Buku Tutorial Bercocok Tanam Jagung Tot

JAKARTA, KOMPAS.com –
Metode budidaya jagung sebanrnya sangat beragam, salah satunya yakni pendirian mengetanahkan jagung minus olah tanah (TOT). Budidaya tanaman dengan sistem tanpa olah tanah merupakan pendirian penghijauan tanpa pengolahan lahan justru suntuk.

Artinya, benih atau bibit pohon bersama-sama ditanam pada terowongan tanaman. Biasanya, sistem TOT ini dilakukan pada fiil kiat tanaman di sawah.

Baca juga: Cara Menanam Jagung Hibrida

Tipe tanaman yang dapat dibudidayakan dengan cara ini cukup beragam, salah satunya jagung. Keunggulan budidaya jagung dengan pendirian ini antara bukan;

  • Meringkas waktu budi resep.
  • Mengurangi biaya fungsionaris.
  • Menghindari kerusakan dan erosi petak.

Sayangnya, cara menanam milu seperti ini sekali lagi memiliki kekurangan, seperti mana;

  • Berisiko terjadi ledekan gulma yang bisa menggangu pertumbuhan tanaman.
  • Kemungkinan masih ada wereng yang berkembang di atas maupun di bawah tanah.

Mengabarkan dari
Cybext Kementerian Perladangan Indonesia, Sabtu (27/8/2022), berikut prinsip menanam milu di sawah tanpa olah kapling.

Baca juga: Simak, Cara Menguburkan Jagung Manis moga Berbuah Osean di Tanah Gambut

Ilustrasi tanaman jagung.
pixabay.com/jurajko
Ilustrasi pohon milu.

1. Menyiapkan mulsa jerami

Meskipun tak ada perebusan lahan, namun kebersihan area budi daya signifikan untuk dijaga. Makara, langkah awal nan harus dilakukan yaitu membeningkan petak budi ki akal pecah seresah atau residu tumbuhan ataupun gulma nan tumbuh di panggung tersebut.

Pasca- lahan bersih, Dia dapat meletuskan mulsa dari jerami lega area nan akan digunakan kerjakan mengetanahkan milu. Pemulsaan ini berguna untuk menjaga agar gulma bukan mudah tumbuh di provinsi tersebut.

Selain itu, meledakkan mulsa jerami sekali lagi bisa mendukung menjaga kondisi lahan agar tetap sesuai dengan syarat bertunas jagung.

2. Membuat terusan drainase

Terusan drainase diperlukan bakal menjaga pengairan di lahan kepribadian daya terjaga dengan baik. Saluran drainase biasnaya dibuat di antara bedengan.

3. Pemberian rabuk dasar dan pengapuran

Langkah khuluk daya jagung sistem TOT berikutnya yaitu perabukan dan pengapuran. Spesies pupuk yang digunakan yaitu serat organik.

Kawul diaplikasikan dengan cara larikan alias ditaburkan. Dosis aplikasinya sekitar 1,5-2 ton sendirisendiri hektare.

Baca juga: Teknik Perabukan Tumbuhan Milu Manis yang Baik dan Bermoral

Selain pemupukan asal, ada juga pengapuran. Rahmat kapur lazimnya dilakukan sreg petak dengan dengan tingkat keasaman tinggi. Dosis pengapuran sekitar 300-400 kg per hektare.

4. Menyiapkan sperma

Mani yang digunakan yaitu benih berjaya dengan tingkat pertumbuhan lebih bermula 95%. Sebelum ditanam, sperma direndam terlebih lewat dalam insektsida. Tujuannya untuk mencegah penularan komplikasi tular benih.

5. Mengatur jarak tanam

Jarak tanaman jagung internal satu jagung umumnya 20 cm dan jarak antar baris sekitar 70-75 cm. Rahmat jarak tanam berguna buat mempermudah penjagaan dan menjaga agar pertumbuhan tanaman teguh optimal.

Baca juga: Prinsip Budidaya Jagung di Polybag, Solusi bikin Persil Terbatas

ilustrasi menanam benih jagung manis
RODNAE Productions
ilustrasi menanam benih jagung manis

6. Penamanam

Mandu menanam jagung sonder olah tanah merupakan dengan meletakan benih pada lubang tanam. Dalam satu liang tanam bisa diisi dua jauhar.

Kemudian, tutup gorong-gorong tanam dengan tanah cuma tak perlu dipadatkan. Di medan tidak, siapkan juga persemaian sperma yang nantinya akan digunakan untuk mengerawang tanaman apabila suka-suka benih yang bukan tumbuh alias pohon milu yang rusak.

5. Pemupukan susulan

Pemupukan pelengkap biasnaya dilakukan 2-3 kali intern satu perian tanam ataupun tergantung dengan kondisi lahan dan varietas yang ditanam. Milu hibrida biasanya membutuhkan pemupukan lebih banyak dibandingkan jagung normal.

Variasi cendawan nan digunakan ialah pupuk dengan kandungan nitrogen (N), fosfor (P), dan potasium (K). Unsur N bisa diperoleh mulai sejak Urea, P boleh didapatkan dari SP36, dan K berbunga baja KCl.

Pemupukan susulan yang dilakukan dua kali yaitu saat tanaman berumur 10 hari setelah tanam (HST) dan 35 HST. Sedangkan bagi perabukan dengan frekuensi tiga kelihatannya, dapat dilakukan plong detik tanaman berusia 7-10 HST, 28-30 HST, dan 40-45 HST.

Baca juga: Panduan Tepat Mengaplikasikan Pupuk bikin Jagung agar Buahnya Samudra

Zea mays, nama ilmiah tanaman jagung
freepik
Zea mays, nama ilmiah tanaman jagung

6. Pengairan

Pengairan dapat dilakukan dengan cara mengairi terusan nan suka-suka seputar bedengan. Air di saluran tersebut nantinya akan meresap ke tanag dan membuat bedengan menjadi lembap.

7. Pemanenan

Milu bisa dipanen saat berumur 100 HST atau tersampir dari macam yang ditanam. Jagung nan siap penuaian biasanya menunjukan ciri awak seperti daun klobot mulai mengering dan berwarna kekuningan.

Cara penen jagung ialah dengan balung buahnya kemudian dikeringkan untuk mencegah penularan jamur yang dapat merusak kualitas jagung.

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Ayo bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Dia harus install petisi Benang besi apalagi habis di ponsel.

Source: https://agri.kompas.com/read/2022/08/27/174754684/cara-menanam-jagung-tanpa-olah-tanah-bisa-hemat-biaya-produksi?page=all