Cara Memperbaiki Transistor Yang Rusak

 Cara memperbaiki transistor horizontal sering kemungkus alias adv lewat heat (panas berlebih)

Mana tahu ini saya akan membahas mengenai penyebab transistor final horizontal adv lewat heat (seronok berlrbih) dan sering rusak.
setelah ganti bau kencur transistor tersebut tembelang lagi, ganti baru busuk lagi dan jika pun dapat bersikukuh minimal Saja sekitar 1 hingga 2 hari transistor mendatar juga short pula.

Bagi operator pemula keadaan ini pasti sangat menjengkelkan, bukan hanya menyita waktu kerusakan seperti ini juga tentunya menguras manah dan banyak biaya.

Kerusakan sejenis ini umumnya disebabkan oleh kumparan primer pada flyback dan kumparan defleksi yoke yang korslet, namun selain itu cak semau beberapa penyebab tak yang bisa mengakibatkan transistor melintang bermasalah.

Sebagai bahan pembahasan disini saya memperalat skematik diagram tv bumbung Samsung dengan tipe chassis K15A dan no hipotetis CT21D8L6X.

Rekan-rekan bisa ikuti prosedur step by step n domestik 5 langkah
buat berbuat analisa perbaikannya.


Langkah pertama ukur nilai resistasi berpunca kumparan defleksi yoke horizontal.

Pastikan kredit resistansnya
berkisar antara 1,2 ohm sampai 5 ohm. Kalau tidak ada nilai pertentangan atau terukur dibawah 1 ohm maka bisa dipastikan rol yoke melintang ini yang menyebabkan transistor merangsang dan sering rusak.


Anju kedua yakni Jika kumparan defleksi yoke mendatar legal lanjukan
periksa flyback.

Pastikan tidak suka-suka nan short antara kumparan primer dan sekundernya.


Awalan nan ketiga merupakan ukur angka tegangan B+ nya, apakah telah sesuai?

 Untuk ukuran jib 14” dan
21” normalnya selingkung 115 volt sampai 125 volt dan 135 volt untuk format layar 29”. Jika tarikan over maka cek area SMPS.


Langkah ke catur, yaitu check dengan esr meter nilai berbunga kapasitor damper ini.

Kapasitor C402 dan C403. Penyebab fasad transistor final horizontal lebih rajin diakibatkan oleh kapasitor ini. Bila perlu tukar dengan yang baru dan pastikan nilainya sama. Perumpamaan catatan takdirnya mengganti kapasitor ini dengan biji nan enggak sama maka akan berpengaruh pada tampilan cucur, gambar bisa saja melebar dan bisa pula kurang lebar.


Ancang berikutnya yang kelima, rekan-rekan bisa cek transistor driver trafo melintang ini beserta dengan resistor dan kapasitor coupling ini.

Dan pada tahap ini banyak dari rekan teknisi yang mengabaikannya. Kehancuran pada transistor, resistor dan kapasitor ini boleh menyebabkan transistor horizontal mengalami over drive dan under drive. Penjelesan mengenai komplikasi overdrive dan under drive akan saya bahas di video seterusnya tentang cara kerja rangkaian blok horizontal.

Oke itu tadi 5 tingkatan dalam mengatasi masalah transistor final mengufuk panas dan sering tembelang.

Source: https://rekanteknisi.blogspot.com/2020/12/cara-memperbaiki-transistor-horizontal.html