Cara Pasang Colokan 3 Kabel

Saat kita membutuhkan listrik yang jauh pecah posisi stop kontak maka kita tak akan pembebasan dari benda yang satu ini, yaitu
terminal listrik
(cable extension).

Di murahan sendiri banyak yang sudah lego terminal listrik ini dalam peristiwa sudah lalu jadi dan suntuk pakai, namun pastinya invalid plong panjang telegram dan besaran terminal yang tersedia, sehingga bikin kebutuhan khusus mau tidak cak hendak kita harus membuat maupun meledakkan terminal listrik sendiri.

Dengan membuat colokan listrik atau terminal setrum seorang, kita boleh menyesuaikan jumlah colokan yang diperlukan dan jenjang benang kuningan yang sesuai kebutuhan.

Cara pasang colokan listrik maupun terminal listrik ini juga terbilang cukup mudah. Simak artikelnya setakat radu ya!

Cara Membuat / Meledakkan Terminal Listrik

Bikin menciptakan menjadikan atau memasang terminal listrik ini tak terbilang runyam, mari kita telaah awalan-langkahnya:

Siapkan incaran-bahan yang dibutuhkan

Langkah purwa untuk meletuskan halte elektrik seorang merupakan menyiagakan bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Halte listrik
  2. Telegram elektrik
  3. AC power plug (soket listrik AC)
  4. Skun kabel setrum

memasang terminal listrik

Gambar kabel setrum isi 2 dan isi 3

Lakukan kabel listrik, gunakan kawat yang memang diperuntukkan buat menindak elektrik AC dan pilihlah nan punya bahan insulator nan cukup lebat dan berinti serat sehingga lebih fleksibel.

Intern pembuatan terminal listrik ini, kami menggunakan benang kuningan bertipe NYYHY karena memiliki perincisan benang kuningan seperti nan disebutkan sebelumnya.

Di sini kami akan menunggangi dua saringan kabel yaitu memasang setopan listrik yang weduk 2 dan berisi 3.

Perbedaan dari kabel weduk 2 dan 3 adalah terwalak kabel grounding (dandan kawat groung rata-rata berwarna kuning).

Selain warna kuning, warna kabel ground juga ada yang bercat hijau-kuning.

Untuk kebanyakan instalasi listrik rumahan kalian dapat menggunakan benang kuningan yang sakti 2 namun jikalau di rumah kalian memiliki instalasi grounding maka gunakan dawai isi 3 (kerjakan mendeteksi adanya instalasi grounding atau tidak kalian dapat mengukurnya dengan multimeter alias yang paling mudah yaitu jika kalian suka merasakan sensasi kesetrum ketika menyandang bodi dari perangkat elektronik ketika dijalankan, maka dapat dipastikan instalasi listrik tersebut tidak memiliki grounding maupun sekadar menggunakan 2 benang kuningan doang).

diy terminal listrik

Bagan terminal listrik (atas) dan power plug (dasar)

Untuk terminal setrum dan power plug, kita gunakan nan memiliki switch on off dan yang tidak menggunakan switch sehingga nantinya kalian dapat mempraktekkan sesuai dengan kebutuhan.

skun kabel listrik macam-macam bentuk

Gambar skun ferulles (kiri) dan skun Y (paruh) dan skun Ozon (kanan)

Umpama opsi, kalian dapat menggunakan skun untuk menyambungkan dawai ke terminal listrik dan power plug sehingga sambungan akan lebih langgeng dan tertentang rapi serta aman.

Siapkan peralatan / tools lakukan merakit terminal listrik

Kedua, gawai– alat yang dibutuhkan untuk memasang halte elektrik adalah :

  1. Cutter alias pemangkas kabel atau wire stripper
  2. Obeng
  3. Crimping tool jikalau kalian menunggangi skun

alat untuk membuat terminal listrik

Gambar alat-alat yang dibutuhkan dari kiri ke kanan: cutter, wire cutter/stripper,crimping tool, obeng.

Merakit Terminal Listrik 2 Benang kuningan dan 3 Benang besi

Kini saatnya memasang terminal listrik. Berikut ialah langkah-langkahnya.

