Cara Menyimpan File Corel Draw

Cara Export File CorelDraw menjadi JPEG, PNG, dan For Web
– Hai sahabat
pintardesain.com, di kata sandang sebelumnya kita sudah membahas mengenai
Cara Membuat Bilyet Terang di CorelDraw. Mungkin Sudah banyak pembahasan adapun bagaimana mengexport file di coreldraw di artikel lainnya. Dan tak ada salahnya pada artikel ini kami akan berbagi dan membahas tentang bagaimana menyimpan file di coreldraw menjadi format jpg atau png, sehingga memudahkan sahabat yang hijau mengenal dan sparing CorelDraw. Sudahlah, langsung belaka yuk simak artikel ini beserta ulasan lengkapnya dibawah ini.


Cara Export File CorelDraw menjadi JPEG, PNG, dan For Web

Biasanya setelah mendesain satu project di CorelDraw maka akan disimpan kerumahtanggaan bilang type format file sebagai halnya
cdr
yang digunakan bagi menyimpan file dalam bentuk coreldraw sehingga setelah disimpan maka file tersebut bisa dibuka sekali lagi di coreldrawnya cak bagi di edit ataupun hanya melihatnya cuma (pada dasarnya matra cdr desain yang sudah dibuat dan di simpan bisa di bentang dan diubah),  untuk type format file JPEG maupun
jpg
biasanya digunakan buat menjadikan hasil desain dalam mode warna CMYK dengan bentuk filenya dengan background full rona, dan buat type fomat file png digunakan untuk menghasilkan file dalam mode warna RGB dan dapat menghasilkan file dengan background transparan.


Membuat Bingkai Halaman CorelDraw

Bagi menggudangkan hasil desain di coreldraw kita bisa buat dengan prinsip yang sangat mudah yaitu dengan menggunakan cara penyimpanan dari
Menu File
atau dengan menggunakan
Shortcut
pada keyboard.

Silahkan sahabat siapkan desainnya di Coreldraw misalkan dengan menunggangi jenis jeluang A4 dan dengan posisi plano Horizontal, kemudian gunakan bingkai halaman dengan memperalat
Rectangle tool
kemudian buat sebuah peti di jerambah.


Kemudian atur matra rectangle/kotak tersebut pada
Object Size
29,7cm x 21 cm, dan  gunakan
Shortcut P
bakal memposisikan sasaran peti/pigura ke tengah pekarangan.


Kemudian kita kunci korban rectangle/kotak tadi dengan cara klik kanan pada bulan-bulanan dan klik pada
Lock Object, sehingga objek peti tersebut tidak bergeser maupun terseleksi.


Kemudian siapkan desainnya nonblok saja cak hendak membut project apa, kami anggap sahabat semua sudah memiliki sebuah desain di halaman coreldrawnya. Kami contohkan begitu juga gambar dibawah ini.

Cara Export File di CorelDraw menjadi JPEG, PNG, dan For Web


Save dan Save As

Bakal menyimpan hasil desain di CorelDraw dapat kita tiba dengan kaidah penyimpannya dengan menggunakan Menu File kemudian klik plong Save atau Save As. Pengusahaan
Save
untuk menyimpan  pertama kali dan lebih jauh dengan logo file yang sama, sedangkan
Save As
digunakan untuk penyimpanan berikutnya yang digunakan untuk memperlainkan tera filenya. Misalkan selepas menggudangkan dengan tera penyimpanan pertama kemudian akan disimpan lagi dengan nama penyimpanan yang ke dua. Walaupun puas kenyataanya dengan menggunakan kedua-duanya dapat dilakukan di awal pertama kelihatannya penyimpanan untuk menyorongkan box Save  di halaman CorelDraw.

Kemudian cak semau kaidah termudahnya adalah dengan memperalat shortcut Save dengan
Ctrl+S
ataupun Save As dengan
Ctrl+Shift+S
lega keyboard.


Kemudian akan muncul box
Save Drawing
di halaman, atur lokasi penyimpanan pada Disk dan Foldernya. Berikan juga nama filenya, bagi type filenya kita biarkan CDR karena file ini akan kita simpan dengan ukuran cdr supaya file ini boleh kita buka lagi dan kita bisa ubah sekali lagi.


Setelah disimpan pada komputer, kita bisa lihat akhirnya pada disk dan folder yang kita gunakan untuk menyimpan file tadi. Jika kita klik kanan pada file tersebut dan klik pada Properties maka kita bisa lihat jumlah file dan format filenya yaitu cdr.


Kita coba bagi menyimpan desain tadi untuk penyimpanan dengan cap file yang kedua merupakan dengan menggunakan Save As, silahkan klik lagi puas menu
File
kemudian
Save As.


Seperti tadi kita posisikan file tersebut di disk dan folder nan sama, selanjutnya kita ubah nama filenya dengan nama lainnya. Sedangkan type filenya kita biarkan dengan type CDR.




