Blender 2.79 B Tutorial Pdf

1
MODUL PELATIHAN DASAR ANIMASI 3D BLENDER OLEH : FANDHI NUGROHO LUFTI Modul Pelatihan dasar kartun 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 1

2
A.Pembukaan BLENDER User Interface Blender Blender merupakan sebuah software kartun 3D berbasis open source. Blender berbeda dengan software 3D lainnya. aplikasi yang menggunakan klik kanan bikin memilih sasaran sedangkan klik kiri di gunakan buat menentukan center (kancing tampilan dari jendela nan kita inginkan). Secara default, tampilan awal terbit blender merupakan misal berikut ini. Sebelum kita melangkah lebih jauh adapun permodelan/modelling, sebaiknya kita mengenal dulu kemustajaban tools-tools dan button-button yang ada pada blender. Jika kita ingin menyaingi file semula, kita bisa klik file > new, atau ctrl + N. Secara default, tampilan blender boleh kita lakukan menjadi beberapa bagian, antara lain sebagai berikut ini. 3D View : Merupakan tempat setiap objek 3D di tampilkan. Jendela paling utama dan paling terdahulu momen kita melakukan permodelan. Pecah jendela ini, kita bisa melihat objek nan kita untuk dari berbagai macam sisi. Cak bagi mempermudah penggunanya, blender sudah mempersiapkan template untuk melihat sudut pandang yang boleh kita akses dengan menggunakan mouse maupun keyboard (dalam situasi ini numpad). Numpad : Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. makanya : Fandhi Nugroho Lufti 2

3
Selain itu, sekali lagi bisa menggunakan jalan lain, dengan klik view lega header. Dengan contoh sebagai berikut. Lakukan mengaktifkan numpad tekan menu File > User Preference. atau dengan shortcut (ctrl + alt + U). Kemudian Klik Input > Emulated Numpad. Modul Pelatihan pangkal animasi 3D Blender. maka dari itu : Fandhi Nugroho Lufti 3

4
Mouse: Zoom in dan Zoom out dengan memutar Scroll nan cak semau. Memutar tampilan dilakukan dengan menekan Scroll mouse. Menggeser tampilan dengan cara menekan Scroll mouse dan shift. Button windows : Di sini, kita akan menemukan dempet semua manfaat nan dapat kita gunakan cak bagi melakukan pengeditan pada objek yang kita buat serta hasil yang akan kita tampilkan. Baik itu tentang pencorakan, texturing, lighting, serta kekuasaan latar dan hasil penutup yang ingin kita capai. Header : Semua jendela yang terwalak di blender pasti memiliki header. Isi semenjak header dapat berubah tukar sesuai dengan isi dari perputaran udara yang kita tampilkan, misalnya sahaja pada tingkapan 3D view, kita dapat menemukan saringan-pilihan nan berkaitan dengan visualisasi, manipulasi objek serta seleksi. Menu : Memiliki fungsi selayaknya aplikasi-permintaan lain, yaitu keefektifan yang meliputi penyimpanan file, export dan import file, render, serta terletak sekali lagi menu help jika kita mengalami kesulitan Windows dan Menu Selain 3D View dan Button Windows, sebenarnya blender masih memiliki banyak jendela lain yang dapat kita manfaatkan dan kita pelajari, meskipun pemakaiannya bukan sesering 3D view maupun button windows. Beberapa lubang angin tak nan sering di gunakan ialah file browser, text penyunting dan timeline. Untuk mengganti windows yang sedang kita lihat boleh kita tatap puas bagian kiri bawah seperti rangka berikut ini. tentu cuma berpangkal masing-masing jendela punya fungsi koteng. fungsinya ibarat berikut : 1. Timeline : umpama garis waktu untuk animasi. 2. Graph Editor : mengintai alur curve pengaturan kampanye animated. 3. DopeSheet : tempat bakal keyframe dalam pembuatan animated. 4. NLA Penyunting : untuk supremsi pemberkasan animated ganda. 5. UV/Image Penyunting : untuk mapping / texturing. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 4

