Cara Menanam Toga Di Lahan Sempit

Poster TOGA (Tumbuhan Perunding Anak bini)

CAWAS(01/02/2022) – Pertumbuhan biji kasatmata Covid-19 yang terus kian,membuat masyarakat merasa khawatir dengan kekebalan jasmani mereka. Pandemi Covid-19 nan masih berkelanjutan ini menuntut masyarakat bikin bosor makan menjaga kesehatan tubuh mereka agar terhindar dari bahaya penularan virus Covid-19. Dengan banyaknya lahan sempit nan tak dimanfaatkan oleh publik, membuat mahasiswa KKN Desa Baran menumbuhkan ide untuk mengedukasi awam adapun pemanfaatan lahan tersebut seumpama ki alat menanam tumbuhan obat keluarga.

Pelecok satu upaya pencegahan penularan virus Corona adalah dengan cara meningkatkan keimunan badan. Upaya ini bisa dilakukan dengan kaidah menata model vitalitas sehat serta rutin mengonsumsi obat dan vitamin. Selain obatmodern, obat herbal pun dapat dimanfaatkan dalam pemeliharaan kebugaran. Keseleo satu pohon yang dapat diolah menjadi pelamar herbal adalah Tanaman Obat Keluarga (TOGA). TOGA banyak digunakan laksana bahan sahih obat tradisional dan jamu, yang apabila dikonsumsi dapat meningkatkan keimunan raga (immune system).

Edukasi dan Sosialisasi Manfaat TOGA (Tanaman Pembeli Keluarga)

Oleh karena itu, Mahasiswa Tim 1 KKN Universitas Diponegoro 2022/2022 melaksanakan program penanaman TOGA dengan tujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam masa pandemi Covid-19. Reboisasi TOGA ini dilaksanakan di RW 07 Desa Baran, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten dan sudah dilaksanakan pada (01/02/2022). Adapun tumbuhan jenis pohon TOGA yang ditanam antara enggak berupa jahe, kurkuma dan kencur. Tanaman ditanam kerumahtanggaan saranapolybag yang telah diberi lahan dan rabuk. Selama rendah lebih dua minggu, pokok kayu rutin diberi air dan ditempatkan di area yang terkena cukup kilauan matahari hendaknya dapat tumbuh dengan baik. Selain berguna cak bagi meningkatkan imunitas tubuh, penanaman TOGA di RW 07 Desa Baran, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten juga diharapkan dapat menjadi sarana penanaman dan mampu menaik keasrian lingkungan sekitar.

Praktik Penanaman TOGA (Pohon Obat Keluarga)

Selain melakukan penghutanan, Mahasiswa Cak regu 1 KKN Jamiah Diponegoro 2022/22 juga menerimakan plakat edukasi akan halnya manfaat tanaman pelelang anak bini dan tata prinsip mengelola tanaman peminta keluarga menjadi sebuah minuman kebugaran. Hal ini dilakukan bagi meningkatkan kognisi warga RW 07 mengenai khasiat pohon pengasosiasi tanggungan untuk raga.

Foto Bersama Setelah Kegiatan Penanaman TOGA (Pokok kayu Obat Keluarga)

Katib: Widi Atmoko/Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro/Tim I KKN UNDIP 2022-2022

DPL: Muhyidin, S.Ag., M.Ag., M.H.

Source: https://kkn.undip.ac.id/?p=288206