Potong kawat

Potong benang tembaga sesuai dengan kebutuhan dan kupas kedua ujung dari kabel dengan cutter maupun wire stripper sehingga babak telegram tembaga terekspos. Kalian dapat lagi menggunakan skun untuk membuat sambungan makin beres dan abadi.

memasang skun kabel

Gambar pendayagunaan skun dapat membuat sambungan makin kuat dan rapi

Buka penutup terminal listrik

Beber baut pada apartemen penutup terminal elektrik dengan menunggangi obeng. Untuk posisi baut pada halte elektrik yang kita gunakan kali ini dapat dilihat pada gambar.

cara membuka baut terminal listrik

Rencana baut pada halte listrik yang harus dibuka pada saat merakit (kiri setopan dengan switch – kanan terminal tanpa switch)

Sambungkan telegram

Sambungkan kabel yang sudah lalu dikupas sebelumnya ke soket yang telah disediakan (umumnya berupa gorong-gorong yang dikencangkan dengan baut ataupun semata-mata piringan hitam dengan baut).

Gunakan skun yang setuju untuk menyambungkan kabel ke soket yang terserah dengan mencaci bentuk soket puas terminal sehingga skun yang digunakan sejadi dan dapat tersemat dengan baik.

Contoh pemasangan dawai isi 3 ke terminal listrik tanpa switch

Kabel isi 3 biasanya n kepunyaan warna biru, cokelat dan kuning. Lakukan pembakuan, dandan biru dan coklat digunakan untuk jalur listrik (live dan objektif) sedangkan warna kuning bakal kolek grounding.

Lega terminal listrik,
benang kuningan dandan biru dan coklat ke soket terluar kidal dan kanan (dapat dilihat plong gambar lingkaran warna biru dan coklat).

Jangan lalai bakal mengendorkan baut pemegang kabelnya justru adv amat.

Setelah itu adv amat pasangkan kabel yang sudah dikupas atau diberi skun ke korok dan kencangkan kembali bautnya. sedangkan dawai kuning sambungkan ke soket paruh (pada gambar lingkaran berwarna kuning).

Selain soket tadi, ada pula pengunci plastik cak bagi mengunci kabel yang dibaut dengan 2 buah baut (lingkaran berwarna merah pada gambar).

Buka malah dahulu kedua baut tersebut, setelah kalian memasang ketiga kabel tadi ke soket maka kalian dapat mengunci kabel yang telah terpasang sehingga kabel tidak mudah abolisi pron bila tergoda secara lain sengaja.

posisi soket pada terminal listrik 3 kabel

Gambar posisi soket kerjakan sagur live, bebas dan grounding pada terminal listrik.
Contoh pencantuman kabel isi 2 ke terminal setrum dengan switch

Plong dasarnya pemasangan kabel isi 2 ke terminal listrik dengan switch mirip dengan pemasangan kabel isi 3 ke perhentian elektrik tanpa switch.

Plong pemasangan kabel isi 2 (galibnya bercat biru dan coklat atau hitam), kabel disambungkan cuma ke jongkong live dan netral (puas gambar lingkaran bercelup biru dan coklat), sedangkan kolek grounding (lingkaran warna kuning) lain digunakan. Lakukan makin jelasnya boleh dilihat sreg bentuk.

memasang kabel pada terminal 2 kabel

Tulang beragangan pemasangan benang kuningan isi 2 puas setopan dengan switch (nan dipasang hanya sagur live dan bebas)

Hal terpenting dalam menyambung jalur listrik yaitu
jangan sampai setiap jalur tersambung ke jalur elektrik yang lain
karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya arus pendek (konsleting).

Padahal buat kempang live dan netral tidak segala apa-apa jika pemasangannya tertukar ataupun tersuling selama kedua jongkong tersebut tidak short atau terukir.

Setelah semua benang besi tersemat dengan baik, maka kalian bisa menudungi kembali rumah penutup terminal yang sebelumnya dibuka.

Sambungkan AC power plug

Sambungkan ujung telegram lainnya ke plug AC power. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendedahkan rumah berasal power plug dengan menunggangi drei, kerjakan posisi baut kalian dapat melihatnya puas gambar (lingkaran berwarna berma)

membongkar AC power plug

Gambar posisi baut untuk membeberkan kondominium pecah AC power plug.
Contoh pemasangan kabel isi 3 ke plug AC power dengan switch.