5
6. Video Sequence Pengedit : cak bagi input sound. 7. Movie Clip Editor : untuk edit movie. 8. Text Editor : buat edit text / script. 9. Node Pengedit : untuk compose effect. 10.Logic Pengedit : untuk pembuatan Logic Game. 11.Propertis : Menu propertis object. 12.Outliner : melihat object yang aktif pada view port. 13.User Preferences : Pengaturan software. 14.Info : hanya sebatas informasi. 15.File Browser : kerjakan input File 16.Phyton Console : untuk pemrograman Script dengan Phyton. Diversifikasi-diversifikasi Object Ada banyak object yang disediakan blender. Untuk membuat sesuatu apa yang kita inginkan menjadi kian terlihat. Cak bagi menjuluki toolbox object, klik Add. perhatikan gambar berikut. Selain itu, dapat juga dengan potong kompas. dengan menekan shortcut Shift + A. Dalam toolbox terdapat object-object yang bisa kita gunakan. Dan kita bisa menggunakan terjemur kebutuhan kita. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 5

6
B.MODELLING Benda Interior Setelah mengerti pangkal-sumber akar pemanfaatan dan fungsi tools pada blender, sekarang kita coba membuat modelling sederhan benda bagian dalam. Sebagai contoh, kita akan membuat bidang datar. 1.urai software Blender, sehingga muncul tampilan awal. 2.bagi lebih mudah, kiranya kita ubah tampilan view. tekan numpad 5 (menjadi ortho view) kemudian numpad 1 (front view). dan view akan menjadi sebagai halnya ini. Modul Pelatihan dasar kartun 3D Blender. maka dari itu : Fandhi Nugroho Lufti 6

7
3.untuk membuat meja, kita harus tau sifat dan bentuk mulai sejak bidang datar tersebut. Proses awal pembentukan meja merupakan dengan membentuk fragmen atasnya dulu yang plong kebanyakan berbentuk balok tipis memanjang. Kita klik kanan pada objek (mess). Bikin merubah skala atau format dari balok tersebut, maka perangkat pemodelan nan permulaan yang wajib kita ketahui adalah scale atau perimbangan. Skala ini berlaku untuk semua sumbu yang ada ( X, Y, Z ). Bakal menggunakan rasio kita dapat mengimpitkan cembul S dan memadukan dengan arah mana akan kita rubah ukurannya. Buat korban meja yang perlu kita rubah adalah ukuran nan mengikuti upet Z yaitu tebal dari kenap. Maka nan perlu kita lakukan adalah menekan kenop S+Z yang artinya mangsa akan berubah skala plong sumbu Z. seperti hipotetis berikut. Kemudian arahkan kursor ke objek, maka incaran akan menipis pada sumbu Z Untuk mematamatai objek makin dekat, kita bisa mengadon scrol pada mouse, maka view akan zoom. 4. selanjutnya, kita perpanjang meja ke arah sumbu X. agar makin mudah, kita pake tampilan dari atas. numpad 7 (top view), tekan S + X (skala ke sebelah sumbu X). dan kita perpanjang menjadi 4 kotak. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. maka dari itu : Fandhi Nugroho Lufti 7

8
5.seterusnya kita akan membuat suku-kaki meja. Maka kita akan mengoreksi mesh tersebut. Klik kanan pada mangsa (aktif ). Tukar tren, yang semula object mode menjadi edit tendensi. Atau dengan menekan tombol tab pada keyboard. Maka object akan berubah sebagai halnya ini. Di sini semua titik terseleksi. Kerjakan meredam emosi pemilihan yang suka-suka kita klik tombol A pada keyboard. Dan jika akan melakukan seleksi maka kita klik kanan pada titik (vertex).maka akan menjadi serupa ini. Modul Pelatihan radiks kartun 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 8

9
6.awalan selanjutnya kita akan menambah vertex, bakal membuat batasan tungkai meja. dengan menekan ctrl + R, kemudian kursor di arahkan sreg sumbu Y, maka akan muncul garis vertex warna pink plong sumbu Y, dan klik kiri. maka akan unjuk hasil sebagaimana ini. Kemudian makzul vertex ke sebelah sumbu X untuk menentukan ketebalan tungkai yang kita inginkan. dengan klik tanda sinar ahmar atau G + X (geser ke arah sumbu X), kemudian di drag ke sumbu X, dan atur ketebalannya. Modul Pelatihan sumber akar animasi 3D Blender. maka dari itu : Fandhi Nugroho Lufti 9

