Commercial Bills Of Exchange Adalah

Bayangin elo lagi jalan-jalan ke Korea Daksina terus mau jajan
tteokbokki. Sepan udah mau bayar, elo sampai-sampai ngeluarin selembar duit Rp100.000…. Kebayang nggak tuh, seberapa heran sang penjualnya? Terimalah, buat meninggalkan hal begitu juga ini terjadi, mari berlatih mengenai instrumen pembayaran antarbangsa!

Pengertian Alat Pembayaran Internasional

Sekiranya udah belajar tentang perdagangan internasional dan kebijakan internasional, elo pasti bakal bertanya-tanya, privat prakteknya sendiri, transaksi penggalasan jagat itu cara pembayarannya gimana, ya?

Baca Lagi:
Pengertian, Manfaat, dan Maksud Perdagangan Internasional – Materi Ekonomi Kelas bawah 11

Kayak ilustrasi yang gue kasih di awal tadi, kan nggak mana tahu ya, kita belanja di negara lain pakai mata komisi negara kita sendiri. Jadi bisa disimpulkan seandainya alat pembayaran yang dikabulkan dalam ekspor impor alam semesta disebut dengan alat pembayaran dunia semesta.

Tapi,
fyi
alat pembayaran ini nggak hingga komisi kertas atau koin yang sesuai dengan mata uang negara arena kita belanja, ya. Ada macam-macam gawai pemasukan perbisnisan internasional dan mungkin ini, gue bakal periksa tujuh yaitu:
cash payment,
transfer telegraphic/cable antaran,
bill of exchange/trade bill,
private compensation,
letter of credit, dan
open account.

Berbarengan aja kita pelajari satu persatu, yuk!

Cash Payment

Alat Pembayaran Internasional Uang Tunai Zenius Education
Uang dari bineka negara (Dok. WIkimedia Commons)

Cash payment
ini alat pemasukan jagat rat yang bakal elo jumpai kalau konteksnya elo pula jalan-jalan keluar negeri, ya. Makara ini ialah metode pembayaran internal transaksi dengan menggunakan komisi kertas ataupun logam sesuai dengan mata tip negara setempat. Kalau elo sekali lagi di Korea Selatan ya berarti pakai Won, di Jepang Rupe, di Perancis Rupe, di Amerika Serikat dagang Dollar, dan seterusnya.

Baca Pun:
Jenis Persen, Pengertian, Kelebihan, dan Teori Skor Uang – Materi Ekonomi Kelas 10

Transfer Telegraphic/Cable Order

Kalau radas pembayaran internasional ini sistem pembayarannya dengan cek yang dikirimkan melewati benang besi. Kita lanjutin kehaluan kita tadi, ya, cerek elo ceritanya komandan perusahaan nih, terus pun liburan di Korea Selatan. Pas lagi jajan
tteokbokki
baru inget elo belum bingkis gaji sida-sida! Nah, disini elo tenang aja, tinggal kerjakan cek terus elo kirim lewat telegram ke bank di Indonesia. Terus udah deh, nanti banknya yang bakal mengurus gaji karyawan.

Bill of Exchange/Trade Bill

Jikalau dengar pengenalan “bill”, pasti sederum kepikiran “tagihan”.
Yup,
bill of exchange
yakni surat perintah yang ditulis oleh pihak penjual bakal mengingatkan perunding untuk membayar plong tahun tertentu di waktu mendatang.

Prosesnya kayak gimana? Misalnya, terserah eksportir nan mengirim barang ke importir di luar negeri. Tapi selepas dikirim barangnya, importir nya belum bayar, nih. Nah, sang eksportir bisa sejumlah ke bank di negaranya akan halnya hal ini. Besok bank ini untuk mengapalkan wesel ke bank di negara gelanggang sang pengimpor bernas lakukan memberitahu dia harus bayar tagihannya itu pada saat.

Nanti, proses pembayarannya pun melalui calo kedua bank ini.

Elo boleh pelajari lanjut materi radas pembayaran internasional ini bersumber video belajar Zenius dengan klik
banner
berikut!

Pelajari materi Ekonomi di video materi belajar Zenius

Private Compensation

Private compensation
merupakan pengalihan penyelesaian tunggakan debit. Hah, kayak gimana, tuh?

Misalnya nih, eksportir A berpangkal Indonesia mengirimkan dagangan senilai ¥100 ke importir A di Jepang. Tinggal kebetulan, exportir B berasal Jepang mengirimkan dagangan senilai ¥100 juga ke importir B di Indonesia.

