Sesuai intruksi Menteri Republik Indonesia Prabowo Subianto pada masa minggu 19 Desember 2022, plong upacara peringatan Hari Bela Negara ke 73 di pekarangan Monenumen Tuggu Jago merah Soekarno Jakarta. Di dalam upacara tersebut beliau mengajak seluruh rakyat Indonesia kerjakan bersama selaras menjaga otonomi Negara Republik Inonesia (NKRI) dengan hayat bela negara.

Ini sejalan dengan UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 menyebutkan bahwa  bela negara merupakan Eigendom dan Kewajiban warnga negara “Setiap warga negara berwenang dan wajib ikut serta internal upaya pleidoi negara”

Memori peringatan bela negera ini bermula dari deklarasi Pemerintah Tentatif Republik Indonesia (PDRI) yang dibentuk sreg 19 Desember 1948 makanya Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat. Bagi mengenang sejarah pertentangan Pemerintahan Sementara Republik Indonesia (PDRI), pemerintah Republik Indonesia membangun Monumen Nasional Bela Negara di salah satu area yang gabungan menjadi basis PDRI dengan negeri seluas 40 hektare, tepatnya di Jorong Sungai Siriah, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Panca Puluh Kota, Sumatera Barat

Lantas bagaimana peranan  murid/ pelajar dalam rangka bela negara, tindakan petatar dalam upaya bela negara bisa tercermin dalam empat sikap, yaitu

  1. Menaati setiap kanun disekolah yang berlaku.
  2. Memiliki sikap misal seorang pelajar
  3. Membiasakan sungguh-sungguh
  4. Saling mengagungkan antar warga sekolah.

Selain itu para pelajar boleh melakukan upaya bela negara dengan mengajuk tuntunan Pendidikan Kebangsaan, yang diselengrakan di sekolah dan timbrung serta dalam membereskan kenalakan remaja antara tak boleh saling mengingatkan dan melakukan kegiatan positif seperti belajar bersama.  Sebagai pelajarpun dapat berpartisipasi dalam perlindungan dan penegakan hokum antara enggak :

  1. Mengormati ibu bapak guru kita baik pron bila kursus atau diluar jam pelajaran.
  2. Mentaati tata tertib sekolah dengan baik dan bermartabat
  3. Melaporkan ke pihak sekolah apabila terjadi pelanggaran hokum di lingkungan sekolah.

Banyak sekali nan dapat dilakukan siswa SMK Negeri 1 Rongga privat upaya  menunjukan kecintaanmu terhadap tanah air Indonesia dalam rangka bela negara. Di n domestik spirit di lingkungan masyarakatpun kalian harus takhlik bela negara, misalnya saling kontributif dalam membangun panggung ibadah, menjaga keamanan atau besikal, aktif intern kegiatan sosial, menciptakan kebersihan mileu dan saling menghargai perbedaan ras, kaki, budaya dan agaman.

Vitalitas Pelajar dan Guru Indonesia dan seluruh Tenaga Pendidikan, tangguh, Indonesia Bertaruk Jiwa, Bela Negara untuk Indonesiaku.