Cara Membuat Abon Tongkol Sederhana

Keyword : resep abon ikan tongkol

Inilah Buku Abon Ikan Tongkol yang Harus Dia Coba Masak di Rumah

Bagaimana cara memantek resep abon ikan tongkol? Anda mungkin salah satu nan adv amat penasaran buat memasaknya. Biasanya, abon dibuat berbunga bahan daging sapi maupun daging ayam.

Abon seperti itu sudah awam di tengah masyarakat, lebih-lebih tidak sedikit yang menjualnya. Sekadar masa ini, ada abon yang terbuat dari daging iwak tongkol.

Sangat menarik, bukan? Ikan tongkol yang biasanya dimasak dengan prinsip digoreng, dipepes, atau dicampur bumbu tertentu. Ternyata, ikan tongkol pula bisa dimasak abon.

Daging lauk tongkol yang cukup baplang memang cocok kerjakan dibuat abon. Rasa ikan tongkol yang mak-nyus setelah digoreng karuan saja masih terasa, meskipun mutakadim dimasak dengan bumbu abon yang mengkombinasikan beragam rempah spesial Indonesia.

Anda yang telah penasaran dengan cara memasak resep abon ikan tongkol nan direkomendasikan, silahkan membaca uraian berikut.

Bahan-bahan

  1. 500 gram ikan tongkol sehat
  2. 1 batang serai digeprek diambil bagian putihnya
  3. 2 lembar daun jeruk
  4. 2 lawai daun salam
  5. ½ sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula pasir
  7. 2 spatula bersantap sakarosa Jawa
  8. Kaldu serbuk secukupnya
  9. Air matang secukupnya
  10. Minyak manis secukupnya

Bumbu nan dihaluskan

  1. 8 gading bawang ahmar
  2. 5 siung bawang kudus
  3. 3 cm kunyit
  4. 2 cm jerangau
  5. 2 cm gadamala
  6. 1 biji zakar cabai merah besar
  7. 4 biji zakar cengek alias sesuai selera
  8. 1 spatula teh ketumbar
  9. ½ sendok teh embalau

Cara memasak abon ikan tongkol

Setelah semua bahan dan bumbu di atas siap, Anda bisa segera mempraktikkan mandu memantek resep abon ikan tongkol berikut.

  1. Marilah ambil iwak tongkol dan bersihkan di sumber akar air mengalir. Lewat, runjam iwak tongkol dan lempar adegan pemimpin, insang, serta semua tulangnya baik yang besar alias duri-duri kecilnya. Anda hanya butuh daging ikan tongkolnya belaka.
  2. Lebih lanjut, haluskan bumbu yang sudah disiapkan. Setelah itu, siapkan bajan penggorengan, beri minyak goreng secukupnya, dan nyalakan ketuhar.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum. Suntuk, masukkan daun salam, daun jeruk, dan batang serai. Aduk terus merata.
  4. Setelah itu, masukkan suwiran daging ikan tongkol, garam, gula putih, gula Jawa, dan air matang secukupnya. Aduk terus hingga merata. Menguning dengan jago merah kecil saja.
  5. Coba cicipi adv minim masakannya lakukan memastikan rasanya. Jika masih belum pas, tambahkan kaldu bubuk secukupnya. Aduk lagi merata.
  6. Masak terus hingga air menyusut dan mengering. Lebih baik Dia memakai wajan bajan berlapis teflon hendaknya daging ikan tongkol dan bumbu tidak lengket di wajan.
  7. Setelah sangar, matikan keran dan abon ikan tongkol mutakadim masak.
  8. Sambil menunggu abon agak hambar, siapkan piring hidangan bakal plating. Cabut abon ikan tongkol dan letakkan di atas piring suguhan siap dicicipi. Jika masih terserah ampas abon lauk tongkol, simpan di wadah/toples kedap gegana.

Itulah resep abon ikan tongkol nan semoga berguna. Anda bisa menjadikannya lauk, topping bubur, isian arem-arem alias lemper, dan tak sebagainya. Selamat mencoba.

Source: https://www.topwisata.info/2021/08/inilah-resep-abon-ikan-tongkol-yang-harus-anda-coba-masak-di-rumah.html