Cara Membuat Jilbab Rawis Sendiri

Assalamualaikum *kibasin jilbab* !

Saya sudah pernah ceritakan kalo saya ini butuh liburan dulu kalo mau bikin tutorial.Well karena saya sudah lalu perlop dan mood saya sungguh baik maka saya akan memenuhi taki saya kerjakan bikin pelajaran.Kursus ini adalah request semenjak para readers , via inbox di facebook page Emakwatik ataupun di email emakwatik@gmail.com . Ternyata reader emakwatik kebanyakan ialah pemudi nan ingin bikin operasi.Usahanya yang pasarnya banyak dan gak terlalu selit belit  adalah jualan hijab ataupun kerudung.

Untuk berjualan hijab alias kerudung biar laku maka selain pemilihan kain nan baik , menjahit marginal kerudung alias hijab juga menaikkan harga jual.Kalo di neci menurut saya harga jual suatu dagangan lebih murah ,karena mudah sih tinggal di neci gitu ajah,sekadar kalo tepian kerudung alias hijab di kelim kecil akan memanjatkan harga jual ,selain itu lagi suka-suka kesan exclusive dan kalo dipakai konsumen kembali bagus,rapih jali.Gak berketentuan? coba deh tengokin hijab atau kerudung yang dikeluarkan maka itu brand tertentu yang harganya 100rb ke atas,pastinya di wiron kecil tepian kerudungnya.

Sebenernya menyisip tepian kerudung atau hijab ini bisa dengan bantuan sepatu jahit rolled hem atau kelim seperti yang saya pernah catat di postingan saya yang ini (

baca : sepatu jahit rolled hem foot biku


),Tapi seperti yang sudah saya warning! Kalo menyisip menggunakan sepatu jahit biku itu butuh kesabaran dan banyak kursus,kursus dan latihan  walaupun step yang digunakan  gak banyak.Dan tutorial menjahit tepian kerudung ini menjawab pertanyaan “bagaimana saya yang gak n kepunyaan sepatu jahit kelim ” dan juga kalian gak kontol banyak berlatih,barangkali cuman 1 x latihan udah cukup.Ehem!

*update 2022 : saya sudah bikin tutorialnya juga dalam bentuk video di youtube..klik video dibawah ini dan cekidot gaes*







Cak bimbingan ini sudah saya tulis di facebook page Emakwatik , tapi tidak semua readers saya like facebook page maka saya tulis ulang di blog ini emakwatik.com well ayo disimak


Pelajaran MENJAHIT Tepian KERUDUNG , HIJAB dan PASHMINA sonder sepatu jahit wiru dan minus neci

Alat yang di perlukan :

– jarum pentul

– jarum mesin jahit no 11 karena dintutorial ini menggunakan kejai sifon hicon

– gunting lebih oke kalo gunting nan ujungnya katai

– kain

– mesin jahitnya jangan sampai lupa

1 .

Pertama ganti dulu jarumnya dengan jarum no 11



    2.



    Jarak pertama yang digunakan 0,6cm dan gak kelihatan di seam guide di mesin jahit jadi saya gunakan bantuan penanda kancing atau solasi.












    3.Permulaan jahit lurus terlebih dulu pada reja. fungsi jahitan lurus yang pertama ini seharusnya kita mudah untuk melipat boncel.karena kain yang digunakan ini sifon hycon sifatnya licin kayak belut.




























    4. Lipat kain yang sudah dijahit tadi ke arah buruk kain,Lipat katai saja.Kalo sudah silahkan jahit kembali menindas jahitan pertama atau mendekati jahitan pertama .







    5 . Kalo telah, sisa tepian kain lepasan liapatan tadi di gunting mengarah jengkal..lever-lever yah jagan sampai jahitan ikut tergunting .











    6. Setelah digunting,kini lipat pun kerdil Dan tindas pun jahitan yang sebelumnya.













    Jadilah terpinggirkan kerudung yang rapi,keren,dan anti keriting.Tentunya boleh menaikkah harga jual kerung ataupun hijab anda.Selamat menyedang dan saya doakan gerakan engkau laris manis ancol kimpul.Kalo telah laris jangan lupa ajak-ajak saya makan bakso yah…oh iyah minumnya es kerambil muda..

    Source: https://www.emakwatik.com/2016/05/tutorial-menjahit-tepian-kerudung-hijab.html