Contoh Gambar Kerajinan Non Benda

Berikut ialah soal indra penglihatan pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) kelas X SMA materi Perencanaan Persuasi Kerajinan Dengan Inspirasi Budaya Lokal Non Benda lengkap dengan kunci jawaban.


Soal Essay

  1. Apa yang dimaksud dengan kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda?
  2. Berikan ideal budaya tempatan yang dapat menginspirasi kerajinan usaha!
  3. Berikan komplet kerajinan yang terinspirasi dari budaya tempatan non benda?
  4. Bagaimana cara memulai sebuah ide atau gagasan propaganda?
  5. Berikan kamil menganalisa kerajinan usaha yang terinspirasi budaya tempatan?
  6. Tuliskan sember daya yang dimiliki oleh seorang wiraswasta?
  7. Tuliskan mengapa sosok dikatakan menjadi sumber utama terbit 6 mata air yang ada?
  8. Berikan contoh atas 6 sumber buku pendukung pembuatan kerajinan ampaian kunci !
  9. Tuliskan denotasi administrasi menurut sejumlah karyawan !
  10. Tuliskan kegiatan yang diperlukan administrasi nan kerajinan !
  11. Jelaskan yang dimaksud dengan desain dagang ?
  12. Apakah nan dimaksud dengan strategi usaha ?
  13. Tuliskan alasan sebuah strategi dibutuhkan dalam sebuah usaha ?
  14. Tuliskan kegiatan produksi nan turut dalam daftar perencanaan biaya ?
  15. Tuliskan variasi – varietas laporan keuangan yang dibuat firma buat penilaian kejayaan sebuah usaha ?

Kunci Jawaban

1. Kerajinan dengan inspirasi budaya lokal non benda ialah Operasi Kerajinan (benda) yang inspirasinya/ide pembuatannya berasal atau berkaitan dengan kebudayaan lokal/tradisional dalam distrik yang bukan benda.

2. Transendental budaya lokal yang dapat menginspirasi kerajinan usaha yakni laksana berikut:

  • Tari tarian tradisional,
  • seni pertunjukan dan panggung
  • ondel ondel,
  • wayang
  • lagu daerah, musik angklung
  • puisi, kelong, bahasa, isyarat kentongan sirene
  • cerita rakyat, dongeng, mitos, simbol / lambang tertentu
  • upacara adat, formalitas, festival daerah, tradisi
  • teknik / kecakapan / kepakaran eksklusif seperti pengrajin keris

3. Ideal kerajinan yang terinspirasi dari budaya domestik non benda:

  • Kaos dengan lembaga bentuk cerita rakyat
  • Batik bertamadun agar bertambah disuka anak muda
  • Topeng
  • Terompah kusen dengan riasan etnik
  • Gantungan muslihat dll.

4. Cara memulai sebuah ide maupun gagasan usaha atau Hierarki dalam menentukan ide manuver diantaranya adalah:

  • Ketahui kemampuan yang kalian miliki
  • Carilah sesuatu yang sedang trend
  • Berikan nilai tambah sreg produk yang tersedia
  • Membuat riset dan pengkajian di pasar
  • Menciptakan jenis produk alias jasa baru

5. Contoh menganalisa kerajinan usaha yang terinspirasi budaya lokal bakal produk kaos dengan motif karakter domestik:

  • Strenght kurnia atau kelebihan yang dimiliki perusahaan, Contohnya merupakan Bahan pakaian terbuat dari bahan berkualitas baik, Motif berbagai rupa dll.
  • Weakness yaitu kelemahan yang dimiliki maka itu perusahaan, bahan dasar painting langka, Kondisi lega pasar lebih menginginkan kualitas barang.
  • Opportunity : Peluang maupun kesempatan untuk berekspansi propaganda, Nyaman saat dipakai, karena mangsa berkualitas baik Konsumen merasa berkeyakinan diri karena motif tidak pasaran.
  • Threat: Gaham, gangguan, hambatan, Ada firma sekaum yang melakukan hal nan sama namun kualitas tekor.

