Cara Membuat Cairan Non Newtonian

Ia bisa, bahkan sekiranya Dia bepergian di selama jalan atau apartemen. Tidak peduli mode apa yang bekerja pada air, mentega maupun susu, mereka akan konsisten mempertahankan keadaan cairnya, apakah itu mengaduk, meneteskan, atau dampak bodi lainnya.

Hal lain merupakan hancuran non-Newtonian. Keunikan mereka terletak pada kenyataan bahwa sifat fluidanya berfluktuasi tergantung sreg kecepatan arusnya. Larutan non-Newtonian mudah dibuat dengan mencampurkan air dengan serbuk kentang/milu yang boleh dimakan.

Sumur:

  • cara menciptakan menjadikan cairan non newtonian

Cairan biasa menyebar, meluap, dan mudah ditembus. Tapi ada zat yang bisa mencuar bahkan menopang rumpil badan seseorang. Mereka disebut cair non-Newtonian.

Ada mimikri yang viskositasnya bervariasi dan terjemur pada lampias regangan. Banyak suspensi telah dikembangkan dengan sifat yang bertentangan dengan hukum hidrolika. Penggunaannya telah menular di bidang kimia, pemrosesan, minyak, dan cabang pabrik bertamadun lainnya.

Ini termasuk lumpur limbah, pasta gigi, sabun colek cairan, cairan pengeboran, dll. Biasanya fusi ini heterogen. Mereka mengandung atom raksasa yang kaya menciptakan menjadikan struktur spasial yang kompleks. Pengecualian adalah yang dibuat berdasarkan kentang atau bubuk milu.

Membentuk enceran non-Newtonian di rumah

Air diperlukan bikin membuat emulsi. Biasanya bahan-bahannya digunakan dalam total yang sekelas, tetapi terkadang perbandingannya adalah 1:3 bikin air. Setelah pencampuran, diperoleh hancuran yang konsistensinya menyerupai jeli dan mempunyai karakteristik yang mengganjur.

Jika Engkau mengegolkan benda secara perlahan ke dalam medan yang ampuh emulsi, akhirnya akan setimpal seperti mengairi benda tersebut dalam cat. Dengan mengayunkan dengan baik dan memukul fusi dengan ketupat bangkahulu tangan, seseorang bisa mencatat transisi adat-sifatnya. Tangan akan mengenyal seolah-olah tentang benda padat.

Mimikri yang dituangkan dari tempat yang adv amat tinggi, bersentuhan dengan permukaan, terakumulasi dalam gumpalan. Pada awal jet, itu akan mengalir seperti enceran biasa. Eksperimen bukan adalah dengan perlahan memasukkan tangan Kamu ke dalam komposisi dan mengumalkan jemari Anda dengan ekstrem. Sepuhan padat terjaga di antara mereka.

Anda dapat mengedrop sikat ke pergelangan tangan di suspensi dan menyedang menariknya dengan drastis. Terserah kebolehjadian lautan kancah emulsi akan naik dengan tangan Anda.

Menggunakan Karakteristik Fluida Non-Newtonian untuk Membuat Slime

Yang pertama dibuat pada tahun 1976. Ini mendapatkan popularitas luar seremonial karena sifatnya yang tidak biasa. Slime bersifat luwes, cairan dan memiliki kemampuan buat terus berubah. Kualitas sebagai halnya itu membentuk permintaan mainan sangat lautan di landasan orang dewasa juga.

Pasir hisap – larutan gurun non-Newtonian

Mereka punya sifat benda padat dan larutan n domestik semalam karena konfigurasi butiran kersik halus nan tidak biasa. Aliran air di bawah ramal hisap mencambuk lapisan butir pasir nan lepas sampai komposit sendiri musafir yang sudah mengembara ke dasar meruntuhkan struktur.

Batu halus didistribusikan lagi dan menginjak meruntun orang tersebut. Upaya lakukan keluar koteng menyebabkan penjernihan mega, dengan kekuatan raksasa menarik tungkai ke belakang. Khasiat yang dibutuhkan untuk melepaskan anggota badan privat hal ini setinggi dengan berat mesin.

Massa jenis pasir hisap lebih besar dari massa varietas air lahan. Tapi Kamu tidak bisa berenang di dalamnya. Karena eskalasi kelembaban, butiran pasir membentuk zat kental.

