Buku Pelajaran Sd Tahun 80an

MENGENANG KEMBALI Tutorial SD TAHUN 70 – 80an

Pagi-pagi… kukuruyuk-kukuruyuk….

Begitulah ayam aduan bahaduri berkokok.

Kepribadian lekas-lekas bangun.

Wati juga sudah ingat.

Iwan masih tidur.

Di dapur ibu sedang memasak.

Ibu menyiapkan sarapan.

Bapak menimba air di sumur.

Khuluk dan Wati lekas bersiram.

Setelah itu berpakaian.

Lalu makan pagi….

Masih ingatkah kita pelajaran SD dulu. Bagi ibu atau kiai yang mungkin usianya saat ini 35 tahun ke atas..apa lagi generasiku yang kelahiran 79 pasti tahu. Heheeee…

Daya sekolah itu sendiri terka-kira berjudul ‘mengenal budaya jakarta’. Paragraf di atas adalah cuplikan isi rahasia Bahasa Indonesia jaman SD tahun 80-an, masa ketika aku bersekolah. Aku tidak mempunyai bukunya, cuma sepertinya otakku masih hafal diluar pejabat.

Buku-buku SD jaman lalu supaya sekiranya dibaca masa ini pasti isinya bersejarah dan ketinggalan jaman, tapi lain berarti isinya tak bermutu. Persepsiku adapun tulisan nyawa sehari-perian di ki akal SD-ku jaman dulu akan halnya keluarga si Karakter, Wati dan Iwan, jelas-jelas memberikan cerminan sebuah kesibukan di pagi perian di intern sebuah keluarga yang harmonis dengan 3 orang anak. Keteter sekali konsepnya, tetapi bukankah memang tetapi konsep-konsep seperti itulah yang sepatutnya dikonsumsi oleh anak asuh-momongan kita yang baru segenerasi SD?

Kadang kala lain suka-suka kata-alas kata yang tidak layak cak bagi konsumsi anak-anak usia SD disitu. Kita sekali lagi terbiasa berterima kasih kepada Khuluk, Wati, Iwan dan keluarganya yang entah dimana kesanggupan mereka sekarang.

Dibawah ini ialah sebagian berbunga sampul sentral pelajaran tempo dulu sekitar tahun 70-80an. Waktu boncel saya cak acap banget baca persendian tersebut karena dirumah masih terbatas bahan bacaan, nan suka-suka hanya buku-rahasia pelajaran baik itu pinjem di SD atau buku tempat tembuni.

Bisa jadi suka-suka yang mau bernostalgia monggo tatap dan ingat-ingat…hehee, Salam sukses cerbak.

Source: http://www.gurusiana.id/read/khalidalrasyid/article/mengenang-kembali-pelajaran-sd-tahun-70-80an-182172