6. Sumber daya yang dimiliki maka itu seorang wirausaha kerajinan yang terinspirasi berpokok budaya lokal harus memiliki 6 sumur daya berikut ini :

  • Man (Orang)
  • Money (Uang)
  • Material (Fisik)
  • Machine (Teknologi)
  • Method (Metode)
  • Market (Pasar)

7. Makhluk dikatakan menjadi sumber utama dari 6 sumber yang  suka-suka karena 5 sumber resep bisa dijalankan dengan baik apabila perigi daya manusianya lagi baik, artinya turunan memiliki akal busuk dan pengetahuan yang berlimpah memprakarsai ke 5 sumber daya nan dibutuhkan dalam dunia usaha.

8. Sempurna 6 sumber daya partisan pembuatan kerajinan sampaian sentral

  • Man (Manusia), sebagai pemilik ide dan gagasan, manusia yang memintal tema yang akan dituangkan atau diaplikasikan n domestik kerajinan. Manusia ini pula yang akan berfikir bagaimana mengelola 5 sumber daya yang lain.
  • Money (Uang) yaitu besarnya modal maupun dana yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha kerajinan
  • Material (Fisik), yaitu menentukan diversifikasi target nan akan digunakan, diutamakan gunakan bahan yang berkualitas baik untuk kenyamanan pelanggan.
  • Machine (Teknologi), yakni perangkat yang digunakan bikin menjatah fasilitas manusia dalam produksi kerajinan seharusnya lebih efisien masa.
  • Method (Metode), ialah cara atau metode lakukan proses sebuah produksi semoga lebih efektif target dan efesien waktu pemasangan.
  • Market (Pasar) adalah tempat nan dipakai untuk memasakkan barang, dibutuhkan kemampuan anak adam hebat buat memperdagangkan barang dan banyak terjual kepada konsumen. Dibutuhkan trik dan cara jitu dalam memasarkan komoditas.

9. Pengertian administrasi menurut beberapa karyawan, ialah:

Administrasi yakni suatu proses yang biasanya terdapat pada usaha kelompok negara, swasta, sipil, maupun militer serta berbagai bentuk perhimpunan bakal mencapai maksud bersama.

10. Kegiatan nan diperlukan administrasi kerajinan

  • Persediaan barang, incaran yunior, barang dagangan, dan sebagainya.
  • Utang dan piutang dagang.
  • Pertinggal – surat perkariban membahu dan tanggapannya.
  • Para pemesan komoditas, alamatnya, dan pron bila harus dilayani.

11. Desain kulak adalah Perencanaan manuver yang bertujuan untuk menjelaskan secara pendek mengenai bidang usaha nan akan dijalankan beserta potensi produk dan kemungkinannya bakal bertahan dan berkembang di musim depan.

12. Strategi bisnis adalah jihat tindakan ataupun serangkaian keputusan yang membantu pengusaha dalam mencapai tujuan tertentu dan merupakan kombinasi mulai sejak semua keputusan yang diambil semenjak tindakan yang dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai tujuan bisnis dan lakukan mengamankan posisi kompetitif di pasar.

13. Berikut alasan mengapa sebuah kebijakan dibutuhkan dalam sebuah manuver:

a. Perencanaan

Ketatanegaraan membahu merupakan bagian dari rencana bisnis. Temporer bentuk membahu menetapkan intensi dan sasaran, ketatanegaraan memberi Kalian cara bakal menepati tujuan itu. Ini merupakan susuk bakal menjejak tempat yang Kalian inginkan.

b. Kekuatan Kelemahan

Kalian harus memaklumi tentang kekuatan dan kelemahan Kalian yang sebenarnya sambil merumuskan politik. Selain itu, ini sekali lagi kondusif Kalian n domestik memanfaatkan apa yang Kalian kuasai dan menggunakannya untuk menutupi kelemahan Kalian alias menghilangkannya.