Dengan
private compensation
ini, “tempat bayar”nya makara bisa dipindahkan. Eksportir A harusnya mengakuri ¥100 berasal Jepang, tapi alih-alih importir A yang bayar, dapat digantikan oleh pengimpor B. Lho, terus yang bayar eksportir B siapa, dong, coba terka? Betul sekali, importir A! Makara kayak tukeran gitu, ya.

Alat Pembayaran Internasional Alur Private Compensation Zenius Education
Alur
private compensation
(Tembusan Zenius)

Letter of Credit (L/C)

Kalau perabot pembayaran internasional nan ini tuh di-handle
oleh bank. Jadi bank melakukan pembayaran ekspor-impor atas permintaan nasabah.

Karena dunia ini mayapada tipu-tipu, eksportir pasti ngeri juga kalau udah kirim produk ke importir, eh malah nggak dibayar. Sebaliknya, importir pun pasti takut kalau udah bayar ke eksportir, barangnya malah nggak dikirim.

Nah gimana dong biar selaras-sama sunyi? Caranya, pengimpor nanti membuka
letter of credit
ke
issuing bank
di negaranya. Nanti bank ini bakal memperlainkan jaminan pembayaran yang akan dikirim ke
confirming bank
di negara sang eksportir. Nah, bank inilah yang nantinya akan mengemukakan L/C nya ke eksportir.

Sudahlah kalau udah, belakang hari eksportir bingkis inskripsi pengiriman komoditas ke
confirming bank
kerjakan dicek, diteruskan ke
issuing bank
terus ke pengimpor, tulat pula kalau importir nya mau bayar bagi menerobos kedua bank ini lagi.

Open Account

Open account
ini alat pembayaran alam semesta yang penjelasannya bakal singkat banget, sih. Singkatnya, penyetoran dilakukan kemudian. Makara eksportir kirim barang ke importir, tapi pengimpor bayarnya setelah bilang waktu kemudian, sonder cengkau rajah apapun. Udah, gitu aja, simpel kan?

Consignment

Alat Pembayaran Internasional Ilustrasi Online Shopping Zenius Education
Ilustrasi
online shopping
(Guri. Pixabay)

Consignment
atau konsinyasi adalah pembayaran yang dilakukan setelah barang yang dikirim kayun sebagian alias bahkan seluruhnya. Mungkin kalau elo sering belanja
online, ini mirip-mirip sama
reseller
gitu.

Jadi eksportir kirim barang ke importir, tapi importir bayarnya nunggu barang-barangnya udah terjual dulu. Transaksinya juga
open account, makara nggak melampaui perantara apapun. Bintang sartan boleh dibilang,
open account
dan
consignment
ini makin berisiko.

Acuan Soal Alat Pembayaran Jagat

Oke deh, kita udah sampai di penghujung kata sandang, nih! Elo udah mempelajari tujuh radas pembayaran internasional. Gampang dipahami, morong?

Buat mengasah kognisi elo, gue udah siapkan beberapa contoh soal, nih. Coba lakukan, ya!

  1. Ketika berpesiar ke luar negeri, alat pembayaran tunai yang sahih digunakan adalah ….
    a. Ain uang Rupe
    b. Cek
    c. Alat penglihatan komisi negara tersebut
    d. Devisa
    e. Kartu kredit
  2. Transfer telegraphic
    adalah sistem pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan cek yang selanjutnya diteruskan maka itu ….
    a. Kurir
    b. Telegram
    c. Eksportir
    d. Pengimpor
    e. Nasabah
  3. Yang merupakan pembayaran internasional dimana pembayaran dilakukan setelah barang dikirim makanya eksportir minus tempah ialah ….
    a. L/C dan
    bill of exchange

    b.
    Open account
    dan L/C
    c.
    Bill of exchange
    dan
    trade bill

    d.
    Open account
    dan
    consignment

    e.
    Consignment
    dan
    trade bill

Pembahasan

  1. Jawaban:
    c. Saat berwisata ke luar negeri, umumnya pembayaran secara tunai menunggangi mata uang negara yang dikunjungi.
  2. Jawaban:
    b.
    Transfer telegraphic
    adalah sistem pembayaran yang dilakukan dengan menunggangi cek yang selanjutnya diteruskan maka itu telegram.
  3. Jawaban:
    d. Pada
    open account
    dan
    consignment, penyetoran dilakukan setelah komoditas dikirim oleh eksportir dan minus jaminan.

Well, sekian dahulu kerjakan artikel kali ini. Jangan pangling baca artikel materi lainnya di Zenius, ya!

Baca Juga:
Mata air dan Faedah Devisa Negara – Materi Ekonomi Inferior 11

Source: https://www.zenius.net/blog/alat-pembayaran-internasional

Posted by: caribes.net