Setiap upaya untuk bergerak menyebabkan reaksi yang lestari. Massa pasir yang berputar dengan kecepatan sedikit tidak sempat mengisi rongga nan terdidik di pinggul benda yang digeser. Ini menciptakan ruang hampa. Menanggapi operasi menginjak-tiba, penundaan mengeras. Propaganda di pasir hisap hanya boleh jadi jika dilakukan dengan dahulu lancar dan lambat.

Zat alir Newtonian yakni fluida apa kembali yang memiliki viskositas konstan, lain tergantung pada tekanan eksternal yang diberikan padanya. Keseleo satu contohnya yakni air. Untuk cairan non-Newtonian, viskositas akan berubah dan secara langsung tergantung lega kecepatan propaganda.

Segala apa itu fluida Newtonian?

Contoh cairan Newtonian merupakan bubur, suspensi, gel dan koloid. Fitur utama dari zat tersebut merupakan bahwa viskositasnya adalah konstan dan tidak berubah sehubungan dengan laju regangan.

Laju regangan ialah tegangan relatif nan dialami fluida detik bergerak. Kebanyakan enceran adalah kemiripan Newtonian dan Bernoulli bikin arus laminar dan turbulen berlaku cak bagi mereka.

Laju regangan

Cairan yang reaktif terhadap geser makin cair. Laju geser atau celah antara zat dan dinding bejana, bak satu peraturan, bukan sesak mempengaruhi indeks ini dan dapat diabaikan. Nilai laju regangan diketahui kerjakan semua bahan dan merupakan nilai tabular.

Namun, internal beberapa kasus, itu mungkin berubah. Misalnya, jikalau cairan yaitu emulsi yang diterapkan pada film fotografi, maka ketidaksempurnaan kerdil juga dapat menyebabkan noda dan produk akhir tidak akan punya kualitas yang diinginkan.

Majemuk cairan dan viskositasnya

Intern cairan Newtonian, viskositas tak tergantung pada laju geser. Namun, untuk sejumlah mulai sejak mereka, viskositas bermacam ragam dengan waktu. Ini dimanifestasikan oleh perubahan tekanan dalam tangki atau hokah. Hancuran seperti itu disebut dilatant alias thixotropic.

Kerjakan cairan laten, tekanan listrik geser selalu meningkat, karena viskositas dan kenaikan laju makzul saling terkait. Untuk cairan thixotropic, parameter ini dapat berubah secara acak. Laju regangan tidak boleh meningkat dengan cepat dengan penerjunan viskositas. Maka dari itu karena itu, kelancaran gerak partikel materi boleh bertambah, menyusut atau tetap separas. Itu semua terampai pada jenis cair. Saja, lancar regangan cenderung menurun. Ini penting bahwa

Untuk sebagian besar cairan (air, fusi organik dengan berat molekul tekor, cair tahir, metal hancuran dan garamnya), koefisien viskositas hanya bergantung sreg sifat cairan dan temperatur. Cair sebagai halnya itu disebut
Newtonian
dan gaya gesekan internal nan timbul di dalamnya mematuhi hukum Newton (rumus 11).

Untuk bilang larutan, sebagian osean bermolekul hierarki (misalnya, cairan polimer) ataupun mewakili sistem dispersi (penghentian penangguhan dan mimikri),


juga tersangkut pada pemerintahan sirkulasi –
tekanan
dan
gradien kederasan. Dengan peningkatannya, viskositas cairan berkurang karena pelanggaran struktur privat aliran cair. Viskositasnya dicirikan oleh segala apa yang disebut koefisien viskositas bersyarat, nan mengacu puas kondisi sirkulasi fluida tertentu (tekanan, kecepatan). Cairan seperti itu disebut
secara struktural kental
atau
non-Newtonian.

1.4. Revolusi zalir kental. rumus Poiseuille.

Terkebat kerumahtanggaan eksplorasi sirkulasi talenta, dokter dan fisikawan Prancis Poiseuille membutuhkan deskripsi kuantitatif adapun proses arus cairan kental secara umum. Sempurna yang dibuatnya untuk kasus ini signifikan kerjakan mengarifi esensi fenomena hemodinamik dan deskripsi kuantitatifnya.

Poiseuille menetapkan bahwa viskositas larutan dapat ditentukan dari debit cairan yang mengalir melewati tabung kapiler. Metode ini hanya berlaku bakal kasus aliran zat alir laminar.

