Cara Menghapus Database Di Mysql

Sesudah mencoba berapa query sederhana pada Tutorial Belajar MySQL: Dasar Penulisan Query MySQL, lega tutorial ini kita akan mempelajariquery bagimewujudkan, melihat, menggunakan, dan menghapus database MySQL (query : Create, Show, Use, dan Drop database).

Seperti kursus sebelumnya, kita akan mengakses MySQL Server menggunakan MySQL Client melangkahi
cmd Windows, tutorialnya telah kita bahas pada Les Belajar MySQL: Menjalankan MySQL Server, dan Tutorial MySQL : Menjalankan MySQL Client. Masuklah sebagai userroot.


Cara Membuat database MySQL

Internal penggunaannya sehari-musim, sebuah permohonan biasanya semata-mata akan memiliki sebuah database. Di dalam MySQL (dan juga di dalam permohonanrelational database
lainnya),Database adalah pusparagam dari tabel-tabel yang tukar berhubungan. Database adalah tempat dimana tabel-grafik akan dibuat.

Buat membuat database, matra penulisan querynya yakni:

CREATE DATABASE [IF NOT EXISTS] nama_database

Di dalam manual MySQL, dan juga di internal tutorial ini, format perintah query yang terdapat di dalam kurung belengkokan merupakan perintah optional, dapat diabaikan jika enggak diperlukan.

Jika kita ingin membentuk sebuah database mahasiswa, maka querynya yaitu:

mysql> CREATE DATABASE mahasiswa;  Query OK, 1 row affected (0.00 sec)

Tambahan query
[IF Titinada EXISTS]
digunakan untuk menciptakan menjadikan MySQL tidak menampilkan pesan error jika database tersebut telah cak semau sebelumnya dalam database.

Contohnya, takdirnya kita menjalankan lagi query untuk menciptakan menjadikan database mahasiswa, MySQL akan memunculkan pesan error.

mysql> CREATE DATABASE mahasiswa;  ERROR 1007 (HY000): Can't create database 'mahasiswa';  database exists

Wanti-wanti error ini berguna kerjakan kita mengidentifikasi kesalahan, namun apabila kita menciptakan menjadikan kode query yang janjang untuk dieksekusi secara keseluruhan (kita akan mempelajarinya kemudian hari), pesan error akan menyebabkan query  nongkrong diproses.

Format

[IF Titinada EXISTS]


akan mewujudkan database jika database itu belum ada sebelumnya. Jika mutakadim ada,  query

CREATE DATABASE

tak akan menghasilkan apa-apa (database yang lama
enggak
akan terkena).

mysql> CREATE DATABASE IF Titinada EXISTS mahasiswa;  Query OK, 1 row affected, 1 warning (0.00 sec)

Kaidah Mengintai Daftar Database MySQL

Di dalam MySQL Server, biasanya akan terdapat beberapa database, tergantung kebutuhan kita. Untuk melihat seluruh database yang berada plong MySQL Server, gunakan query:

SHOW DATABASES;
mysql> SHOW DATABASES;  +--------------------+ | Database           | +--------------------+ | information_schema | | mahasiswa          | | mysql              | | performance_schema | | test               | +--------------------+ 5 rows in set (0.00 sec)

Kita dapat meluluk bahwa MySQL Server telah berisi sejumlah database oleh-oleh, selain database mahasiswa yang kita bagi sebelumnya.


Cara Memilih dan Menggunakan Database MySQL

Kita harus memilih sebuah database yang akan digunakan, format query kerjakan memilih database ini adalah:

USE nama_database;

nama_database adalah database nan akan kita gunakan. Jika kita ingin menunggangi database mahasiswa, maka querynya adalah:

mysql> USE mahasiswa;  Database changed

Selanjutnya setiap query pembuatan tabel misalnya, akan membentuk sebuah grafik didalam database terpilih, intern hal ini database mahasiswa.


Prinsip Menyetip Database MySQL

Jika database sudah enggak digunakan lagi, kita dapat menghapusnya. Proses penghapusan ini akan menyetip database, teragendakan seluruh tabel dan isi berasal tabulasi tersebut. Sebuah database yang sudah dihapus bukan boleh ditampilkan sekali lagi. Kita harus yakinkan bahwa database tersebut memang tidak akan digunakan lagi.

Matra query untuk menghapus database:

Turun DATABASE [IF EXISTS] database_name;

Selevel seperti query pada pembuatan database, pilihan

[IF EXISTS]
digunakan untuk menentramkan wanti-wanti error jika seandainya database tersebut memang tidak ada.

Jika kita ingin menyetip database mahasiswa, pola querynya adalah:

mysql> DROP DATABASE mahasiswa;  Query OK, 0 rows affected (0.01 sec)

Seandainya kita berusaha menghapus database mahasiswa lagi (yang memang sudah lalu tidak cak semau), akan muncul pesan error:

mysql> DROP DATABASE mahasiswa;  ERROR 1008 (HY000): Can't drop database 'mahasiswa';  database doesn't exist

Dengan menunggangi perintah opsional [IF EXISTS], pesan error tidak tampil:

mysql> Jatuh DATABASE IF EXISTS mahasiswa;  Query OK, 0 rows affected, 1 warning (0.00 sec)

Karena query SQL menggunakan bahasa inggris, kita harus perhatikan kesalahan bagi pengetikkan katasingular (istimewa)dan
beraneka rupa (jamak). Misalnya cak bagi melihat database, querynya adalah

SHOW DATABASES
, belaka jika kita menjalankan query

SHOW DATABASE
; ini akan menyebabkan error. Karena seyogiannya adalah DATABASES, tak DATABASE. Juga seharusnya adalah IF EXISTS, bukan IF EXIST (Penggunaan leter
S
diakhir kata).

mysql> SHOW DATABASE;  ERROR 1064 (42000): You have an error in your SQL syntax;  check the manual that corresponds to your MySQL server version  for the right syntax to use near 'DATABASE' at line 1


Setiap database dalam MySQL, sekurang-kurangnya memiliki satu tabel, seterusnya kita akan mempelajari cara pembuatan tabulasi dalam MySQL Tutorial Sparing MySQL: Pendirian Membuat dan Menghapus Grafik MySQL.

Source: https://www.duniailkom.com/tutorial-mysql-membuat-menggunakan-dan-menghapus-database-mysql/

Posted by: caribes.net