Buatlah Tutorial Sederhana Tentang Pemrograman Berorientasi Objek Berbasis Gui

PRAKTIKUM I

Kata Java GUI

1.
Tujuan

Mahasiswa

bisa


menerapkan

proses
enkapsulasi,


inheritance,

dan

polimor昀椀sme puas pemogrkesepakatan berbasis obyek.

Mahasiswa


mampu


membuat


program


menunggangi


komponen-

komponen visual.

Mahasiswa
berbenda
takhlik
program
sederhana
untuk
even
handler

plong komponen-komponen dasar.

Mahasiswa


mampu


mengatur


layout


dari


form


nan


dibuat

menggunakan pemograman bahasa java.

Mahasiswa


mampu


membentuk


program


lakukan


menggambar


bentuk-

bentuk gra昀椀k primitive seperti garis, kpenggagas, segitiga, dll.

Mahasiswa mampu menciptakan menjadikan program berbasis GUI.

2.
Dasar Teori

2.1. Pemograman Berorientasi Obyek

Pemrograman


berorientasi


obyek


merupakan


suatu


konsep

pemrograman


dengan


menjeput


konsep


obyek


sebagai


komponen

dasar


dari


pemrogramannya.


Obyek


merupakan


suatu


kesatuan

komponen


dan


struktur


yang


di


dalamnya


berisi


attribut


yang

selanjutnya
dinamakan
dengan
member
dan
method
yang

merupakan

kumpulan fungsional
berpokok
suatu
obyek.
Misal
suatu
simile
obyek,
kita

ambil


obyek


oto


memiliki


member


nyata


roda,


kemudi,


body,

bab,


lampu,


dashborad


dan


lainnya.


Obyek


mobil


ini


mempunyai

method


berupa


maju,


mundur,


jalan,


berhenti,


dan


berputar.


Dengan

demikian dapat dikatakan bahwa obyek mempunyai resan-rasam, yaitu:



Member
atau
sering
sekali lagi
disebut

dengan
attribut
yang
menjelaskan

variable,


indikator


atau


keadaan


(state)


dari


suatu


obyek,


misalkan

pada
obyek
mobil
terletak
member
berupa
roda,
kemudi,
sebagai halnya
yang

disebutkan di atas



Method
atau
caruk
juga
disebut
dengan
behavior
yang
menjelaskan

perilaku,


kegiatan


atau


kerja


dari


suatu


obyek,


misalkan


pada


obyek

mobil
terletak
method
beradab,
mundur,
cak jongkok,
sama dengan
yang
disebutkan

diatas.

Menulis
memihakgram
berbasis
obyek
menggunakan
bahasa
Java
dilakukan

dengan
mandu

membentuk


sebuah


class,


menentukan
plastis

member

dan


menentukan


method.


Pembentukan


class


bermula


suatu


obyek


ini

dinamakan
dengan

enkapsulisasi.
Bagi


menggambarkan
suatu
obyek

digunakan
suatu
diagram
yang
dinamakan
dengan
class
diagram.
Teoretis

class di dalam class diagram seperti terlihat pada kerangka

Source: https://www.studocu.com/id/document/universitas-negeri-padang/praktikum-pemrograman-berorientasi-objek/01-java-gui-dosen-drresmi-darnimkom/32467695