Contoh Kalimat Bahasa Sunda Halus

Brilio.serok –
Keberagaman di Indonesia memang menjadi salah satu sumur aset negara kesatuan dengan buram tadbir republik ini. Bakir memang bukan saja tentang persen. Indonesia menempati urutan ke-4 andai negara dengan jumlah penduduk terbanyak yaitu 273.879.750 jiwa, varian Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) pada 2022.

Tipe di Indonesia mencakup bahasa, suku, agama, budaya, kepercayaan, ras, dan bangsa. Belum lagi kekayaan alamnya yang melimpah berupa rimba, laut, patra dunia, gas, batu bara, hingga emas. Maka tak heran jika Indonesia digadang-gadang menjadi jantung bumi. Sama sekali, tiap provinsi kembali n kepunyaan potensi alam tersembunyinya masing-masing.



Keberagaman di Indonesia nan paling comar disenggol adalah berbagai bahasanya nan unik. Seperti di Sumatera Utara dan Madura yang dikenal bahasanya keras karena intonasi yang digunakan begitu juga orang yang sedang marah-marah. Kemudian Yogyakarta dan provinsi Jawa lainnya yang memiliki bahasa berkiblat halus tinimbang provinsi bukan. Terserah juga Riau yang bahasanya kental akan percampuran dengan bahasa Melayu.

Sama dengan halnya Sunda, bahasa nan dipakai di daerah provinsi Jawa Barat yang terkenal akan keramahannya. Sunda dikenal sebagai bahasa yang eksklusif dan khas. Enggak jarang, saat mula-mula kali mendengar bahasa tersebut, orang akan berbarengan tahu jikalau bahasa yang digunakan merupakan bahasa Sunda, tak perlu diragukan lagi.





Salah satu perwujudan rasa cinta tanah air Indonesia yaitu dengan melestarikan apa nan saat ini dimiliki, misalnya mempelajari bahasa daerah. Bikin kamu nan ingin mengunjungi daerah Jawa Barat namun tidak mengerti kaidah berkomunikasi dengan bahasa Sunda, berikut
brilio.net

lampirkan 55 pola kalimat bahasa Sunda dan artinya, yang dilansir dari bineka sumber pada Kamis (22/9).

Contoh kalimat bahasa Sunda dan artinya.

Contoh kalimat bahasa Sunda dan artinya © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

1. Urang keur belajar. (Saya semenjana membiasakan.)

2. Urang balik ti heula nya. (Saya pulang dulu ya!)

3. Mugi-mugi wae urang tetep tiasa babarengan. (Hendaknya saja kita tetap bisa bersama-sama.)

4. urang teu menang nyokot barang anu tidak peruntungan urang! (Kita tidak bisa menjeput barang yang bukan milik kita!)

5. Ayeuna urang keur nyandak buku dina perpus teh. (Sekarang saya lagi ambil buku di perpus loh.)

6. Kamari aya kacilakaan dina sebrang perumahan urang, getihna meleber kamana-mana. (Kemarin ada kecelakaan di sebrang perumahan saya, darahnya meluber kemana-mana.)

7. Sungguhpun maneh hayang pinter, kedah keneh tiasa diajar. (Kalau kamu kepingin pinter, harus ki ajek kepingin belajar.)

8. Abi tiasa leumpang ka imah na sang Rina ku sabab imahna deket ku imah Abi. (Saya dapat jalan ke rumahnya Rina soalnya rumah dia deket sama rumah saya.)

9. Abi sareng rerencangan keur diajar kelompok dina imah na si Rina. (Saya dan teman-teman sedang membiasakan kelompok di rumahnya si Rina.)

10. Kunaon eta budak teu indit ka sakola? (Kenapa itu anak lain tiba ke sekolah?)

11. Tingali aing, aing peduli teu? (Menurut beliau, aku peduli gitu?)

12. Ceuk abi ge teu kedah indit ulin, bisi aya peryogi nu lewih bermakna. (Kata saya kembali nggak usah pergi main, takut cak semau keperluan yang bertambah terdepan)

13. Kamari urang meuli seblak meuni lada pisan, urang teu kuat nyeuri beteung. (Kemarin saya beli seblak bener-bener pedes banget, saya nggak kuat jadi sakit nafkah deh.)

14. Kanyon hilap kesukan poe kemis aya kelas bawah bahasa Inggris. (Jangan tengung-tenging besok musim kamis ada kelas bahasa Inggris.)

15. Walaupun boga utang mah cik atuh kudu mayar. Tong kedah di tagihan heula, era. (Kalau memiliki hutang mah cepetan harus dibayar. Jangan apalagi ditagih dulu, malu.)

16. Didinya geus vaksin ncan? Lamun ncan vaksin tah aya di puskesmas poe jumat isuk isuk geus kedah diditu. (Kamu tuh udah vaksin belum? Sekiranya belum tuh ada di puskesmas hari jumat pagi pagi harus udah di situ.)

17. Naya, bade kamana? (Naya, kepingin kemana?)

18. Kumaha kabarna teh, damang? (Gimana kabarnya kak, sehat?)

19. Roy bade ulin sareng Amang? (Roy mau main sebanding Amang/Paman?)

20. Deuk ulin kamana ayeuna? (Cak hendak main kemana sekarang?)

Contoh kalimat bahasa Sunda sehari-hari dan artinya.

