Batang Kembang Kelape Terbuat Dari

Kembang kelape (kembang kelapa) merupakan hiasan yang sering digunakan untuk pesta. Kembang kelape juga dapat dilihat sreg ondel-ondel agar terlihat menairk. Kembang kelape dibuat dari plano minyak berwarna warni. Pada perkembangannya, rang dekoratif kembang kelape memiliki beberapa varian terhadap fungsi dan perletakannya. Maksudnya, bentuk kembang kelape enggak statis. Ada yang berbentuk tiang, bisa diletakkan pada tiap ulas ataupun kacamata yang memungkinkan; atau digantung di plafon menjuntai ke radiks; bahkan dikombinasikan dengan memanfaatkan daya listrik membentuk kembang kelape nan indah terutama jika dihidupkan malam hari.

Kembang kelape sebenarnya n kepunyaan makna filosofis amat mulia, bahwa semestinya manusia itu bermanfaat sebagaimana tanaman kelambir. Bukan suka-suka yang enggak berguna berasal ki sebatang kacang pohon kelapa, berangkat akar, kunarpa, buah, setakat daun. Kemudian makna itu diperluas bahwa kehidupan individu itu harus dirawat dan diekspresikan dengan megah, terbuka, saling bentumembantu, kompak, dan tidak memandang martabat sosial. Maka boleh jadi pun nan berada dan berkuasa di “Bumi Kalapa” atau Jakarta, seyogyanya menjunjung tinggi solidaritas, keterbukaan, kejujuran, kesopansantunan, dan kebesaran sebagai manusia. Adapun lembaga maupun desain kembang kelape (manggar):

  • Bentuk kembang kelape terbuat semenjak lidi nan dibungkus dengan kertas maupun plastik warna warni.
  • Dimensi kembang kelape dan tiang penyangga disesuaikan penempatannya.
  • Kuantitas kembang kelape dari tiap tiang penyangga antara 60-75 batang.
  • Keistimewaan, eksploitasi dan penempatan kembang kelape (manggar):
  • Fungsi ibarat dekorasi statis yang memberikan nuansa megah, meriah dan penuh keceriaan plong berbagai macam kegiatan, baik di urat kayu terbuka maupun di ira tertutup.
  • Digunakan sebagai dekorasi dinamis dan diletakkan di depan arakarakan intern festival, atraksi wisata, pentas seni budaya (kirab, ngarak penganten dan sebagainya).
  • Peletakan andai dekorasi statis diletakkan di samping kanan dan kiri gerbang masuk, pada kanan kiri pelaminan, sreg kanan kiri panggung, digantung diplafon dan pada noktah-tutul tertentu di dalam kolom (balai, auditorium dan lain-tak) acara (resepsi, seminar, urun rembuk,dan sebagainya).

Merujuk pada nama wadah (Bandar Kelapa kemudian Pelabuhan Sunda Nyiur) menunjukkan bahwa di kawasan itu banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa. Apabila memandang pesisir yang ditumbuhi pohon kelapa, terasa luhur mempesona. Maka kembang kelapa yang namanya manggar, kemudian dijadikan sebagai properti perhiasan untuk arak-arakan. Karena manggar bentuknya tersisa, meski tiga matra, tapi warnanya singularis maka rencana ceria diambil sebagai rang dasar kembang nyiur pancaragam yang dibuat dari kertas krep dan disusun plong ujung tiang dengan kemuliaan sekitar semeter setengah. Kusen-tiang dengan ujung dihias kembang nyiur digunakan kerjakan dekorasi statis alias dinamis. Pada perkembangannya, rencana dekoratif kembang kelapa mengenal dua varian. Pertama versi kembang kerambil gawang. Kedua kembang kerambil bokor. Namun bentuk itu pun bukan statis. Terutama bentuk yang papan, bisa diletakkan pada tiap ruang atau sudut nan memungkinkan, digantung di plafon menggelepek ke pangkal, justru dikombinasikan dengan memanfaatkan daya listrik takhlik kembang kelambir yang mulia terutama jika dihidupkan malam tahun. Kembang Kelambir senyatanya mempunyai makna filosofis amat mulia. Bahwa semestinya manusia itu bermanfaat seperti pohon kerambil. Tidak terserah nan tidak berguna bersumber sebatang pohon kelapa, mulai akar, batang, buah, sampai daun. Kemudian makna itu diperluas bahwa kehidupan basyar itu harus dirawat dan diekspresikan dengan meriah, terbuka, saling bentu-membantu, kompak, dan tidak memandang status sosial. Maka boleh jadi pula yang berada dan berkuasa di Bumi Kalapa atau Jakarta, seyogyanya menjunjung tinggi kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, tata susila, dan kebesaran sebagai basyar. Rang atau desain kembang kelapa (manggar) ?Rang kembang kelapa terbuat dari lidi yang dibungkus dengan jeluang atau plastik warna warni. ?Matra kembang kerambil dan tiang penyangga disesuaikan penempatannya. ?Jumlah kembang kelapa dari tiap kayu penyangga antara 60-75 batang. Filosofi atau makna kembang kerambil (arai) ?Filosofi buat Kembang Kelapa (mayang) sebagai tanda-tanda kemakmuran. ?Sebagai simbol dari kehidupan manusia yang bermanfaat begitu juga manfaat pohon kelapa. ?Sebagai simbol resan kejujuran masyarakat internal pergaulan sehari-waktu. ?Sebagai simbol tatawarna (multikultur) kebudayaan yang hidup dan berkembang di Kota Jakarta. Keistimewaan, penggunaan dan penempatan kembang kelambir (mayang) ?Maslahat bak dekorasi statis yang menyerahkan nuansa megah, meriah dan penuh keceriaan pada berbagai kegiatan, baik di urat kayu terbuka maupun di ruang terkatup. ?Digunakan perumpamaan dekorasi dinamis dan diletakkan di depan iring-iringan dalam festival, atraksi pariwisata, pentas seni budaya (kirab, ngarak penganten dan sebagainya). ?Peletakan sebagai dekorasi statis diletakkan di samping kanan dan kiri bab masuk, pada kanan kiri pelaminan, sreg kanan kiri panggung, digantung diplafon dan pada titik-bintik tertentu di n domestik ruangan (balairung, auditorium dan tak-lain) acara (resepsi, seminar, urun rembuk,dan sebagainya).

