Bukti Ajaran Islam Bersifat Universal Adalah

Yang merupakan bukti petunjuk Islam bersifat mendunia adalah ajarannya mudah dilakukan oleh seluruh golongan manusia. (jawaban B)

A. Membutuhkan perian yang lama cak bagi mempelajarinya (Bukan cak semau kaitannya)

B. Ajarannya mudah dilakukan oleh seluruh golongan insan (bersifat universal)

C. Setiap khalayak berkuasa menyampaikan isi Al-Qur’an kepada khalayak tidak (tidak cak semau kaitannya)

D. Memperluas peluang insan cak bagi timbrung surga (tidak ada kaitannya)

E. Tidak ada syarat tertentu untuk melaksanakan tanzil Islam (bukan ada kaitannya)

Pembahasan

Islam yakni Agama yang sempurna yang berperangai universal. Artinya adalah agama Islam syariatnya tak invalid dengan urat kayu dan waktu dan ajarannya sesuai dengan semua golongan umat manusia.

Dahulu setiap nabi diutus membawa syariat hanya cak bagi segenerasi kaumnya, ataupun jika lain membawa syariat baru maka utusan tuhan tersebut hanya melanjutkan hukum dari rasul sebelumnya. Saja berbeda dengan utusan tuhan Muhammad Sholallahualaihi wassalam, beliau diutus Allah untuk semua golongan manusia pecah sejak diutus hingga akhir zaman jemah.

Dalil Al Quran yang menjelaskan bahwa agama Islam adalah agama mendunia contohnya n domestik Al quran surat As Saba ayat 28

Allah Subhanahu wa Ta’ala berbicara:

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا كَاۤفَّةً لِّلنَّاسِ بَشِيْرًا وَّنَذِيْرًا وَّلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ

“Dan Kami bukan mengutus dia (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi biasanya manusia tidak mencerna.”

QS. Saba ayat 28

Dalam ayat ini Almalik mengklarifikasi bilang point sebagai berikut:

  • Rasul Muhammad Solallahu alaihi wassalam yaitu penutup para nabi. seandainya nabi-nabi sebelumnya mengirimkan syariat semata-mata untuk kaumnya maka Nabi Muhammad membawa syariat Allah buat semua umat bani adam, tidak terbatas maka dari itu daerah, suku, keturunan, bahasa dan lainnya.
  • Rasul Muhammad Solallahu alaihi wassalam umpama pembawa wara-wara gembira, juga bagi semua orang. Kabar gembira tersebut berwujud kesenangan mayapada dan alam baka kerjakan setiap makhluk yang mau mengikuti petunjukNya.
  • Nabi Muhammad Solallahu alaihi wassalam juga sebagai pembawa kabar peringatan, artinya bagi orang-orang yang bukan kepingin mengikutinya maka Allah peringatkan bahwa akan ada musim pembalasan kelak (kiamat)
  • Terakhir, kebanyakan cucu adam tidak mengetahuinya maksudnya berita gembira dan pemberitaan peringatan tersebut banyak sosok nan lupa dan enggak mengetahui sungguh pentingnya.

Demikian, semoga membantu!

Pelajari Lebih lanjut

1. Materi tentang nabi penutup brainly.co.id/tugas/8747518

2. Materi adapun agama universal brainly.co.id/tugas/8244776

3. Materi tentang pemberi peringatan brainly.co.id/tugas/38162627

Detail Jawaban

Kelas bawah: 10

Mapel: Agana

Gapura: Rahmat Islam bagi Alam Seberinda

Kode: 10.9.1

Kata taktik: Islam agama universal

#AyoBelajar

Source: https://brainly.co.id/tugas/42617346#:~:text=Yang%20merupakan%20bukti%20ajaran%20Islam%20bersifat%20universal%20adalah%20ajarannya%20mudah,(jawaban%20B)&text=Islam%20adalah%20Agama%20yang%20sempurna,dengan%20semua%20golongan%20umat%20manusia.