Biarkan di ujung pipa kapiler vertikal dengan panjang
aku
dan spektrum
R
menciptakan perbedaan impitan kukuh . Yuk kita memilah-milah kolom cairan di internal kapiler dengan celah
r
dan tangga
h. Gaya sentuhan privat berkarya pada parasan samping kolom ini:

Beras. 6 Skema bagi menurunkan rumus Poiseuille.

Jika sebuah
R
1

dan
R
2
– tekanan pada bagian atas dan bawah, tiap-tiap, maka tren tekanan pada bagian ini akan setimbang:

F
1

=

p
1



r
2

dan




F
2

=

p
2



r
2

.

Gaya gravitasi adalah
F
susah
=

mgh
=



r
2

gl.

Dengan sirkuit zat alir nan tetap, menurut hukum kedua Newton:

F
tr
+

F
tekanan
+

F
jarang
=0,

Mengingat bahwa
(R
1

-R
2

)
=

R,
dv


setimbang dengan:

Kami mengintegrasikan:

Kami menemukan konstanta integrasi dari kondisi bahwa di
r
=

R
kecepatan
v
=0
(lapisan yang rapat bersama-sama dengan cangklong lain bisa dipindahkan):

Kepantasan partikel fluida tersidai sreg jarak dari sumbu adalah:

Volume cairan yang bergerak melalui bagian tertentu berpokok tabung dalam ruang antara latar bumbung dengan ganggang
r
dan


r
+

dr
selama


horizon, ditentukan oleh rumus
dV
=2



rdrvt
maupun:

Piutang jumlah cairan yang mengalir melalui penampang kapiler dalam masa t:

(19)

Kerumahtanggaan kasus ketika kita melenyapkan mode gravitasi cairan (kapiler horizontal), volume enceran nan mengalir melangkaui penampang kapiler dinyatakan makanya rumus Poiseuille:

(20)

Rumus 20 boleh diubah: kita membagi kedua putaran ekspresi ini dengan musim kedaluwarsa tepi langit. Di sisi kiri, kami memperoleh lancar distribusi volumetrik cair


Q

(volume enceran nan bergerak melalui episode per satuan waktu). nilai
8



aku
/ 8



R
4

dilambangkan dengan
X..
Kemudian rumus 20 mengambil bentuk:

(21)

N domestik catatan seperti itu, rumus Poiseuille (juga disebut persamaan Hagen-Poiseuille) mirip dengan hukum Ohm lakukan bagian dari rangkaian setrum.

Sebuah simile dapat ditarik antara syariat hidrodinamika dan hukum aliran arus setrum melampaui arus listrik. Laju diseminasi volumetrik cairan
Q
ialah analog hidrodinamik terbit kekuatan arus listrik
SAYA.
Analog hidrodinamik dari selisih potensial


1





2 adalah perbedaan tekanan
R
1

– R
2
. Hukum Ohm
saya =(


1





2

)/R
memiliki rumus 20 bagaikan analog hidrodinamiknya
X
menggantikan

resistensi hidrolik
– analog dari hambatan listrik
R.

Tatap juga:
Portal:Fisika

Fluida Newtonian(dinamai menurut Isaac Newton) yakni zat alir kental, nan mematuhi hukum sentuhan viskos Newton dalam alirannya, yaitu, tegangan tangensial dan gradien kelancaran dalam zalir semacam itu bergantung secara linier. Faktor proporsionalitas antara total ini dikenal sebagai viskositas.

Definisi

Persamaan terlambat yang menggambarkan kecenderungan viskos n domestik fluida Newtonian, yang habis menentukan perilakunya, didasarkan pada aliran makzul:

\tau=\mu\frac(\sebagian-sebagian u)(\fragmentaris y)

,

  • \tau

    – voltase turun takhta yang disebabkan oleh cair, Pa;

  • \mu

    – koefisien viskositas dinamis – koefisien proporsionalitas, Pa s;

  • \frac(\parsial u)(\parsial y)

    ialah turunan berusul kecepatan privat arah tegak harfiah terhadap sebelah geser, s 1 .

Persamaan ini umumnya digunakan ketika cairan bergerak dalam suatu sisi, detik vektor kelancaran diseminasi dapat dianggap co-directional (paralel) di semua titik volume cair yang dipertimbangkan.

