Riau dikenal memiliki kebudayaan dan kesenian yang eksotis di Indonesia. Seperti apakah kebudayaan Riau yang khas itu?

Temukan jawabannya di artikel Finansialku kali ini. Selamat membaca.

Kebudayaan Riau, Provinsi di Ujung Barat Indonesia

Budaya Riau memiliki ciri khas andai kultur Melayu. Kebiasaan dan tamadun jawi nan mengatur tingkah laku dan kegiatan mahajana yang bertempat tinggal di daerah ini.

Kebudayaan ini juga dipengaruhi maka itu budaya-budaya umat selam. Untuk memahami seterusnya adapun tamadun dan kesenian idiosinkratis Riau, simak ulasan berikut.

Kepulauan Riau ialah sebuah provinsi yang sejak lama sudah menunjukan perkembangannya. Kebudayaan di provinsi ini mempunyai beraneka spesies jenis suku di dalamnya.

Diantaranya yaitu suku Melayu dan etnis Tionghoa, Jawa, Bali, Bugis, dan Batak. Fungsi kebudayaan pada kebanyakan merupakan bakal meningkatkan harkat dan martabat cucu adam.

[Baca Juga:
7 Kancah Kuno di Indonesia Buat Wisata Edukasi]

Dengan kata tidak bahwa Kebudayaan kepulauan Riau berfungsi untuk meningkatkan harkat dan martabat masyarakat di sana.

Wujud Tamadun di Wilayah Riau

Budaya Riau hampir sebagaimana kultur di Sumatera, Malaysia, dan Singapura. Keadaan ini disebabkan karena daerah mereka yang mepet, menjadikan suku kebudayaan khas negeri Riau didominasi makanya suku Melayu.


Berikut akan dijelaskan akan halnya tamadun yang dianut oleh masyarakat Riau.


#1 Rumah Adat khas Budaya Riau

Rumah adat daerah ini dinamakan Selaso Jatuh Kembar. Apartemen ini merupakan palagan tinggal yang digunakan oleh para pasak negeri maupun pemangku sifat. Rumah adat ini menjadi salah satu unsur kebudayaan Kepulauan Riau.

[Baca Juga:
Mengenal Berbagai Kebudayaan Khas Wonogiri]

Dengan titik berat-aksen yang menghiasi kondominium rasam ini semuanya berhiaskan tatahan. Dengan ukirannya yang memiliki corak berbeda-beda antara yang satu dengan nan lainnya.


Di dalam apartemen aturan ini, dilengkapi kembali dengan Aula Aturan. Dimana ruangan ini dipergunakan untuk berbuat pertemuan dan musyawarah.

Mengenal Kebudayaan Dan Kesenian Khas Riau, Provinsi Di Ujung Barat Indonesia - 02 - FInansialku

Perigi: pelajarindo.com – https://bit.ly/3yLNitH


#2 Pakaian Adat Menjadi Bukti Budaya Riau

Dengan adanya pakaian resan, menunjukan bukti bahwa melayu Riau punya peradaban nan maju. Karena memiliki baju rasam yang bermacam-macam sesuai dengan kebutuhan.

Untuk pria menggunakan busana resan konkret pakaian Kurung Cekak Benturung atau biasa disebut dengan baju Kurung Belanga.


Tampilan gambar pakaian ini mirip dengan baju muslin yang dipadukan dengan lancingan strata yang longgar. Kemudian dilengkapi dengan sarung dan kopyah.

Sedangkan kerjakan wanita menggunakan gaun konkret pakaian Kurung Kebaya Laboh. Kedua pakaian adat ini ialah salah satu pusaka kebudayaan Riau yang pelahap digunakan pada saat upacara adat atau pernikahan.

Tampilan berpunca baju adat ini sangat tertutup dan panjang. Hal tersebut menunjukkan poin-biji kesopanan nan sangat dijunjung jenjang oleh umum setempat.

[Baca Juga:
Kenapa Ya Namanya Baju Koko? Yuk Tatap Sejarahnya!]

Dengan desain nan terlambat, menjadikan pakaian ini terlampau erat dengan gaya pakaian melayu. Provisional motif nan dimilikinya lampau khas dan kental akan tradisi melayu.


Baju yang dikenakan oleh laki-laki dan wanita mempunyai kesetaraan yang tidak jauh berbeda puas bagian aksesoris.

Mengenal Kebudayaan Dan Kesenian Khas Riau, Provinsi Di Ujung Barat Indonesia - 03 - FInansialku

Sumber: greatnesia.id – https://bit.ly/3xxzsux


#3 Senjata Tradisional Riau

Senjata tradisional yang terkenal di daerah ini dinamakan pedang jenawi. Candrasa ini biasanya digunakan oleh senapati. Sedangkan para prajuritnya menunggangi klewang sebagai senjatanya.

Mengenal Kebudayaan Dan Kesenian Khas Riau, Provinsi Di Ujung Barat Indonesia - 04 - FInansialku

Sumber: failfaire.org – https://bit.ly/2TTrVrp


#4 Tari Tandak Umpama Tari Tradisional

Salah satu ciri khas peradaban Riau yaitu pada tarian tradisionalnya. Tarian ini dinamakan tari Tandak. Tarian ini biasa ditampilkan oleh seorang laki-laki dan sejumlah dayang.


