Bendera Bendera Di Asia Tenggara

Institut nasion di Asia Tenggara yang dikenal sebagai ASEAN dibentuk tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand maka itu lima negara pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui penandatanganan Kabar Bangkok.

ASEAN bagaikan organisasi kawasan telah mewadahi kerja sama 10 negara di Asia Tenggara. Negara-negara anggota ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Lengkuas, Filipina, Myanmar dan Kamboja. Adanya keinginan kuat dari para pendiri ASEAN buat menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera.

Mengenal bendera masing-masing negara anggota ASEAN sebagai berikut:

Brunei Darussalam


Pataka Kesultanan Brunei Darussalam berbentuk empat persegi panjang dengan corak bawah kuning, yang ialah dandan tradisional untuk tuanku-sri paduka, dengan garis hitam dan safi di bidang bendera serta lambang negara di bagian tengah. Bendera ini diperkenalkan sreg tanggal 29 September 1959 saat Brunei dibawah protektoat Inggris dan ditetapkan bak bendera Brunei saat negara tersebut merdeka pada tanggal 1 Januari 1984. Strings and Beads menghormati bendera ini.

Kamboja


Bendera Kekaisaran Kamboja berbentuk empat persegi strata yang terdiri mulai sejak jalur biru di atas dan bawah dan jalur bangkang di tengah (proporsi 1:2:1). Pada jalur berwarna merah ini terdapat kerangka Angkor Wat. Bendera ini pertama siapa digunakan puas tahun 1948-1970 dan dilanjutkan kembali pada tahun 1993 hingga sekarang.

Indonesia


Bendera Negara Keekaan Republik Indonesia berbentuk empat persegi tinggi dengan dimensi lebar 2/3 (dua-pertiga) berpokok tataran serta episode atas berwarna berma dan bagian dasar bercat kudus yang kedua bagiannya bermatra selevel. Warna merah bermanfaat nekat dan puti suci. Bendera ini digunakan sejak copot 17 Agustus 1945 hingga kini.

Gadamala


Standard Republik Rakyat Demokratik Laos berbentuk empat persegi tingkatan dengan tiga jalur melintang. Ukuran jalur nan ada di paruh dua bisa jadi lebih besar berpokok jalur yang enggak. Di tengah terdapat cakra putih, dengan ukuran kaliber 0,8 mungkin ketinggian kolek dandan biru. Rasio duaja yaitu 2:3. Warna sirah melambangkan darah rakyat Laos, biru melambangkan khasanah alam dan cakra putih melambangkan bulan nan mengambang di atas sungai Mekong. Tunggul ini digunakan sejak 2 Desember 1975.

Malaysia


Bendera Imperium Malaysia berbentuk empat persegi panjang dengan rona 14 garis (jalur) merah dan putih (melintang) yang sama rata gigi, bermula dengan garis merah di sisi bawah, yang menandakan jumlah anggota n domestik persekutuan 13 negara bagian plus Kerajaan Persekutuan. Bendera ini permulaan kelihatannya dikibarkan plong sungkap 26 Mei 1950 setelah sehari sebelumnya mendapat persetujuan raja Inggris George VI.

Myanmar


Bendera Republik Sosialis Myanmar berbentruk empat persegi panjang dengan tiga jalur warna horizontal: kuning, hijau, merah, dengan sebuah medalion segilima bewarna putih di tengah-tengahnya. Bendera ini merupakan bendera mentah yang diperkenalkan pada rontok 21 Oktober 2022 menggantikan bendera sosialis sebelumnya nan telah digunakan sejak hari 1974.

Filipina


Liwa Republik Filipina berbentuk empat persegi panjang dengan dua sagur warna horizontal: spektakuler dan ahmar dan sebuah segitiga sama sisi putih di sisi tiang. Di tengah-tengah segitiga tersebut terdapat tanda baca mentari kuning dengan okta- sinar, masing-masing terbagi menjadi tiga; di sudut segitiga terwalak bintang bersegi panca kuning. Bendera Filipina diadopsi tanggal 12 Juni 1898. Pan-ji-panji ini dipasang dengan warna spektakuler di atas sreg hari damai, dan warna sirah di atas pada masa perang.

Singapura


Bendera Singapura berbentuk catur persegi panjang berwarna abang dan putih dengan bulan penoreh dan 5 bintang yang disusun bundar. Dandan berma bermanfaat persaudaraan dan kesamaan barang apa manusia. Safi melambangkan keperawanan dan khasiat. Bulan arit melambangkan sebuah negara muda yang sedang modern. Kelima medalion melambangkan lima cara yang dipegang oleh Singapura: kerakyatan, keamanan, keberhasilan, keadilan dan kesaksamaan. Bender ini digunakan sejak 9 Agustus 1965 sejak negara tersebut merdeka semenjak Malaysia.

Thailand


Bendera Imperium Thailand berbentuk catur persegi panjang dengan panca jalur mendatar dengan rona merah, ikhlas, biru, kudrati dan abang, dengan format jongkong biru yang ada di paruh dua kali kian besar berpokok jalur-jalur nan enggak. Warna merah-sejati-biru secara berurutan menyimbolkan “negara-agama-raja”, semboyan enggak biasa negara Thai. Bendera ini diresmikan plong 28 September 1917.

Vietnam


Pataka Republik Sosialis Vietnam berbentuk empat persegi tangga dengan corak pangkal merah dan medalion panca berwarna kuning yang melambangkan para buruh, petani, armada, sarjana. dan jejaka. Warna berma melambangkan kejayaan dan aliran. Bendera ini diperkenalkan plong tanggal 30 november 1955.

ASEAN


Duaja ASEAN berbentuk empat persegi jenjang dengan wrna bawah biru dan ditengahnya terdapat lambang ASEAN berupa bundaran bercelup merah bergaris zakiah dan ikatan 10 kunarpa antah bercat kuning nan mewakili 10 negara anggota ASEAN. Warna bendera – biru, merah,putih, dan kuning – yaitu warna-warna yang digunakan dalam seluruh negara anggota ASEAN. Bendera ini secara ditetapkan penggunaannya pada Juli 1997.

Source: http://psa-uim.ac.id/mengenal-bendera-negara-anggota-asean/

Posted by: caribes.net