10
Kemudian tambahkan vertex pada sumbu X, dengan menekan ctrl + X, dan arahkan kursor plong sumbu X. kemudia geser ke sumbu Y, dan tentukan ketebalannya. Begitu pula dengan sisi yang tidak. Sehingga membentuk alur vertex seperti susuk berikut. 7. seterusnya Instrumen yang kita gunakan untuk membuat kaki-tungkai kenap merupakan Extrude, yang berfungsi untuk menambah titik, garis maupun bidang. Extrude boleh di akses dengan menggunakan shortcut E. Cak bagi mempermudah, kita ubah select mode menjadi face select mode. Atau pun bisa menggunakan shostcut ctrl + tab. klik Face. Modul Pelatihan bawah animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 10

11
Maka akan muncul hasil seperti ini. Buat mengadon alamat, klik scrol pada mouse, tahan dan kampanye mouse ke kanan/kiri, atas/asal. Kemudian ubah view ke sumber akar alamat, dengan klik scrol dan usaha ke atas. Seleksi 4 kotak yang ada di pojok bahan. dengan tekan shift + klik kanan pada 4 kotak face. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 11

12
Agar panjang sesuai proporsi, ubah sudut pandang numpad 1 (front view), dan tekan E (extrude), dan tarik ke pangkal bakal membusut vertex face. Kemudian kembalikan ke alamat mode.putar view buat melihat nisbah bulan-bulanan. klik scrol dan persuasi mouse. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. maka itu : Fandhi Nugroho Lufti 12

13
Bikin melihat kesannya intern bentuk JPG maka kita dapat melakukan rendering dengan menekan tombol f12 sehingga hasil akhirnya adalah sebagai berikut. Dari hasil render tersebut dapat kita lihat bahwa bahan kelihatan mengambang.tekan esc untuk kembali ke view awal. Buat membuatnya terpandang lebih positif, maka kita dapat menambahkan korban plane sreg episode sumber akar meja kemudian mengerjakan Extrude plong penggalan belakangnya dan sehingga akan tertumbuk pandangan seperti mana sebuah tembok seperti berikut ini.dan tekan numpad 0, maka tesmak pandang akan berubah menjadi pandang camera. Atur posisi camera dengan menindihkan shift + f dan atur posisi binar. Modul Pelatihan bawah kartun 3D Blender. makanya : Fandhi Nugroho Lufti 13

14
Sehingga ketika kita render hasilnya menjadi sperti ini. MATERIAL Selepas rang meja beserta dengan tembok serta lantai kaprikornus, Kini saatnya kita melakukan pewarnaan terhadap korban meja yang telah kita untuk. Prinsip melakukan pewarnaanya adalah. 1.pada Objek mode, kita klik objek mana yang akan kita warnai dengan menunggangi klik kanan pada objek. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 14

15
2. Kemudian pada button windows kita klik menu shading atau shortcut f5 sehingga tampilannya yaitu sebagai berikut Klik New, maka tampilannya akan berubah menjadi seperti berikut. Modul Pelatihan dasar kartun 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 15

16
Pilih warna diffuse yang kita inginkan. Maka bulan-bulanan akan berubah warna menjadi sebagaimana ini. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. makanya : Fandhi Nugroho Lufti 16

17
Lebih lanjut kita juga dapat berbuat hal yang separas pada dinding serta ubin yang kita buat. Dan dengan sedikit permainan sinar dan pengecatan. Maka hasil akhirnya ialah sebagai berikut. TEXTURING Tekstur adalah langkah pemberian dandan sreg konseptual sehingga menciptakan menjadikan kamil / objek terlihat realis. Pada prinsipnya tekstur hanyalah bersampingan gambar pada paradigma.kita akan memberi tekstur papan plong meja nan telah kita bikin. 1. Tambahkan window kerjakan UV/image editor.dengan pendirian kursor letakan di pojok kanan atas bidang, sampai muncul arah cahaya dan tarik ke samping kiri.maka akan muncul sebagaimana ini. Modul Pelatihan asal kartun 3D Blender. maka dari itu : Fandhi Nugroho Lufti 17

18
2. Ubah button window menjadi UV/Image Editor. Maka akan menjadi seperti ini. Modul Pelatihan radiks kartun 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 18

19
3. ubah objek menjadi edit gaya. Dan seleksi vertex yang akan di belah. Kemudian tekan ctrl + E, klik mark seam untuk menandai vertex yang akan di belah. 4. kemudian select all, tekan A. dan kemudian tekan U, klik Unwarp. Modul Pelatihan sumber akar animasi 3D Blender. maka dari itu : Fandhi Nugroho Lufti 19

20
5. maka vertex nan sudah lalu di tandai (mark seam) akan membelah dan plong windows UV / Image penyunting menjadi serupa ini. 6. Klik New lalu OK. Maka akan menjadi sebagai halnya berikut. Modul Pelatihan radiks animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 20