Terbit definisi tersebut, khususnya, boleh disimpulkan bahwa zalir Newtonian terus bersirkulasi meskipun kecenderungan-gaya asing sangat kerdil, sejauh kecondongan-mode tersebut tidak benar-bermartabat zero. Kerjakan fluida Newtonian, viskositas, menurut definisi, hanya mengelepai pada suhu dan tekanan (dan juga sreg komposisi ilmu pisah jikalau fluida tidak murni), dan bukan bergantung sreg kecenderungan yang bekerja padanya. Fluida Newtonian yang khas adalah air.

  • \tau_(ij)

    – tegangan lengser sreg

    saya

    tampang elemen fluida di

    j

    arah -th;

  • u_i

    – kecepatan masuk

    saya

    arah -th;

  • x_j

    j

    -koordinat sebelah

Jika zat alir tidak mematuhi rangkaian ini (viskositas bervariasi dengan lancar aliran zalir), maka itu disebut zat alir non-Newtonian sebaliknya: larutan polimer, sejumlah penundaan padat, dan sebagian ki akbar fluida yang sangat kental.

Tulis ulasan adapun artikel “Larutan Newtonian”

Coretan

Tatap pula

Kutipan yang mencirikan fluida Newtonian

Miloradovich tahu-tahu membalikkan kudanya dan berdiri agak di bokong penguasa. Orang-orang Absheronian, bersemangat dengan kesediaan penguasa, dengan gagah berani, dengan cepat memukuli tungkai mereka, melewati para kaisar dan pengiringnya.

– P versus-teman! – Miloradovich berteriak dengan suara minor keras, percaya diri dan ceria, nada-nadanya lampau bersemangat dengan suara miring tembakan, harapan pertempuran dan pemandangan rekan-rekan Apsheron yang baik, masih rekan Suvorov mereka, dengan cepat melampaui kaisar, bahwa dia lupa tentang keberadaan penguasa. – Guys, Dia tak mengambil desa pertama! dia berteriak.

– Senang mencoba! para prajurit berteriak.

Kuda penguasa menghindar dari ratapan yang tak terduga. Kuda ini, yang sudah membawa penguasa pada tinjauan di Rusia, di sini, di Tanah lapang Austerlitz, membawa penunggangnya, menahan pukulannya nan tersebar dengan suku kirinya, memperingatkan telinganya akan suara miring tembakan, seperti nan kamu lakukan di Field of Mars, tidak memahami kemustajaban dari setiap tembakan nan terdengar ini, baik mileu aswa hitam Yamtuan Franz, maupun semua yang dikatakan, dipikirkan, dirasakan oleh orang yang mengendarainya hari itu.

Penguasa berpalis ke pelecok suatu rombongannya sambil mesem, menunjuk ke sesama Absheron, dan mengatakan sesuatu kepadanya.

Kutuzov, ditemani oleh ajudannya, melaju dengan kecepatan di belakang carabinieri.

Setelah mengerjakan perjalanan secebir ayat di ujung rubrik, ia mengetem di sebuah apartemen kosong nan ditinggalkan (mungkin bekas kedai minuman) di karib persimpangan dua jalan. Kedua jalan menuruni ancala, dan bala berjejer di sepanjang keduanya.

Kabut menginjak menyerak, dan minus batas waktu, pada jarak dua tingkat, pasukan n antipoda sudah tampak di bukit yang berlawanan. Di sebelah kiri bawah, suara letusan senjata api menjadi makin terdengar. Kutuzov cak jongkok mengomong dengan jenderal Austria. Pangeran Andrei, berdiri agak di belakang, mengintip mereka dan, mau meminta ajudan lakukan teleskop, menoleh kepadanya.

“Tatap, lihat,” pembukaan pengapit ini, lain mengawasi ke arah pasukan yang jauh, tetapi menuruni bukit di depannya. – Mereka turunan Prancis!

Dua jenderal dan ajudan start mengambil pipa, menariknya keluar satu dari yang lain. Semua wajah seketika berubah, dan kengerian diekspresikan pada semua orang. Anak adam Prancis seharusnya gemuk dua mil jauhnya bermula kami, sahaja mereka muncul tiba-tiba, tanpa diduga di depan kami.

– Apakah ini musuh? … Lain! … Ya, lihat, dia … boleh jadi … Apa ini? suara-kritik terdengar.