Export File ke JPEG, PNG, dan For Web

Sehabis memafhumi prinsip membuat bingkai pelataran dan mengerti cara menyimpan file dengan save atau save as puas pembahasan diatas tadi. Berikutnya ada tiga pembahasan intern Export file di CorelDraw yang akan kita bahas dalam kata sandang ini, adalah kaidah mengexport file coreldraw ke format JPEG, mandu export file CorelDraw ke Format PNG, dan cara Export File CorelDraw untuk file yang akan digunakan untuk keperluan Web dengan cara Export for Web.


Cara Ekport File ke JPEG

Type matra file JPEG atau
jpg
biasanya digunakan lakukan menjadikan hasil desain dalam gaya warna CMYK dan rajah filenya punya background full corak.

Kita akan export hasil desain tersebut ke format file JPEG, Untuk mengexport hasil desain coreldraw dapat dilakukan dengan kaidah klik pada menu
File
kemudian klik plong
Export
atau dengan memperalat shortcut
Ctrl+E
pada keyboard.


Kemudian akan muncul box
Export
di jerambah, posisikan gelanggang penyimpanannya pada disk dan folder yang akan di gunakan kerjakan menyimpan file tersebut ke format jpg. Kemudian berikan keunggulan filenya dan ubah type dimensi filenya menjadi
JPG-JPEG Bitmaps.


Kemudian akan unjuk sekali lagi box
Export to JPEG
di pekarangan, atur pada kecondongan warnanya menjadi CYMK, atur juga pada Kualitasnya menjadi Highest, dan klik tomol
OK
untuk menerapkannya.


Silahkan buka file tersebut di wadah dimana kita menyimpannya tadi, dan lihat jenis format filenya sudah lalu menjadi jpg.


Kemudian jikalau kita double klik pada file tersebut maka dapat kita tatap, file ini lain akan menyingkapkan software  CorelDraw sekali lagi tapi akan dibuka dengan menunggangi software lainnya selain CorelDraw.



Cara Ekport File ke PNG

Type format file PNG  lazimnya digunakan bikin menjadikan hasil desain internal mode warna RGB dengan bentuk filenya transparan tanpa background.

Kita akan export hasil desain tersebut ke ukuran file PNG, kita coba lega hasil desain ini backgroundnya sonder rona dasar, silahkan hilangkan lebih lagi dahulu dandan dasar lega backgroundnya dengan klik kiri pada non color plong box warna.


Untuk mengexport hasil desain coreldraw dapat dilakukan dengan kaidah klik pada menu
File
kemudian klik plong
Export
atau dengan menunggangi shortcut
Ctrl+E
pada keyboard.


Sama dengan pendirian diatas kita posisikan file ini lega folder penyimpanan yang sama tadi dan silih sreg nama filenya, dan type format filenya menjadi PNG.


Kemudian muncul box Export to PNG di halaman, atur plong mode warnanya menjadi RGB dan pastikan sreg Transparencynya terceklist.

Cara Export File di CorelDraw menjadi JPEG, PNG, dan For Web

Silahkan buka lagi file tersebut pada folder penyimpanannya, boleh kita tatap type format filenya dengan matra png.


Kita coba double klik plong file dengan format png tersebut dan akan unjuk lagi pada software lainnya selain software CorelDraw buat menampilkan hasil desain tersebut. Sebenarnya file tersebut tak memiliki background sahaja karena softwarenya pengaturannya dengan background putih maka transparannya terlihat berwarna bersih.



Cara Ekport For Web

Lakukan mengexport ke web matra file nan dapat kita gunakan juga bisa dengan menggunakan jenis Type format
JPEG
alias
PNG

sekiranya file tersebut digunakan bakal keperluan publish ke web maka sebaiknya menggunakan type format jpg, karena ukuran filenya akan makin katai dibandingkan dengan jenis ukuran file lainnya. Dan penyimpanan dengan cara ini akan menghasilkan file dengan dimensi sangat kecil dibandingkan dengan memperalat cara export to JPEG.

Kita akan export hasil desain tersebut ke format file JPEG, kerjakan mengexport hasil desain coreldraw dapat dilakukan dengan cara klik pada menu
File
kemudian klik pada
Export
For
kemudian klik lagi pada
Web.

Cara Export File di CorelDraw menjadi JPEG, PNG, dan For Web

Atur pada format menjadi CMYK dengan kualitasnya Highest dan klik tombol
Save As.


Akan muncul box
Save As
di jerambah, silahkan ubah nama filenya saja kemudian tekan tombol
Save.


Dapat kita lihat file penyimpanan dengan Export for Web matra filenya bertambah kecil mulai sejak ukuran file lainnya.


Jika kita double klik file tersebut maka akibatnya akan tertumbuk pandangan sekelas saja dengan hasil export to jpg kendatipun ukuran filenya kian katai tapi kualitas hasilnya tidak berubah.

Cara Export File di CorelDraw menjadi JPEG, PNG, dan For Web

Demikianlah artikel akan halnya
Mandu Export File CorelDraw menjadi JPEG, PNG, dan For Web
– Semoga artikel ini bisa mendukung sidang pembaca
pintardesain.com
untuk terus membiasakan desain. Sampai ketemu lagi di artikel-artikel lebih lanjut dan terima kasih atas kunjungannya.

Source: https://pintardesain.com/cara-export-file-di-coreldraw/