Cerpen Bahasa Sunda 5 Paragraf

Bahasa sunda yakni bahasa dengan besaran penutur terbanyak kedua di indonesia sesudah bahasa jawa, makin terbit 40 juta penutur yang tersebar di daerah jawa barat dan banten. Di awal tahun 2000an bahasa sunda merupakan mata pelajaran wajib sewaktu saya duduk di sekolah pangkal, seandainya padanan-p versus mengalami juga difase itu berarti kita satu angkatan.

Bahasa sunda mutakadim menjadi bahasa ibu umum jawa barat dan banten, dimana keseharian warganya berkomunikasi menggunakan bahasa sunda yang sudah dimuali sejak zaman nenek moyang hingga momen ini. Berbicara mengenai bahasa sunda, seketika saya mengingat dulu hari masih SD guru menyuruh kita membuat semacam catatan atau cerpen menggunakan bahasa sunda lengkap dengan artinya. Cerpen dalam bahasa sunda disebut CARPON (carita dangau) yang artinya sama dengan cerpen.

Sebagus bagusnya cerpen nan kita tulis hari sd jika masih suka-suka arsipnya sampai sekarang, coba dibaca kembali karuan ketawa-ketawa sendiri “mengapa bisa yah saya nulis cerpen kayak gini”  sewenangwenang acakan mutakadim pasti, ditambah gak nyambung atau amburadul. Maklumlah kala itu kita masih belum mencerna apa-segala apa.

Dan waktu ini saya ingin sekali mengulang masa itu kembali, akan tetapi dengan kualitas tulisan yang pastinya lebih baik dari tempo dulu. Saya akan menuliskan abstrak cerpen bahasa sunda dan artinya yang lebih relevan dengan nyawa dimasa sekarang.

Contoh kumpulan cerpen singkat bahasa sunda dan artinya

Contoh kumpulan cerpen sumir bahasa sunda dan artinya

Kamil cerpen bahasa sunda adapun tata susila kemustajaban dan artinya

Di hiji bahan kadua babaturan berangkat sakola dina cuaca keur hujan angin maribis
Disuatu hari dua orang sahabat menginjak ke sekolah disaat pendar sedang hujan gerimis

Jarak ti imah ka sakola duga-kira 1km bari jeung ngaliwatan leweung jeung sawah
jarak dari rumah ke sekolah sekitar 1km dengan melangkahi hutan dan sawah

Di tungtung jalan eta barudak nempo baterai-aki kokoseran katindih sapedah anu mawa beas
diujung jalan dua orang sahabat itu mengaram seorang cikal bakal tertimpa sepeda nan membawa beras

“weuy din tempo itu aya jalema kunaon nyah karunya amat” ngomong si asep bari nunjuk eta jalema
eh din lihat itu orang kenapa yah kasian amat” sejumlah sang asep sambil nunjuk khalayak tersebut

“Geus sep ulah mikiran nukitu, iyeu urang sakola geus kaberangan” nyaletuk si udin bari nyekel lengen si asep.
“udah sep jangan mikirin itu, kita ini sekolah udah kesiangan” bales si udin sambil menyeret tangan si asep.

Teu loba besar kecek dei si asep serampak ngejat nulungan eta lampu senter-aki
tanpa basa-basi sang asep sekaligus lari menonglong kakek itu

“Abah teu nanaon, kumaha biena iyeu bah bisa katindih sapedah kie” sabari ngangkat eta sapedah
“kakek gak apa-segala, gimana ini kok bisa ketimpa sepedah gini” serempak megankat itu sepedah

Diatas adalah transendental cerpen pendek bahasa sunda nan mengandung ponten guna yang sudah semestinya kita contoh. Pecah cerpen diatas mengajarkan kita untuk saling peduli terhadap sesama dan tolong menolong kepada yang sedang kesusahan. Lain pangling disetiap suatu kalimat saya sertakan terjemahan bahasa indonesia dibawahnya agar hamba allah nan tak paham bahasa sunda bisa mengerti.

Contoh cerpen mengenai liburan sekolah dan artinya

Harita kahirupan di kampung eta kacida adem ayem , wargana alakur harade katatangga jeung arwah gotong royongna perlu diconto ku generasi ayeuna.
Dulu atma di kampung itu campah tentram, warganya baik rukun dengan setangga dan umur gotong royongnya patut dicontoh makanya generasi sekarang.