Aji Andrey dengan alat penglihatan tertinggal melihat bala padat Prancis panjat ke kanan membidik Apsheronians, enggak makin bersumber lima ratus langkah bersumber palagan Kutuzov agak kelam.

“Ini anda, ketika nan menentukan telah tiba! Itu datang kepada saya, ”pikir Pangeran Andrei, dan menubruk kudanya, luncur ke Kutuzov. “Kita harus menghentikan Apsheronian,” teriaknya, “Yang Mulia!” Tetapi pron bila yang sama, semuanya tertutup asap, tembakan jarak karib terdengar, dan suara keluarbiasaan nan naif, dua langkah pecah Raja Andrei, berteriak: “Yah, saudara-saudara, perian Sabat!” Dan seolah-olah suara ini yaitu sebuah perintah. Mendengar suara ini, semuanya bergegas kerjakan berlari.

Kerumunan campuran nan terus meningkat culik diri kembali ke ajang di mana lima menit yang habis pasukan melewati para kaisar. Tidak semata-mata sulit bikin menghentikan kerumunan ini, cuma tidak barangkali buat enggak mundur bersama dengan kerumunan.

PERTANYAAN:
Apa yang dimaksud dengan fluida non-Newtonian? Bagaimana cara membuatnya di rumah?

MENJAWAB:
fluida non-newtonian
disebut fluida yang mengubah viskositasnya tergantung pada gradien kederasan. Ini terdiri mulai sejak molekul segara yang menciptakan menjadikan struktur spasial kompleks nan tidak homogen. Artinya semakin cepat Anda menekan (
menerapkan keefektifan eksternal) di atas permukaan zalir non-Newtonian, semakin besar viskositasnya.

Takdirnya Anda perlahan-lahan mencelupkan jari-jemari Anda ke n domestik cairan non-Newtonian, enceran itu akan tetap cair seperti air biasa, sonder menimbulkan rintangan bagi tangan Anda. Tetapi seandainya Anda mencoba bagi gaplok latar cair non-Newtonian dengan sekuat tenaga, maka Kamu setidaknya akan tersingahak, karena permukaannya akan langsung berubah menjadi massa elastis yang lain akan merelakan tangan Sira tergenang di dalamnya!

Cara membuatnya di rumah

Resepnya cukup primitif dan murah: pergi ke toko dan beli abuk biasa, apa saja bisa – kentang ataupun jagung. Kemudian campurkan dengan air dengan proporsi 2:1. Itu dia, cairan non-Newtonian sudah siap! Sekarang Anda dapat bereksperimen di rumah.

Tampaknya anak-anak modern tidak lagi terkejut dengan segala lagi. Gadget bermodel, mainan dengan banyak fungsi berbeda dari yang dimiliki orang bertongkat sendok di musim kecil, seperti mana perahu modern dari sampan papan.

Namun baru-baru ini, manusia tua semakin memperhatikan apa yang diberikan permainan ini maupun itu n domestik hal pengembangan. Bilang berpunca mereka memungkinkan Beliau bakal mengarungi dunia, meluaskan anak asuh-anak secara mental dan fisik.

Dan jika, selain itu, permainan semacam itu dapat dibuat secara mandiri dengan partisipasi sendiri anak, maka ini merupakan nilai tambah yang osean. Di Internet, Beliau dapat menemukan banyak mainan sama dengan itu. Keseleo satu nan minimal tertinggal dan paling menggandeng yakni apa nan disebut zalir non-Newtonian. Jadi bagaimana cara takhlik cairan non-Newtonian di rumah dan apa nan dibutuhkan bagi ini?

Apa nan dimaksud dengan fluida non-newtonian?

Sebelum beralih ke jawaban untuk pertanyaan: “Bagaimana cara mewujudkan cairan non-Newtonian di kondominium dengan tangan Anda sendiri?” – Tidak akan jebah untuk memahami apa itu dan bagaimana pendirian kerjanya.

Cairan non-Newtonian adalah sebangsa zat nan berperilaku berlainan sreg kederasan aksi mekanis yang berbeda di atasnya. Kalau kecepatan pengaruh eksternal padanya kecil, maka itu menunjukkan tanda-tanda cairan biasa. Dan jika ditindaklanjuti pada kecepatan yang lebih tinggi, maka fiturnya mirip dengan benda padat.

