Cara Memasang Fan Pada Motherboard

Disini prosesor yang saya gunakan adalah Intel Pentium Dual Core 2,7Ghz dengan HSF (Heatsink and fan) kriteria intel. Prosesor ini masih memperalat soket 775 nan merupakan soket nan sudah lama rilis namun sampai kini masih banyak nan menggunakannya. Soket 775 ini takdirnya bisa saya beberapa seperti windows xp, biarpun produk lama namun banyak penggemarnya.

www.kupaskomputer.com
Prosesor dan HSF

2. Mencocokkan segitiga. Pastikan segitiga plong prosesor itu dipasangkan juga pada motherboard tepat di segitiga mainboard pun. Tetapi sreg dasarnya, kita boleh tatap lembaga prosesor dan soket tersebut, dan pemasangannya tinggal sesuaikan bentuknya, karena terserah arah yang berlainan, dan kurang probabilitas kecil akan kesalahan pemasangan prosesor di soketnya. Oh ya, saya semata-mata mengingatkan, suku pin pada soket sangat rentan bengkok bahkan bisa juga patah, dan harus lebih berhati-hati intern memasangkan prosesor, jangan sampai pin pada soket sampai bengkok bahkan sampai patah karena kesalahan kerdil yang kita lakukan.

Pemasangan Prosesor Intel ke Mainboard LGA 775
Pemasangan prosesor ke mainboard

3. Setelah pemasangan prosesor, masa ini tinggal piting prosesornya di soket dengan cara menyorong kekanan metal intiha kemudian menekannya kebawah sampai besi tersebut mengait di samping soket. Langkah selanjutnya merupakan memasang tapal. Sekiranya saya tersendiri prosesor intel, pemasangan pasta lain harus meratakan ke seluruh permukaan prosesor. Ini dikarenakan HSF intel sendiri permukaannya bundar bukan kotak sama dengan amd. Pengisian tapal cukup meneteskannya sedikit saja gak perlu banyak, terbatas lebih seperti digambar.

Penguncian dan pemasangan pasta prosesor
Penguncian dan pemasangan tapal prosesor

Note :

Bila memasangkan prosesor bau kencur beserta HSFnya, pasta tidak perlu lagi dipasang karena sudah ada di HSFnya.

4. Masa ini habis mengijabkan HSF (heatsink fan) ke motherboard LGA 775. Sebelum memasang  HSF prosesor, saya sarankan untuk mengatak lebih lagi dahulu empat pengunci HSF prosesor sesuai dengan gambar dibawah ini. Situasi ini dilakukan kerjakan memudahkan kita menguncinya.

Mengatur pengunci HSF Prosesor Intel
Mengatak penghabisan HSF

5. Langkah seterusnya merupakan mengegolkan semua ujung pengunci HSF ke terowongan-terowongan di motherboard. Kemudian dorong semua pengunci tersebut agar masuk ke lubang. Kian jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Memasukkan pengunci HSF prosesor intel ke mainboard
Memasukkan penutup ke liang mainboard

6. Apabila semua telah turut dengan baik sekarang lewat menguncinya ke motherboard dengan menekan penghabisan kebawah sampai berbunyi krik. Lakukan peristiwa nan sebabat puas tiga intiha HSF.

Mengunci HSF Intel ke mainboard dengan cara menekan
Mengapit HSF ke mainboard

7. Sesuatu nan sering dilupakan, ya, kabel power kipas prosesor. Pasangkan benang kuningan power ini di area yang paling terdekat. Umumnya letak dari colokan power ini di jihat soket ram. Lakukan lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini

Memasang kabel power kipas prosesor intel
Memasang kabel power kipas prosesor

Refrensi :http://www.kupaskomputer.com/2015/03/prinsip-meledakkan-prosesor-intel-dengan.html

Source: http://blog.unnes.ac.id/sutrisno/2017/02/21/langkah-pemasangan-prosesor-intel-berikut-hsfnya/