21
7. Ubah viewport shading, menjadi Texture. 8. Kemudian pada windows UV, klik Image > open Image. 9. Browser, dan pilih buram gawang. double klik. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 21

22
Maka akan windows akan menjadi seperti mana ini. Tekstur meja sudah berangkat terpandang. lampau kita atur besar kecilnya tekstur. pada windows UV kita perimbangan (S). 10. Viewport shading diubah menjadi solid. Dan kembalikan pada object mode. 11. Kemudian dalam windows propertis, pilih texture. Modul Pelatihan pangkal animasi 3D Blender. maka itu : Fandhi Nugroho Lufti 22

23
12. Type None di ubah menjadi Image or movie” 13. Panggil gambar nan akan di untuk tekstur. Membeda-bedakan gambar. 14. Ubah coordinate dari generated menjadi UV Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 23

24
15. Dan inilah hasil render (f12) JPG dengan sentuhan tekstur gawang. Modul Pelatihan pangkal animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 24

25
C.MODELLING KARAKTER Sreg prinsipnya semua modelling sama. Sahaja kita memainkan dan menata silsilah vertex dengan Extrude dan nisbah. Karakter Sederhana Kita akan membuat khuluk primitif, dan kita ambil contoh khuluk gigi. Tampilan awal blender lalu pilih tampilan view Front Tab (edit kecenderungan) sangat A Ctrl + R (tambah vertex) posisikan di tengah, dulu A. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 25

26
Tekan B lewat Seleksi 2 bintik sebelah kidal, tinggal X pilih Vertices Klik Add Modifier pilih Mirror klik Clipping Ubah dengan face select mode, dan ctrl+r. atur vertex. Klik face penggalan sumber akar bikin tungkai. Modul Pelatihan dasar kartun 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 26

27
Extrude (E) ke asal bikin takhlik suku, dan Neraca (S) untuk memperkecil. Tambahkan vertex samping untuk menata awak karakter. Tulangtulangan karakter, hingga menjadi sejenis ini. Modul Pelatihan pangkal animasi 3D Blender. maka itu : Fandhi Nugroho Lufti 27

28
Detailkan bentuk proporsi karakter Buat wilayah tangan. Penyortiran 4 face, kemudian Esxtrude, klik kanan, nisbah dengan matra nan cukup. Extrude dan tarik untuk membuat suka mencuri. Perimbangan bikin takhlik besar kecilnya tangan. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. makanya : Fandhi Nugroho Lufti 28

29
Extrude bikin mewujudkan telapak tangannya. Ctrl + R. dan untuk biang tangan tangan. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. makanya : Fandhi Nugroho Lufti 29

30
Detailkan perbandingan tangan. Klik add modifier, pilih subdivision surface. buat menghaluskan karakter. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 30

31
Atur kembali detail karakter. Sehingga menyerupai seperti ini. Buat bibir dan mata. Klik apply modifier buat menyibuk seluruh modifier vertex. Modul Pelatihan dasar kartun 3D Blender. maka dari itu : Fandhi Nugroho Lufti 31

32
Kembalikan ke object mode dan set smooth. maka karakter akan menjadi renik. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 32

33
Dan hasil render JPG.begini. PEWARNAAN / MATERIAL Berikan warna radiks terlebih dahulu. Misalkan warna biru. Atur intensitas warna dan specular (mengkilap). Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 33

34
Kemudian lakukan menambahkan warna lebih dari satu jenis warna, ubah kerumahtanggaan posisi edit mode. Pemilihan negeri nan akan di beri warna farik. Klik logo (+) lalu New n domestik toolbox material. Dan membeda-bedakan warna yang di inginkan, misalkan orange. Atur kebulatan hati warna dan specular. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 34

35
Kemudian klik assign. kembalikan ke posisi object kecondongan dan render. Maka hasil rendernya seperti mana ini. Ulangi ancang seperti di atas, lakukan membuat adegan matanya. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 35

36
Dan ini hasil render final setelah dikasih material mata, dan adv minim memberi permainan lighting. RIGGING & SKINNING Rigging adalah satu proses pembuatan tulang beragangan susunan bone (tulang) seyogiannya khuluk bisa bergerak. Perbedaan dengan skinning adalah Rigging : Penyusunan Kerangka Armature / bone. Skinning : Proses Pengulitan atau penggabungan bone dengan object, mudah-mudahan object boleh bergerak berdasarkan bone yang di susun. Sama dengan layaknya individu. Tambahkan Armature habis klik single bone. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. makanya : Fandhi Nugroho Lufti 36