Keuntungan berpunca permainan yang menghibur tersebut antara lain:

  • Kemungkinan dan kemudahan produksi koteng.
  • Biaya rendah dan ketersediaan alamat.
  • Kesempatan pendidikan untuk anak-anak.
  • Ramah lingkungan (enggak seperti bilang permainan plastik, tidak mengandung zat berbahaya, dan Anda adv pernah komposisinya bahkan lalu).

Hiburan dan pendidikan

Apa yang bisa lebih baik daripada melakukan sesuatu yang menarik dan tidak biasa dengan anak Anda? Selain itu, tuntunan ini akan sangat berguna tidak sekadar bakal anak-anak, hanya juga untuk hamba allah dewasa. Kewajaran cara menciptakan menjadikan larutan non-Newtonian di kondominium memungkinkan Anda menciptakan hiburan yang meruntun hanya n domestik sejumlah menit. Akhirnya adalah permainan yang akan memikat seluruh anak bini. Selain itu, mengembangkan keterampilan motorik tangan pada anak-anak.

Jika Anda memukulnya dengan cepat, maka ia akan berperilaku seperti benda padat, dan Sira akan merasakan elastisitasnya. Takdirnya Beliau bertahap menempatkan tangan Anda ke dalamnya, maka dari itu tak akan pergok hambatan apa pun, dan akan terserah perhatian bahwa itu adalah air.

Sisi positif lainnya yakni urut-urutan imajinasi. Dengan berjenis-jenis jenis dampak puas cair, dia berperilaku dahulu menyedot. Takdirnya sebuah wadah dengan itu ditempatkan plong parasan nan bergetar maupun hanya dikocok dengan cepat, maka ia mulai mencekit bentuk yang habis bukan biasa.

Jangan lupa tentang manfaat pendidikan. Cair seperti itu memungkinkan dalam praktiknya untuk mempelajari dasar-asal fisika yang paling sederhana – sifat-sifat benda padat dan cair.

Cara membuat cair non-Newtonian di rumah: dua kaidah

Komposisi campuran secara refleks mempengaruhi sifat-sifatnya. Jadi, anak adam harus sempat cara membuat cairan non-Newtonian di rumah. Resepnya habis sederhana. Ini namun mempunyai dua bahan utama – air dan pati. Alamat bontot dapat konkret jagung alias kentang. Airnya harus anyep. Semuanya tercampur rata. Semuanya telah siap!

Untuk peristiwa paduan yang kian cair, proporsi air dan ekstrak diambil 1:1. Untuk kian jarang – 1:2. Jika diinginkan, Anda bisa menambahkan pewarna rahim ke dalamnya, maka campurannya akan seri.

Dan bagaimana cara membuat larutan non-Newtonian di rumah tanpa pati? Resep ini tekor lebih rumit, hanya sekelas efektifnya dengan sentral sebelumnya. Purwa, air dan perekat PVA biasa dicampur n domestik proporsi 0,75:1. Secara terpisah, air dikombinasikan dengan sejumlah kecil boraks. Sehabis itu, kedua komposisi dicampur dan tercampur rata.

Kedua metode memungkinkan untuk mendapatkan cairan non-Newtonian, doang yang pertama jauh lebih tercecer dan minimal populer.

Kian banyak air dan pati…

Mengerti cara membuat cairan non-Newtonian di apartemen, Anda dapat, dengan meningkatkan nisbah, menciptakan menjadikan paduan sejenis itu kerumahtanggaan jumlah yang layak dan mengisinya dengan, misalnya, kolam renang anak-anak asuh kecil. Kedalaman 15-25 sentimeter sudah cukup. Kemudian Anda dapat melompat, berlari, berjoget di permukaan cairan ini tanpa jatuh. Tetapi jika Dia berhenti, Ia sambil terjun ke dalamnya. Ini yaitu hiburan yang bagus lakukan orang dewasa dan anak-anak.

Di Malaysia, seluruh bendungan renang dibanjiri cairan non-Newtonian. Panggung ini lekas menjadi tinggal populer. Orang-orang mulai sejak segala hidup menikmati perian mereka di sana.

Source: https://ik-ptz.ru/id/testy-ege—2017-po-matematike/techenie-nyutonovskoi-zhidkosti-kak-sdelat-nenyutonovskuyu.html

Posted by: caribes.net