Unsur-anasir yang terletak dalam teks sandiwara boneka dan unsur pementasan drama sedikit farik. Perbedaan itu antara lain terletak puas meres dan penghayatan tokoh internal pemeranan.

Dalam sebuah pementasan sandiwara, kamu dapat menghakimi elemen-molekul yang terdapat di dalamnya. Unsur pementasan ketoprak meliputi tokoh, fiil tokoh, alur, satah atau setting (digambarkan dengan
tata bohlam, manajemen suara, tata letak, background), tema, pesan/amanat.


Unsur-unsur pementasan sandiwara


a. Plot/alur

Plot atau rangka kisah merupakan sangkut-paut cerita maupun rangka cerita dari awal hingga akhir yang merupakan jalinan konflik antara dua tokoh atau lebih yang saling inkompatibel.


b. Penokohan dan pemeranan

Penokohan erat hubungannya dengan perwatakan. Penokohan yakni pertautan inisiator-dedengkot nan berperan dalam dagelan. Tokohtokoh itu lebih jauh akan dijelaskan kejadian fisik dan psikisnya sehingga akan memiliki watak ataupun kepribadian yang berbeda-cedera.


c. Dialog (percakapan)

Ciri istimewa naskah drama adalah naskah itu berbentuk percakapan atau dialog. Dialog dalam naskah sandiwara bangsawan berupa ragam bahasa yang komunikatif ibarat tiruan bahasa sehari-waktu, enggak ragam bahasa
tulis.


d. Seting (panggung, perian, dan suasana)

Setting, disebut kembali satah kisahan, ialah pencitraan waktu, tempat, dan suasana terjadinya sebuah kisah. Pelukisan suasana dalam pertunjukan dilukiskan dengan manajemen lampu, tata suara, serta background.


e. Tema (dasar kisahan)

Tema adalah gagasan ki akal yang melambari sebuah kisah dalam sandiwara boneka.Tema dikembangkan melalui alur dramatik dalam plot, melalui tokoh-tokoh antagonis dan protagonis dengan perwatakan yang inkompatibel sehingga memungkinkan munculnya konflik di antara keduanya.


f. Amanat

Sadar ataupun tidak sadar, pengarang naskah sandiwara bangsawan pasti akan membentangkan sebuah pesan tertentu kerumahtanggaan karyanya. Wanti-wanti itu dapat tersirat dan tersurat. Pembaca yang tajam tilikan akan berpunya mencari pesan yang terkandung n domestik tulisan tangan drama. Pesan dapat disampaikan melalui percakapan antartokoh ataupun perilaku setiap motor.

Unsur-unsur Pementasan Drama dan Langkah-langkah pementasannya

Gambar: Atraksi Drama


Persiapan-langkah pertunjukan sandiwara bangsawan

1.
Mengenali Atom Pementasan Drama

Unsur-unsur dalam pertunjukan dagelan menutupi galur, tokoh, dialog, setting, tema, pesan/amanat, kostum, tata lampu, tata musik.

2.
Menentukan Zarah Dagelan yang Dianggap Menonjol

Sesuatu itu menarik atau tidak menarik karena sesuatu itu memiliki maslahat maupun sebaliknya memiliki kelemahan ataupun kesuntukan. Hal ini juga berperan untuk pementasan atau tontonan drama.

3.
Mengidentifikasi Karakter Tokoh dalam Tontonan Sandiwara

Khuluk tokoh-pencetus kerumahtanggaan pementasan sandiwara radio dapat dilihat bermula dialog-tokoh itu, percakapan biang keladi enggak mengenai tokoh itu, lembaga tubuh, pakaian ataupun apa sesuatu yang dikenakan tokoh, serta gerak-gerik dedengkot.

4.
Mendeskripsikan Keefektifan Parasan dalam Pementasan Dagelan

Bidang n domestik sandiwara radio merupakan sesuatu yang melatari terjadinya hal dalam cerita. Latar dalam pertunjukan drama meliputi:

a. tahun terjadinya peristiwa
b. tempat berlangsungnya keadaan-kejadian
c. suasana yang menggambarkan atau menayangkan peristiwa itu terjadi.

Latar dalam pertunjukan sandiwara boneka didukung oleh tata ajang, pengelolaan bohlam, penyelenggaraan musik, dan penyelenggaraan suara. Penataan bekas berfungsi menggambarkan tempat terjadinya peristiwa. Penataan cahaya atau penataan lampu dapat menggambarkan waktu dan suasana terjadinya cerita.