Cara Membuat Ogive Di Excel

Home » Kongkow » Materi » Mandu Membentuk Ogive Positif dan Negatif

Kaidah Membuat Ogive Kasatmata dan Merusak

– Selasa, 26 Oktober 2022 | 09:00 WIB

Cara Membuat Ogive Positif dan Negatif

Susuk penyajian data dapat berwujud tabel, histogram, poligon dan ogive. Melewati pekarangan ini, kita akan mempelajari pendirian membuat ogive positif dan destruktif. Sebelumnya, simak signifikansi ogive terlebih dahulu plong penjelasan singkat di asal.

Ogive ialah rancangan penyajian data dalam grafik bersendikan data yang sudah disusun n domestik rajah tabulasi distribusi frekuensi kumulatif. Ogive majuh disebut sebagai grafik frekuensi meningkat. Hal ini dikarenakan pendirian pembuatannya dengan menjumlahkan frekuensi pada setiap kelas sebelumnya alias setelahnya.

Bentuk ogive seperti mana poligon, sehingga sering disebut juga sebagai poligon distribusi kekerapan kumulatif. Terletak dua spesies ogive, yaitu ogive positif dan ogive subversif. Komplet penyajian data yang disajikan kerumahtanggaan rangka ogive, baik ogive nyata dan ogive negatif, dapat dilihat pada gambar di pangkal.

Bagaimana mandu mewujudkan ogive positif dan negatif? Melalui halamani ini, kita akan mengulas langkah-langkah membuat ogive positif dan ogive negatif. Ulasan pertama yang akan diberikan adalah menyajikan dari data dalam tabel ke internal bentuk ogive faktual. Simak uraiannya lebih lengkapnya pada ulasan materi di sumber akar.

Baca pun:



Penyajian Data Kerubungan: Histogram, Poligon, dan Ogive



Penyajian Data Kerumunan Bentuk Ogive Substansial dan Subversif


Mandu Membuat Ogive Riil

Diberikan data keramaian lakukan suatu nilai Matematika yang terdiri berpangkal enam kelas. Data tersebut diberikan dalam bentuk bentuk tabel data kelompok. Dengan panjang setiap kelas adalah 5 (lima).

Kelas permulaan dimulai dari skor 71 sampai 75 dengan kekerapan sebanyak 2. Buat kelas ke dua, rentang kelasnya ialah 76 – 80 dengan 4 data nilai kerumahtanggaan papan bawah tersebut. Inferior ke tiga, memuat 12 data ponten Matematika dengan rentang 81 sampai 85. Kelas ke empat dengan rentang 86 samapi 90 memuat data nilai matematika sebanyak 13. Bikin inferior ke lima dan keenam, rentang kelasnya berjejal-jejal adalah 91 – 95 dan 96 – 100.Banyaknya data yang masuk ke kerumahtanggaan kelas ke lima adalah 6 data, sementara itu data nan masuk ke kelas ke enam ada sebanyak 3 data.

Data seutuhnya untuk diagram data keramaian dengan keterangan di atas terbantah begitu juga puas diagram di radiks.

Anju purwa untuk mewujudkan ogive positif adalah menentukan takat atas saban kelas dan data frekuensi komulatif kurang dari sesuai dengan data pada diagram kelompok yang diberikan sebelumnya.

Tenggat atas papan bawah diperoleh dengan cara menambahkan nilai teratas sreg inferior tersebut dengan 0,5. Misalnya pada papan bawah pertama, nilai tertingginya yaitu 75. Batas atas lakukan kelas bawah pertama ialah 75 + 0,5 = 75,5.

Skor frekuensi komulatif kurang dari diperoleh dengan cara menjumlahkan frekuensi setiap kelas dengan semua frekuensi semua kelas di atasnya. Misalnya, akan dicari angka kekerapan komulatif sedikit dari lakukan kelas dengan juluran 81 – 85. Frekuensi (fi) kelas tersebut yaitu 12, dan dua inferior sebelumnya n kepunyaan nilai frekuensi 2 dan 4. Sehingga, nilai kekerapan komulatif kurang berpangkal cak bagi kelas 81 – 85 adalaj 2 + 4 + 12 = 18. Sebaik-baiknya tatap pada grafik di bawah.

Berikutnya adalah menyiagakan bidang kartesius yang memuat poin pada tali api x dan data kekerapan pada sumbu y. Buat data dengan grafik di atas, diperoleh gambar satah seperti di bawah.

Selanjutnya, pasangkan data nan sesuai antara data ponten batas atas setiap kelas dan frekuensi cacat bersumber. Sama dengan tertentang plong gambar di bawah.

Kemuadian, hubungkan setiap tutul sehingga membuat sebuah kurva. Sehingga akan diperoleh gambarogive aktual seperti nan tertumbuk pandangan pada gambar ogive di bawah.

Proses kaidah membentuk ogive faktual sudah radu. Berikutnya adalah prinsip takhlik ogive negatif. Simak langkah-langkahnya lega ulasan di bawah.


Cara Membuat Ogive Subversif

Di sini, data yang akan digunakan buat membuat ogive negatif merupakan data yang dengan data yang digunakan lakukan membuat ogive faktual di atas. Jikalau kalian sudah lupa data tabel keramaian nan diberikan tadi, kalian dapat mengaram kembali data tabel kelompok plong cara membuat ogive positif di atas.

Langkah-langkah nan digunakan kerjakan membentuk ogive destruktif sekufu dengan cara membuat ogive positif. Perbedaannya terletak pada data batas kelas dan frekuensi komulatif nan digunakan. Pada ogive positif memperalat batas atas kelas bawah dan kekerapan komulatif kurang dari. Sedangkan lega ogive negatif menggunakan batas bawah kelas dan frekuensi komulatif lebih bersumber.

Berikut ini yakni data senggat bawah untuk setiap kelas dan kekerapan komulatif lebih berasal.

Lebih lanjut dengan ancang sama dengan cara menggambar ogive faktual sebelumnya. Yaitu menyesuaikan data antara takat bawah tiap-tiap kelas dan frekuensi komulatif lebih dari. Akan diperoleh gambar ogive merusak seperti rancangan berikut ini.

Demikianlah tadi ulasan materi akan halnya mandu membuat ogive positif dan merusak. Penyajian materi yang lengkap dengan langkah-langkah prinsip membuat ogive kasatmata dan cara membuat ogive merusak. Terimakasih, seyogiannya bermanfaat.


Cari Kata sandang Lainnya

Source: https://www.utakatikotak.com/Cara-Membuat-Ogive-Positif-dan-Negatif/kongkow/detail/12197

Posted by: caribes.net