Cara Mencari Luas Tembereng Lingkaran


Rumus Luas Tembereng Beserta Teladan Pertanyaan Hipotetis
– Dalam pelajaran Matematika karuan kita gegares mengenal tentang berbagai jenis bangun menjemukan. Salah satunya ialah gudi. Istilah gudi tersebut majuh kita jumpai dalam pertanyaan soal ujian. Dalam kalangan ini terletak sejumlah unsur didalamnya sebagaimana tembereng, busur lingkaran, dan sebagainya. Unsur lingkaran Matemaika yang enggak kalah bermakna kerjakan dipelajari ialah tembereng lingkaran.

Apakah kalian tahu bagaimana pendirian mengejar luas tembereng landasan itu? Bagaimana cara menyelesaikan contoh tanya luas tembereng galengan? Cara cak menjumlah luas tembereng guri boleh dilakukan dengan menggunakan rumus khusus. Prinsip menghitung cak bertanya dengan cepat tersebut biasanya akan diajarkan kepada siswa di bimbingan belajar.

Sama dengan yang telah kita ketahui bahwa kalangan Matematika dapat diartikan sebagai sebuah bangun menjemukan yang tertera privat kategori dua format. Lingkaran ini secara publik dapat didefinisikan andai noktah titik nan dikumpulkan menjadi satu sebatas berbentuk lengkungan dengan titik kancing lingkaran nan panjangnya sama. Dalam halangan tersebut terletak lengkungan lengkungan yang mengelilingi titik daya, tukar berkaitan dan menghasilkan wilayah di dalamnya.

Cak bagi itulah bangun menjemukan landasan pasti n kepunyaan cara berburu luas tembereng keliling dan luas. Rumus luas lingkaran tersebut dapat berupa πr² dan rumus kelilingnya berupa 2πr. Rumus ini dapat menjadi dasar dalam, rumus luas tembereng dan kaidah menuntaskan acuan soal luas tembereng lingkaran.


Contents

  • 1
    Rumus Luas Tembereng Beserta Konseptual Tanya Konseptual

    • 1.1
      Prinsip Cak menjumlah Luas Tembereng Lingkaran

      • 1.1.1
        Rumus Lama
      • 1.1.2
        Rumus Tembereng Cepat
    • 1.2
      Contoh Pertanyaan Luas Tembereng Lingkaran



Rumus Luas Tembereng Beserta Konseptual Cak bertanya Lengkap


Sebelum mempelajari seterusnya mengenai cara menotal luas tembereng gudi tersebut, anda harus memafhumi terlebih lalu mengenai unsur anasir landasan. Lingkaran mengandung sejumlah komponen di dalamnya sebagaimana tembereng, deriji ujung tangan, juring, diameter dan sebagainya. Anasir unsur ini lalu berkaitan satu separas enggak sehingga bermakna sekali cak bagi dipelajari justru dahulu.

Terimalah pada kesempatan bisa jadi ini saya akan menjelaskan tentang rumus luas tembereng, kaidah mencari luas tembereng lingkaran dan contoh cak bertanya luas tembereng lingkaran lengkap. Bikin lebih jelasnya dapat sira simak di asal ini.

Tembereng yakni pelecok satu unsur yang terkandung dalam landasan. Secara awam pengertian tembereng ialah luas wadah yang dibatasi maka dari itu busur dan rayon busur dalam lingkaran tersebut. Lakukan bertambah jelasnya perhatikan lembaga tembereng lingkaran di bawah ini:

Rumus Luas Tembereng Beserta Contoh Soal Lengkap
Gambar Tembereng

Plong rang di atas kita dapat melihat bagian pecahan yang warnanya serdak tepung. Adegan ini dinamakan dengan tembereng landasan. Daerah tersebut dibatasi oeh untai busur (garus literal AB) dan busur (garis lengkung AB). Prinsip berburu luas tembereng lingkaran tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Adapun rumus luas tembereng secara umum yaitu sebagai berikut:


Luas Tembereng Galengan = Luas Juring – Luas Segitiga


Cara Menghitung Luas Tembereng Pematang

Sememangnya prinsip menotal luas tembereng lingkaran tidak hanya menggunakan rumus di atas. Kerjakan itu cara mencari luas lingkaran tersebut boleh memperalat rumus cepat. Bagaimana rumus cepat luas tembereng pematang itu? Rumus ini diperuntukkan lakukan kategori ¼ luas dok atau lingkaran yang mempunyai sudut resep 90°. Hendaknya anda kian paham mengenai akal pintas tersebut, maka perhatikan eksemplar tanya luas tembereng galangan di bawah ini:

Perhatikan rangka di asal ini!

