
Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 08 Nov 2022 11:41
Last Modified: 08 Nov 2022 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item

Source: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46441/

Posted by: caribes.net