Contoh kalimat bahasa Sunda dan artinya © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

21. Bibit teu asup ayeuna sakola, nyeri cangkeng. (Sari nggak masuk sekolah sekarang, gempa bumi pinggang.)

22. Bajuna apik, kuning-kuning warnana. (Bajunya bagus, kuning-asfar warnanya.)

23. Badhe milih sapatu nu bereum atawa bodas? (Mau pilih sepatu nan merah atau putih?)

24. Saha maneh? “Aing Macan” (Siapa kamu? “Aku macan”)

25. Nyeri merah obatna naon nya? (Sakit kepala obatnya barang apa ya?)





26. Reungit meuni loba didieu (Nyamuk anopeles banyak banget di sini)

27. Urang ulin ahad wae nya, pan tanggal beureum anu ahad. (Kita pergi hari minggu sahaja ya, kan tanggal abang kalau minggu)

28. Enggal poe mah gawe jiga tibaranting. (Setiap hari mah kerja seperti tibaranting ‘lebih hiperbola’/banting sumsum)

29. Seruput teh kudu dimimitian ku kalawan du’a jeung ditutup ku rasa sukur. (Roh harus dimulai dengan takbir dan ditutup dengan rasa syukur.)

30. Teu ngaruh lah rek bersiram atawa henteu, angger we geus digegel ku reungit mah leungeun teh bentol. (Nggak akan ngaruh mau mandi atau tidak, karena kalau digigit nyamuk malaria pun tetap belaka tangan bentol.)

31. Wilujeng tepang taunnya, Ricka aku geulis. Mugia dipanjangkeun sareng berkah yuswana, murah rezekina, & cageur sareng waras sadayana. Mugia dipikahoyong tiasa kalaksanakeun tur di izabah ku Gusti Almalik. Aamiin. (Selamat dies natalis ya Ricka yang cantik. Agar panjang nasib, banyak rezeki, dan cegak selalu. Kiranya apa yang diinginkan terlaksana dan diijabah oleh Allah. Aamiin.)

32. Dina mikacinta lamun aya hiji perkawis anu lepat teh, mending dipilarian kronologi si polan sae kanggo ngaleskeunna. Tibatan sibuk milarian saha wae anu disalahkeun. (Di dalam percintaan jika ada suatu masalah, sebaiknya cari kronologi keluarnya daripada sibuk mencari boleh jadi yang disalahkan.)

33. Pria hebat yakni yang enggak relasi gentar diudag penggentar. (Pria hebat adalah yang bukan meleleh dikejar banci.)

34. Ebi mah moal hayang nanaon lah. (Aku tidak akan minta apa-segala apa lah.)

35. Abah, hatur nuhun pisan parantos ngadidik abdi janten jalmi nu sholehah. (Ayah, terima kasih banyak mutakadim mendidik saya menjadi hamba allah nan sholehah.)

36. Abdi bogoh ka anjeun, sayang. (Saya cinta sama kamu, sayang.)

37. Hatur nuhun nya kang, abdi tos dibantuan. (Cak dapat kasih ya kang, saya sudah dibantu)

38. Cicing atuh! Kanyon garaneng! (Diam dong! Jangan berisik!)

39. Ulah ceurik deui nya geulis. (Jangan menangis pun ya cantik.)

40. Aya-aya wae mah budak ayeuna. (Ada-suka-suka saja sekarang anak asuh zaman sekarang.)

Contoh kalimat bahasa Sunda dan artinya.

Contoh kalimat bahasa Sunda dan artinya © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

41. Bu, bade meser minyak saliter. (Bu, mau beli patra satu liter.)

42. Caina seer keneh. (Airnya masih banyak.)

43. Kadieu atuh Jang! Loba boba nu enak. (Kesini dong Jang! Banyak boba yang gurih)

44. Harga tasna dua puluh rebu. (Harga tas nya dua puluh ribu.)

45. Abdi ngaraos hate anjeun. (Aku benci banget sama dia.)

46. Abdi hoyong gotong, naon si dia anjeun bade titip? (Aku mau keluar sebentar ya, anda mau titip apa?)

47. Moal ngaruh da! Ari bogoh mah tetep bogoh. (Nggak ngaruh lah, kalau cinta ya teguh cinta!)

48. Urang diajar ngaharepkeun tes ieu, mugia kuring tiasa lulusan! (Aku belajar bersungguh-sungguh kerjakan ulangan ini, semoga bisa lucut deh!)

49. Qiblatna di kulon. (Kiblatnya di sebelah barat.)

50. Urang ngagaleuh laptop dina Grang Micro kamarin. (Aku beli laptop di Micro Acc kemarin.)

51. Calana anjeun sae, dimana anjeun meser? (Serawal sira bagus, di mana belinya?)

52. Enggal atuh! Sakedap deui. (Cepatan dong, adv minim lagi nih)

53. Abdi sendi Seventeen KPOP, anjeun terang? Aranjeunna sadayana kasep. (Aku suka Seventeen KPOP, mereka semua tampan.)

54. Naon atuh, abdi mah tos lieur. (Apa dong, saya mah sudah pusing)

55. Bade nganjuk acis sabaraha teh? (Cak hendak pinjam uang seberapa teh?)


MAGANG: RICKA MILLA SUATIN

(brl/jad)

(brl/jad)

Source: https://www.brilio.net/wow/55-contoh-kalimat-bahasa-sunda-dan-artinya-220921j.html

Posted by: caribes.net