Rumus Luas Tembereng Beserta Contoh Soal Lengkap

Diketahui lingkaran di atas memiliki jari ujung tangan 28 cm. Tentukan luas tembereng AB?

Jawab.


Rumus Lama

Cara mencari luas tembereng lingkaran di atas dapat dilakukan memperalat konsep pangkal (prinsip lama). Bakal itu rumus luas tembereng yang digunakan ialah sebagai berikut:
Luas Tembereng Lingkaran = Luas Juring – Luas Segitiga

Cara menyelesaikan contoh soal tersebut dilakukan dengan mandu mencari  luas juring dan luas segitiga terlebih terlampau. Untuk itu pengerjaannya akan menjadi seperti di bawah ini:
Luas lingkaran = πr²
                         = 22/7 x 28²
                         = 2464 cm²

Luas Juring AOB/ Luas lingkaran = Kacamata pusat/360°
                   Luas Juring/2464 cm² = 90°/360°
                   Luas Juring/2464 cm² = ¼
                                   Luas Juring = ¼ x 2464 cm²
                                   Luas Juring = 616 cm²

Luas Segitiga AOB = ½ x Hutan x Tinggi
                                = ½ x 28 cm x 28 cm
                                = 392 cm²

Luas tembereng AB = Luas juring – Luas segitiga sama
                                 = 616 cm² – 392 cm²
                                 = 224 cm²
Jadi luas tembereng AB adalah 224 cm².


Rumus Tembereng Cepat

Prinsip di atas memang menggunakan rumus luas tembereng dok  secara masyarakat. Selain menunggangi rumus tersebut sesungguhnya masih dapat menunggangi pendirian lainnya yang makin cepat dan enggak meratah waktu. Adapun cara mencari luas tembereng lingkaran dengan akal pintas yaitu sebagai berikut:
Luas tembereng = (2/7)r²

Untuk itu hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini:
Luas tembereng = (2/7)r²
                           = (2/7)28²
                           = 224 cm²
Jadi luas tembereng AB ialah 224 cm².
Catatan : Cara cepat di atas digunakan apabila tesmak pusatnya 90°



Teoretis Cak bertanya Luas Tembereng Lingkaran


Setelah menjelaskan adapun rumus luas tembereng dan kaidah mengejar luas tembereng dok dengan cepat di atas. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal tembereng lainnya ialah ibarat berikut:

Perhatikan kerangka di sumber akar ini!

Rumus Luas Tembereng Beserta Contoh Soal Lengkap

Diketahui limbung di atas mempunyai jari deriji 7 cm. Tentukan luas tembereng AB?

Jawab:
Luas kalangan = πr²
                         = 22/7 x 7²
                         = 154 cm²

Luas Juring/ Luas lingkaran = Sudut pusat/360°
            Luas Juring/154 cm² = 90°/360°
            Luas Juring/154 cm² = ¼
                          Luas Juring = ¼ x 154 cm²
                          Luas Juring = 38,5 cm²

Luas Segitiga = ½ x Alas x Tangga
                       = ½ x 7 cm x 7 cm
                       = 24,5 cm²

Luas tembereng AB = Luas juring – Luas segitiga sama
                                 = 38,5 cm² – 24,5 cm²
                                 = 14 cm²
Jadi luas tembereng AB yakni 14 cm².

Bagaimana contoh pertanyaan di atas, mudah lain? Soal soal terkait materi tembereng lingkaran ini bisa dikerjakan dengan mudah menggunakan rumus nan tersuguh. Rumus yang digunakanpun bersambung dengan rumus luas juring limbung dan rumus luas segitiga.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus luas tembereng, kaidah mencari luas tembereng lingkaran dan contoh luas tembereng lingkaran konseptual. Tembereng ialah luas panggung yang dibatasi oleh busur dan makao busar dalam lingkaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan cak dapat kasih telah melawat di blog ini.


Source: https://rpp.co.id/contoh-soal-rumus-luas-tembereng/

Posted by: caribes.net