Seperti penyambungan pada setopan listrik, benang besi biru dan coklat disambungkan ke jongkong live dan adil (lingkaran warna dramatis dan coklat plong rang) dan kabel asfar disambung ke jalur grounding (galangan corak kuning).

Sreg plug AC power ini juga terwalak intiha benang tembaga sehingga sehabis seluruh kabel disambungkan jangan lalai buat mengunci kabel sehingga kerukunan jika terhibur.

cara memasang kabel power plug

Gambar baut pemasangan jalur listrik. Biru dan coklat – live dan objektif, asfar –grounding, merah baut pengunci telegram.

Biaya siluman untuk pemasangan benang besi minus skun Y plong model soket semacam ini adalah dengan memperdua kabel dan menyimpulkannya dengan baut sehingga sreg saat dibaut sreg terminal, kabel akan terpasang dengan kencang (bisa dilihat sreg gambar).

DIY memasang kabel ke terminal tanpa skun

Gambar cara memasang benang tembaga 3 corak ke colokan alias steker tanpa skun

Setelah semua jalur terpasang dengan baik, maka jangan lupa juga cak bagi meletuskan rumah dari plug AC power dan kencangkan dengan baut.

memasang kabel ke power plug

Gambar hasil pemasangan benang tembaga ke AC power plug
Contoh pencantuman kabel isi 2 ke AC power plug tanpa switch.

Pertama-tama nan harus dilakukan lega AC power plug tipe ini adalah memasukkan apartemen AC power plug ke telegram terlebih silam.

Lalu sagur yang dipasang
namun jalur Live dan netral saja
(gudi corak spektakuler dan coklat) sedangkan kolek grounding tidak perlu dipasang.

Plong AC power plug keberagaman ini terdapat juga pengunci kabel, makara selepas semua jalur terpasang dengan baik pasangkan juga pengunci kabelnya.

memasang kabel ke power plug tanpa switch

Bentuk kempang pemasangan kabel listrik ke AC power plug minus switch (biru dan coklat – Live dan independen, merah – pengunci benang besi)

Selepas semua sagur terbentang dengan baik, kalian suntuk memasangkan kembali rumah AC power plugnya dan kencangkan dengan baut.

DIY power plug tanpa switch

Gambar AC power plug tanpa switch yang telah terpasang

Bagi cara memasang kabel 3 warna ke colokan atau steker tanpa switch bisa dilihat di gambar dibawah ini.

Gambar cara memasang kabel 3 warna ke colokan

Bentuk prinsip meledakkan dawai 3 rona ke colokan

Tes Setopan Listrik Buatanmu

Pasca-
menginstalasi kabel setrum
sreg terminal dan AC power plug, maka langkah selanjutnya adalah mengetes setopan listrik yang sudah dibuat dengan mencolokannya pada sumber listrik.

Jika switch di on cerek maka lampu akan menyala maupun jika kalian menggunakan terminal tanpa switch dapat dicoba dengan cara mencolokan peralatan listrik ke terminal listrik yang sudah lalu kalian buat.

DIY terminal listrik

Gambar terminal setrum yang sudah dirakit

tes DIY terminal listrik

Gambar pengetesan terminal listrik yang mutakadim dirakit

Yang harus diperhatikan pada momen merangkaikan terminal listrik maupun menyandingkan stop kawin,
hilangkan malah dahulu sumber listrik
dan
semua jalur kawat tidak boleh terjadi short.
Dengan hal ini pekerjaan menjadi bertambah aman dan mencegah terjadinya kesetrum maupun konsleting.

Nah, sepan mudah lain cara pasang colokan listrik ataupun terminal listrik ini? Seharusnya kata sandang ini berguna ya!

Kalian juga bisa menjadikan terminal benang tembaga listrik ini bak kebolehjadian aksi, lho! Segera dapatkan bahan-bahannya di S-leher.com dan kalian bisa menjualnya, karuan untung!

Source: https://www.s-gala.com/blog-post/memasang-terminal-listrik-2-kabel-3-kabel