c. Kesangkilan & Efektivitas

Ketika setiap awalan direncanakan, setiap sumber daya dialokasikan, dan semua orang tahu barang apa nan harus dilakukan, kegiatan bisnis menjadi kian efisien dan efektif secara otomatis.

d. Keunggulan kompetitif

Strategi bisnis berfokus pada memanfaatkan kekuatan niaga dan menggunakannya sebagai keunggulan kompetitif buat memposisikan logo dengan cara nan ter-hormat. Ini memberikan identitas pada bisnis dan membuatnya unik di ain pelanggan.

e. Yuridiksi

Secara bersamaan, strategi kulak sekali lagi membelakangkan rencana yang harus diikuti dan harapan provisional yang harus dicapai. Tentunya ini akan membuat Kalian kian mudah lakukan mengontrol kegiatan dan mematamatai apakah semua bepergian sesuai rencana.

14. Kegiatan produksi yang timbrung intern daftar perencanaan biaya, yakni:

  • Biaya produksi
  • Biaya gaji karyawan
  • Biaya ongkos kirim
  • Biaya sewa konstruksi alias ruang
  • Biaya listrik, Internet dan telepon

15. Permakluman keuangan nan dibuat perusahaan kerjakan penilaian kemajuan sebuah operasi, antara lain:

  • Laporan arus kas
  • Laporan laba rugi firma
  • Laporan Proporsi
  • Laporan perlintasan modal

Budaya tradisional area dan material serta teknik solo daerah merupakan potensi yang harus dikembangkan sehingga lestari dan menjadi arti lakukan daerah. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya tradisional nan farik-beda. Ekspansi dari setiap budaya tradisional tersebut akan menjadi gana bersama yang luar legal, yang akan memasrahkan rona bagi kejayaan nasion Indonesia di masa depan. Salah satu kekayaan pengembangan budaya leluri adalah melalui pengembangan kerajinan.

Proses perancangan kerajinan diawali dengan pemilihan sumur inspirasi dan pengejaran ide komoditas kerajinan, pembuatan sketsa ide, pembuatan penekanan lengkap kerajinan, dilanjutkan dengan pembuatan petunjuk produksi. Ide kerajinan dengan inspirasi budaya lokal akan dikembangkan menjadi produk kerajinan yang akan diproduksi dan siap dijual. Dengan demikian produk yang dihasilkan harus punya nilai estetik dan inovasi hendaknya diminati pasar.

Perancangan kerajinan dengan inspirasi budaya nonbenda akan pertal sesuatu nan abstrak (tak subur) menjadi benda (berwujud). Misalnya, inspirasi diambil bermula sebuah narasi rakyat (tak bernas) menjadi sebuah diorama mini yang menggambarkan riuk satu adegan dalam cerita rakyat tersebut. Contoh lain adalah mengambil inspirasi berpunca kepercayaan asosiatif (bukan mampu), kontol enggang bagi dibuat menjadi ide buat tekstil maupun busana (benda). Tingkatan penyulihan meliputi: kesadaran terhadap makna simbol; mencari kata kunci yang dapat menjadi asal dari pengembangan ide produk; mencari ide-ide kemujaraban dan tulangtulangan kerajinan.

Pengejaran Ide Produk

Kita telah mengenali berbagai kekayaan budaya non benda di daerah setempat, dalang-tokoh cerita rakyat, filosofi dari kelong, simbolsimbol, cerita rakyat dan dansa tradisional. Pengetahuan dan sanjungan kita terhadap hal-hal tersebut dapat mendorong munculnya ide untuk pembuatan dagangan kerajinan. Ide bisa unjuk secara tidak bersambungan, dan lain lengkap, tetapi dapat juga unjuk secara utuh. Salah satu dari kita bisa doang memiliki ide tentang suatu bentuk unik yang akan dibuat. Ide tulang beragangan tersebut akan menuntut kita bikin merenungkan teknik apa nan tepat digunakan dan produk apa yang tepat bakal rancangan tersebut. Keseleo satu dari kita juga bisa sahaja mendapatkan ide atau bayangan tentang sebuah produk nan ingin dibuatnya, material, proses dan gawai yang akan digunakan secara utuh. Untuk memuluskan pencarian ide ataupun gagasan cak bagi rancangan kerajinan dengan inspirasi budaya non benda, mulailah dengan memikirkan hal-hal di bawah ini.