37
membeda-bedakan toolbox object data, kemudian klik X-ray agar bone nampak. Koordinat location bone X.Y.Z dibuat zero (0) semua. Sebaiknya posisi bone tepat di tengah. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 37

38
Posisikan bone di sumber akar karakter, jadikan sebagai emak bone. Kemudian Edit mode, lalu A, dan klik pada ujung bone. Plong panel kiri, klik X Axis mirror. untuk mempermudah kita n domestik penyusunan bone, biar sumbunya simetris. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 38

39
Kemudian Extrude ke atas untuk memberi lemak tulang badan. Lega ujun bone badan. Shift + E, tarik ke samping. untuk pemberian sumsum tangan. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. maka dari itu : Fandhi Nugroho Lufti 39

40
Disconnect bone. lakukan melepaskan tulang,dan di pasang pada posisi tangan. Klik kanan pada bone, terlampau alt + P, dulu Dissconect bone. Lewat pasangkan bone lega posisi tangan. habis W. pilih subdivide. maka bone akan membelah menjadi 2 bone.. Modul Pelatihan dasar kartun 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 40

41
Kemudian buat kawin bone untuk tungkai, dengan ancang pembuatan yang selaras seperti mana bone tangan. Ubah bone menjadi object mode. Modul Pelatihan dasar kartun 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 41

42
Jangan lupa modifier mirror sreg karakter, di Apply. Klik kanan pada object karakter, terlampau shift (tekan terus), lalu klik kanan plong bone. Kemudian ctrl + P. diskriminatif With Automatic Weights. Maka secara kodrati bone akan menempel pada karakter dan berkreasi puas posisi masingmasing area menirukan alur vertex budi. Klik kanan pada bone, ganti menjadi posisi Pose Mode. Modul Pelatihan sumber akar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 42

43
Bone siap di propaganda. Dengan klik kanan lega Bone kemudian R (Rotate). Dan ini hasil render sehabis dibuat pose. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. makanya : Fandhi Nugroho Lufti 43

44
ANIMATING CHARACTER Kembalikan karakter pada posisi sediakala. klik panel screen layout dan memilah-milah Animation. Sreg toolbox TimeLine. klik Record, kemudian klik box active Keying Set. dan diskriminatif LocRotScale. Maka secara kodrati saat bone di gerakan, dia akan mengunci Location, Rotation, dan Neraca. Jika bone tidak dalam posisi terkunci, maka ketika frame berputar, dan sreg frame sebelumnya posisi bone belum terkunci terlampau akan mengalami Snap alias kesalahan pada gerakan. Modul Pelatihan radiks animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 44

45
Seleksi All pada bone. tekan A lampau I. Sreg panel Dopesheet di frame 1 akan muncul frame yang sudah lalu terkunci. Kemudian klik tools current frame pada timeline. isikan angka 11, yang berarti kita akan memberi action puas frame 11. Berikan pose budi pada frame 11. Modul Pelatihan bawah animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 45

46
Kemudian di frame 22 berikan pose awal kembali. pemilihan frame 1, Shift + D (duplicate), dan tarik ke frame 22. Klik Play sreg Time Line. atau Alt + A. bikin mengawasi kartun. Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. oleh : Fandhi Nugroho Lufti 46

47
RENDER Animasi Set ending animasi sesuai kuantitas frame yang di buat. Pilih tools Render. 1. Render Preset di ubah menjadi TV PAL 4 : 3 2. Resolution 50%, tarik kesamping menjadi 100%. Gerakan ke bawah dengan memutar scroll mouse. Modul Pelatihan pangkal animasi 3D Blender. maka itu : Fandhi Nugroho Lufti 47

48
Memperbedakan output render untuktempat penyimpanan file render. Lalu ubah File Format dari PNG menjadi AVI Raw. Scroll ke atas. Dan pilih Animation.!! tunggu hingga Render Animation Selesai,dan Jadilah Hasil Animasi kita.!!.. MAJUKAN ANIMASI INDONESIA.. semangart!! **** Modul Pelatihan dasar animasi 3D Blender. maka itu : Fandhi Nugroho Lufti 48

Source: https://docplayer.info/60852953-Modul-pelatihan-dasar-animasi-3d-blender.html