Disetujui Oleh admin WBTB Plong Tanggal 01-01-2018

You’re Reading a Free Preview

Pages

5

to

7

are titinada shown in this preview.

Kembang kelape
atau
Kembang kelapa
merupakan kerajinan tradisional Betawi, ini berupa hiasan nan bosor makan digunakan cak bagi suatu acara pesta. Kerajinan ini telah ditetapkan perumpamaan Warisan Budaya Takbenda maka dari itu Kementerian Pendidikan dan Tamadun sejak tahun 2022.[1] Secara masyarakat, kondisi Kembang Kelape masih bertahan. Tentang kawasan persebarannya menutupi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya merupakan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.[2]

Pemakaian dan Bentuk

Umpama kerajinan tradisional yang berupa hiasan, kembang kelape banyak digunakan dalam bermacam-macam bentuk. Ada yang digunakan perumpamaan penghias kepala Ondel-ondel. Kembang kelape sendiri terbuat dari Kertas minyak dengan warna yang berbeda-selisih.[2] Dilihat dari fungsi dan peletakannya, kembang kelape merupakan paesan yang berkepribadian dinamis.[2] Pron bila ini, boleh dijumpai kembang kelape berbentuk tiang dan daoat diletakkan di setiap sudut atau ruang. Ada kembali kembang kelape yang digantung di langit-langit dan dibuat kelemping ke bawah. Selain itu Ada juga yang memanfaatkan daya listrik lakukan membentuk sebuah kembang kelape.[2]

Makna

Kembang Kelape dalam budaya Betawi memiliki beberapa makna. Makna pertama, melihat kembang kelape bagaikan simbol orang Betawi yang membanting tulang memberikan usahanya cak bagi kebermanfaatan dan ketenteraman awam.[3] Warna-warni kembang kelape sendiri dilihat umpama fon dari mahajana Betawi yang mangap dan menghargai perbedaan.[3] Selain itu, menurut JJ Rizal, kembang kelape merupakan simbol kejayaan nan menjadi pengingat publik Betawi bahwa intensi hidup adalah untuk menjadi lebih berharta dan sejahtera.[3]

Pustaka


  1. ^

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kembang Kelambir. diakses melalui https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/?newdetail&detailCatat=8028 pada 1 April 2022.
  2. ^
    a
    b
    c
    d

    Kementerian Pendidikan dan Tamadun. Kembang Kelape dalam Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia Waktu 2022 diakses melewati https://warisanbudaya.kemdikbud.go.id/dashboard/media/Buku%20Penetapan%20WBTb%202018.pdf] pada 1 April 2022.
  3. ^
    a
    b
    c

    Wahidayat, Mita Purbasari and Rahardja, Anita. The Journey of Jakarta’s Icon, Ondel-ondel to Become Communication Media and Identity of Its People. Proceeding of the Art and Design International Conference (AnDIC 2022). Edited by Rusmadiah Anwar et al. Singapore: Springer, 2022.

Diperoleh bersumber “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Kembang_Kelape&oldid=17360646”


melaksanakan keputusan bersama dgn barang bawaan jawab….. adalah pengalaman sila ke…… pancasila​


bantu jawab doong tmn”Sebutkan dan jelaskan pembagian tubuh beralaskan tempat tumbuhnya ​


3. Camar lega tanah air adalah pengamalan Pancasila sila.​


tuliskan hak,kwajiban laksana warga negara​


hak bikin memberi tanggapan terhadap pendapat makhluk lain. kaidah nan bersusila bagi menanggapinya yaitu dan sebutkan contohnya​


2. Jawab: Mudahmudahan tercipta tanggungan yang rukun dan sejahtera dibutuhkan sikap persatuan dan kesatuan. Namun terkadang terdapat obstruksi privat mewujudkan s …

ikap persatuan dan kesatuan tersebut. Menurut pendapatmu, segala apa hanya hambatan nan dapat terjadi? Jelaskan! HOTS aimana pekerjaan yang dikerjakan bersama deplis jawab​


B. Isilah titik-bintik berikut dengan jawaban yang benar! 1. Istilah Pancasila purwa kelihatannya bisa ditemukan dalam buku… saya tidak tau jawabannya tol …

ong dijawab ya ☺️​


19. Bangsa Indonesia mempunyai dasar 20 negara yang tak tiruan dari asing, akan tetapi asli Indonesia ialah …. a. Pancasila b. Perpu c. Dekret Pres …

iden d. UUD 45 tolong dijawab ya kak ingin dikumpulkan besok ​


16. Ir. Sukarno menyampaikan konsep Rangka Hukum Dasar beserta penjelasannya dan usul Drs. Moh. Hatta tentang nasib baik-hak asasi orang yang disampaika …

n pada tanggal …. a. 15 Juni 1945 b. 16 Juli 1945 c. 16 Juni 1945 d. 15 dan 16 Juli 1945 tolong dijawab ya besok kepingin dikumpulin ya kak ☺️​


sebutkan tipe jenis provinsi di indonesia cukup 20 cuma​

Source: https://apayangkamu.com/berasal-dari-manakah-nama-kembang-kelape

Posted by: caribes.net