Selain itu, tarian ini ditampilkan dengan beberapa nada dan alunan lagu. Tarian ini ialah tari wasilah yang adv amat digemari di daerah Riau.

Mengenal Kebudayaan Dan Kesenian Khas Riau, Provinsi Di Ujung Barat Indonesia - 05 - FInansialku

Sumber: bp.blogspot.com – https://bit.ly/2TVQvYL


#5 Alat pencernaan Khas Riau

Bolu Kemojo merupakan salah satu peranakan khas yang memang menjadi hal wajib bagi dibeli di daerah ini. Rasanya yang enak membuat Engkau akan terkesan untuk menjadikannya oleh-oleh.

Mengenal Kebudayaan Dan Kesenian Khas Riau, Provinsi Di Ujung Barat Indonesia - 06 - FInansialku

Sumber: craftlog.com – https://bit.ly/2TUeeID


#6 Permainan Congklak

Salah satu teoretis kebudayaan Riau yaitu permainan cokar. Congklak merupakan salah suatu kebudayaan daerah yang masih setia lestari sebatas waktu ini.

Dengan bahan dasar bersumber kayu berbentuk kusen nan panjang, disertai dengan 14 anak asuh korok dan 2 lubang besar sebagai induknya.

[Baca Juga:
Ini Dia Bedanya Kebudayaan Reog Ponorogo dan Reog Jawa Barat]

Kesenian ini dilakukan oleh dua orang yang dimainkan secara bergantian. Congklak adalah permainan dengan meletakkan seluruh biji rangah di fragmen ujung kidal dan kanan.

Kemudian dimainkan dengan mengikuti kaki. Permainan ini ditampilkan cak bagi melatih kolaborasi dan kekompakkan antara satu selevel tak. Permainan ini selalu diadakan pada saat upacara maupun pada festival-festival.

Mengenal Kebudayaan Dan Kesenian Khas Riau, Provinsi Di Ujung Barat Indonesia - 07 - FInansialku

Sendang: tgrcampaign.com – https://bit.ly/2UxZyPu


#7 Organ musik Gambus

Riau adalah salah satu wilayah yang strategis dan memiliki banyak budaya-budaya warisan kerajaan nan pernah mendudukinya. Riuk satu peninggalan seni budaya individual Riau  tersebut yaitu alat musik gambus.

Gambus merupakan perabot musik dengan menggunakan senar yang memiliki bentuk mirip seperti gitar. Bedanya, lubang plong instrumen musik gambus ditutupi menggunakan selerang kambing atau kulit ikan antah.

Senar pada alat irama gambus n kepunyaan banyak variasi, menginjak dari dua senar sampai 12 senar.

Gambus dimainkan dengan mandu dipetik, biasanya diiringi dengan instrumen-gawai irama enggak. Alat musik gambus ditampilkan dalam orkes gambus, yang biasanya digunakan untuk mengiringi Tari Zapin.

[Baca Juga:
10 Festival Kebudayaan Minimum Seru di Indonesia, Wajib Lihat!]

Permainan musik gambus kerumahtanggaan budaya Riau punya berbagai macam maslahat. Arti permainan musik gambus diantaranya sebagai kendaraan komunikasi, kendaraan menyusun diri, dan mengiringi tarian tradisional.

Mengenal Kebudayaan Dan Kesenian Khas Riau, Provinsi Di Ujung Barat Indonesia - 08 - FInansialku

Sumber: indonesiakaya.com – https://bit.ly/3AEkLI2


#8 Bahasa Utama Provinsi Riau

Provinsi Riau ialah kewedanan yang kreatif akan kebudayaan yang lahir dari berbagai suku nasion. Bahasa provinsi yang digunakan dalam keseharian yaitu menggunakan Bahasa Melayu Riau.

Bahasa ini mirip dengan Bahasa Indonesia. Pemilihan Bahasa ini misal akar Bahasa Indonesia nan sesuai dengan kebijakan pemerintah Hindia-Belanda.

Yuk Jalan-urut-urutan ke Riau yang Penuh dengan Budaya Menarik

Kebinekaan seni budaya Riau seharusnya harus terus dilestarikan. Dikarenakan lakukan menyingkir peradaban luar yang masuk dengan begitu cepat melalui berbagai ragam sandi hayat di masyarakat.

Situasi ini sangat terdepan supaya enggak menggusur keberadaan budaya di provinsi ini. Para
traveler
mesti tahu warna-warni keanggunan ini agar bisa mempertahankannya.

Nah, sebelum Sobat Finansialku
traveling
ke Riau, pastinya harus menyiapkan dana bakal liburan terlebih terlampau. Mengapa hal ini terlazim dilakukan?

Temukan jawabannya n domestik
audiobook
Finansialku di pangkal ini.

banner -mengapa perlu menyiapkan dana liburan (1)


Ternyata, informasi di atas memang suntuk bermanfaat bagi para traveler. Kaprikornus, ayo share artikel ini lega sesama pecinta kebudayaan Indonesia sebagai referensi agenda travelling selanjutnya.
 Horizon
erima kasih.

Penyunting: Maria Christianti

Perigi Referensi:

  • GridKids.
    Budaya dan Kekhasan Provinsi Riau – Kilat Budaya Indonesia. Youtube.com – https://bit.ly/3r6DCHy
  • Admin.
    Visi dan Misi. Disbud.riau.go.id – https://bit.ly/3e3HN1v

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3k0xRtj