Aya dua babaturan anu kacida pisan hobina bunga tasbih ngeseup, nyaeta sang asep jeung udin.
Ada dua sahabat yang lewat hobi sekali mancing, ialah si asep dan udin.

Lamun tos dongkap waktosna libur sakola, teu aya dei pagawean iwal tina ngusep ti isuk mantare nepi ka tunggang.
Apabila sudah menginjak waktunya libur sekolah, tak cak semau kerjaan kecuali mancing bersumber pagi sampai sore.

Hiji mangsa asep jeng udin ngusep di cigede ditempat anu sakumaha konvensional barudak ngusep, sanarien dina poe etamah barudak ngusepna siringan jadi unggul loba laukna.
Suatu hari asep dan udin mancing di barangkali ditempat biasa mereka mancing, tidak seperti mana biasanya dihari itu mereka sedang berkat sehingga dapat ikan banyak.

Ekeur kelar-kelarna ngusep si udin nyaletuk “sep, parangsa iyeu cai lila-lila naek jeng bari kiruh nyah”
Sedang asik-asiknya mancing si udin ngomong “sep, manah ini air lama-lama naikditambah risau lagi”

“Geus kelakuan loba besar mulut dia din nu pentingmah urang unggul lauk loba” nembal sang asep sabari narik lauk”
“Udahlah din jangan banyak ngomong nan berarti kita dapat ikan banyak” jawab sang asep refleks strike narik lauk”

Lila-kalila cai ngadean bae bari jeung rungkang awi kadebong cau palid kabawa arus, iyeu ngarana ca,ah maling. Dimana hujan gede di hulu sahengga nyebabkeun diseminasi cai ka ambang gede.
Lama-kelamaan air peredaran tambah besar mengangkut sampah ranting bambu dan kdebong pisang hanyut terbawa arus, ini dinamakan (ca,ah maling) Dimana hujan osean turun dihulu sehingga menyebabkan aliran air kehilir ki akbar.

Sang asep teu ereun-ereun titadi narikan ikan bae, tapi si duin katempona senewen ningali cai ngagedean bae.
Si asep lain henti-hentinya strike terus, tapi si udin terpandang resah melihat air kian makin membengkak.

“Sep balik yu, moal endah iyeu diterusken mah bisi cilaka” ngabejaan si udin kasi asep
“Sep balik yuk, ga bener nih kalu diterusin takutnya bahaya nanti” ngasih tau sang udin kepada si asep.

 Teu make aba-aba dei sang udin ngadurusut ngejat kulantaran nempo cai ti jauh jiga ombak laut.
Tanpa aba-aba pun si udin lari terbirit-pantat melihat air semenjak jauh sebagaimana ombak laut.

“Din..din.. kumaha geus menang loba sia?” nanya si asep bari ngalieuk kaburi eweuh sasaha.
“din..din..gimana udah dapat banyak belum kamu?” tanya si asep sambil melihat kebelakang.

Patut nempo kaburi si duin geus aya di tonggoh “sep gera naek itu cai gede” gorowok si udin di tonggoh.
Pas melihat kebelakang sang udin sudah terserah diatas “sep cepetan naik itu air tambah gede” teriak si udin berpunca atas.

“Anjir eta sieta aing abadi ditinggalkeun” teu loba besar mulut dei sang asep sederum ambarasat ngejat, sampe lauk jeung usepgeh poho teu kabawa.
“Anjir itu si udin gaung  sampe ditinggalin” minus banyak bicara kembali sang asep langsung lari dengan kelancaran munjung, sampai iwak dan joran ketinggalan.

Itulah pola cerpen dalam bahasa sunda beseta artinya, kendati makin mudah dibaca sengaja terjemahannya saya garis benyot. Segitu dulu untuk contoh cerpennya, lain kali akan terus saya update koleksi cerita dalam bahasa sunda lainnya yang kian menarik dilain waktu.




Semoga bermanfaat,
hatur nuhun.

Source: https://www.kanglana.com/2020/05/contoh-kumpulan-cerpen-singkat-bahasa-sunda-dan-artinya.html

Posted by: caribes.net