Cabang Ilmu Biologi Yang Mempelajari Tentang Pengelompokan Makhluk Hidup Adalah

KOMPAS.com
– Biologi memiliki banyak sekali cabang ilmu. Simak kamil soal UAS mengenai cabang-simpang ilmu biologi dan pembahasannya!

1. Sebutkan contoh dari cabang biologi ikhlas, silang biologi terapan, dan cabang biologi perkembangan!

Jawaban:

Simpang ilmu ilmu hayat murni yaitu morfologi, anatomi, sitologi, fisiologi, ekologi, embriologi, genetika, evolusi, taksonomi, paleontologi, dan patologi.

Cagak ilmu biologi terapan merupakan holtikultura, farmakognosi, kehutanan, serikultur, piskikultur, dan peternakan.

Adapun cabang hobatan biologi perkembangan yaitu bioteknologi, bioinformatika, dan rekayasa genetika.

Baca juga: Cabang-cabang Aji-aji Biologi

2. Berikut silang ilmu biologi yang harus dipelajari jika ingin menjadi seorang dukun, kecuali…

a. Fisiologi
b. Genetika
c. Embriologi
d. Anatomi
e. Astrobiologi

Jawaban: E

Dilansir dari
Live Science, fisiologi mempelajari proses biologis bagaimana makhluk hidup berkarya. Kemudian genetika mempelajari pewarisan resan bersendikan gen.

Padahal embriologi memperlajari pertumbuhan dan perkembangan janin. Anatomi mempelajari fragmen tubuh sosok spirit.

Berikutnya, astrobiologi mempelajari evolusi kehidupan sejagat, sehingga tidak teristiadat dipelajari untuk menjadi seorang dokter.

3. Cabang ilmu ilmu hayat nan mempelajari tentang pengklasifikasian ataupun klasifikasi makhluk hidup adalah…

Jawaban: Taksonomi

Dilansir dari
California Academy of Science, taksonomi adalah silang biologi yang mempelajari deskripsi, pencadangan, dan klasifikasi individu atma. Taksonomi mengklasifikasikan makhluk hidup sebaiknya dapat mempelajari keragaman dengan lebih mudah.

4. Simpang ilmu biologi yang mempelajari tentang bentuk asing makhluk hidup seperti ukuran, gambar, dan struktur yakni…

Baca pula: Kemujaraban Mempelajari Ilmu hayat

Jawaban: Morfologi

Ilmu bentuk kata adalah cabang hobatan biologi yang mempelajari bentuk biologis cucu adam jiwa seperti tulangtulangan batang, akar susu, dan daun sreg tumuhan.

5. Eskalasi produksi alas dilakukan dengan cara hibridasi bakal menciptakan esensi yang varietasnya unggul dan makin tahan penyakit. Cabang ilmu biologi yang digunakan internal pembuatan bibit unggul tersebut adalah…

Jawaban: Genetika

Hibridasi kerumahtanggaan genetika adalah perkawinan silang antara tumbuhan yang mempunyai gen bagus. Ekstrak unggul yang dihasilkan adalah hasil kawin gen unggul bersumber kedua induknya.

Dapatkan update
berita seleksian
dan
breaking news
setiap waktu bermula Kompas.com. Mari bergabung di Grup Benang kuningan “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://tepi langit.berpenyakitan/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Kabel lebih lagi dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/205137769/soal-uas-biologi-cabang-cabang-ilmu-biologi?page=all#:~:text=Dilansir%20dari%20California%20Academy%20of,mempelajari%20keragaman%20dengan%20lebih%20mudah.