• Budaya nonbenda segala apa yang akan menjadi inspirasi? • Produk kerajinan apa yang akan dibuat? • Mengapa produk kerajinan tersebut dibuat? • Boleh jadi yang akan memperalat komoditas kerajinan tersebut? • Bahan/material segala apa yang barang apa namun nan akan dipakai? • Rona dan/atau motif apa yang akan digunakan? • Adakah teknik rona tertentu yang akan digunakan? • Bagaimana proses pembuatan produk tersebut?

• Alat segala yang dibutuhkan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa diungkapkan dan didiskusikan internal kelompok dalam rangka curah pendapat (
brainstorming
). Pada proses

brainstorming

ini, setiap anggota gerombolan harus membebaskan
diri lakukan menghasilkan ide-ide yang beragam dan setinggi-tingginya. Pasrah kesempatan juga cak bagi munculnya ide-ide yang enggak masuk akal sekalipun. Tuangkan ide-ide tersebut ke dalam buram coretan ataupun sketsa. Daya sukses mulai sejak tahap

brainstorming

dalam kerubungan ialah jangan ada perhatian tegak salah, setiap orang berkuasa mengeluarkan pendapat, saling menghargai pendapat musuh, boleh menerimakan ide yang merupakan perkembangan dari ide sebelumnya, dan jangan lalai menyadari setiap ide yang muncul. Curah pendapat dilakukan dengan semangat untuk menemukan ide baru dan inovasi. Usia dan keberanian kita buat mengepas takhlik inovasi baru akan menjadi bekal kita berkarya di masa depan.

Membentuk Lembaga/Sketsa

Ide-ide barang, rajah atau rancangan terbit produk kerajinan digambarkan atau dibuatkan sketsanya agar ide yang paradigma menjadi berwujud. Ide-ide rancangan dapat digambarkan sreg sebuah taktik atau lempengan daluang, dengan menggunakan pinsil, spidol ataupun bolpoin dan sebaiknya hidari penggunaan setip. Tariklah garis tipis-tipis dahulu. Jika ada garis yang dirasa cacat tepat, abaikan hanya, buatlah garis bukan pada bidang kertas yang sama. Demikian seterusnya sehingga ia
bahaduri menarik garis dengan tegas dan lebat. Gambarkan idemu sebanyak-banyaknya, bisa berupa variasi komoditas, satu produk nan memiliki fungsi sama, tetapi dengan bentuk nan berbeda, produk dengan bentuk yang seperti mana dandan dan motif nan farik.

Pilih Ide Terbaik

Setelah beliau menghasilkan banyak ide dan menggambarkannya dengan sketsa, start pertimbangkan ide mana yang paling baik, menyurutkan dan memungkinkan cak bagi dibuat.

Prototyping maupun Membuat Penekanan Komplet

Sketsa ide yang dibuat pada tahap-tahap sebelumnya yakni format dua dimensi. Artinya hanya digambarkan plong rataan datar. Kerajinan nan akan dibuat berbentuk tiga ukuran. Maka, penajaman bentuk lebih jauh dilakukan dalam format tiga dimensi, yakni dengan studi model. Pengkhususan contoh dapat dilakukan dengan material sebenarnya maupun bukan material sepantasnya.

Perencanaan Produksi

Tahap selanjutnya adalah membuat perencanaan untuk proses produksi alias proses pembuatan kerajinan tersebut. Prosedur dan langkahlangkah kerja dituliskan secara jelas dan detail agar pelaksanaan produksi bisa dilakukan dengan mudah dan terencana.

Source: https://memenangkan.com/contoh-kerajinan-dengan-inspirasi-budaya-non-benda

Posted by: caribes.net