Contoh Kapsul Keras Di Pasaran


           Farmasi
,
Jika kalian turut farmasi tentu kalian akan belajar alat penglihatan kuliah farmasetika yaitu belajar adapun suplai obat tentunya seperti kapsul, serbuk, supositoria, salep, gel, cream, fasta, emulsi, dan masih banyak pun, di sini saya akan jelaskan secara abstrak (insyaallah) hhe,, akan halnya
Sediaan Kapsul Lengkap .


Kapsul

Konotasi Kapsul

Kapsul yaitu tandon padat yang terdiri dari bahan obat yang dihaluskan dan di bungkus maka itu suatu cangkang yang mudah terdispersi. (Taufiq, 2022).


Defi
nisi Kapsul Menurut


  1.
Menurut FI III, hal. 5

          Kapsul ialah rangka sediaan obat tersalut cangakang kapsul keras alias lunak. Paket dibuat pecah gelatin dengan atau sonder zat pelengkap lain.


2.Menurut FI IV, situasi. 2

           Kapsul adalah suplai padat yang terdiri dari obat dalam selongsong keras maupun lunak yang dapat larut. Cangkang umumnya terbuat dari gelatin, bisa juga dari pati atau target yang lain yang sesuai.



3.Menurut Ansel, hal. 217


Kapsul bisa didefenisikan sebagai rajah sediaan padat, di mana satu macam bahan obat atau lebih dan maupun korban inert lainnya yang dimasukkan kedalam cangkang alias wadah mungil nan umumnya dibuat bersumber gelatin yang sesuai.


           Kapsul adalah sediaan peminta yang padat, dikemas dalam wadah larut ataupun lunak maupun buntelan yang bentuknya sesuai.

           Kapsul merupakan suplai padat di mana obat terbungkus di privat satu cangkang yang keras atau lunak, yang dapat larut yang pecah berpokok gelatin.


          Kapsul adalah cangkang gelatin yang diisi dengan serbuk.
          Kapsul yakni pak gelatin yang mengandung dosis spesial yang kasatmata bahan remedi.
C. Persyaratan Simpanan Kapsul
D. Pendirian Pengisian Kapsul


4.Menurut DOM Marthin, kejadian. 512


5.Menurut RPS 18, hal. 1658


6.Menurut Parrot, situasi. 66


7.Menurut Pharmaceutical Practice,hal.

232


Kapsul adalah bentuk sediaan padat nan digunakan secara peroral yang dibuat dari pak gelatin nan keras atau kepala dingin.


8.Menurut Scoville’s, hal. 56


Macam- macam kapsul








A. Kapsul Bungkusan Berkanjang




Terdiri atas gelanggang (badan kapsul) dan tutup yang ukurannya lebih pendek. Kedua bagian saling membentangi bila dipertemukan.


Bagian tutup harus bisa menyelubungi bagian badan kapsul secara tepat dan rapat sehingga isinya (obat dan bahan apendiks) bukan keluar/tumpah. Cangkang keras dapat diisi dengan bulan-bulanan padat, baik itu serbuk atau granul.
Cangkang kapsul biasanya mengandung air sebanyak 10-15% tetapi di literatur lain ada yang menyatakan sekeliling 9- 12%


Sifat kemasan kapsul berkanjang


Kemasan kapsul keras bila disimpan intern mileu yang kelembabannya tinggi , maka uap air akan diabsorbsi oleh kapsul sehingga kapsul menjadi busuk.

         Kemasan kapsul gelatin dapat menyerap air seberat 10 kali berat gelatin.

       Bila kapsul disimpan pada lingkungan awan nan sangat kering. Sebagian embun pada kapsul akan hilang, sehingga kapsul menjadi tapuk serta mungkin remuk takdirnya dipegang.


Bahan penggarap cangkang keras


1.

Target penting bisa berwujud gelatin, metilselulosa atau pati.

2.  Bila terbuat dari gelatin, komposisi pembuatnya yakni gelatin, air dan gula.

3.  Pewarna.

          Karena komposisi dasar kapsul tidak berasa dan bukan bercat, maka banyak pabrik menambahkan zat pewarna bak macam pada pembuatan kelongsong kapsul.

4. Bahan pengawet untuk mencegah timbulnya jamur pada pak kapsul.



          contohnya kapsul tetrasiklin, kapsul kloramfenikol dan kapsul Sianokobalaminzat tambahan alias penolong seperti mana lega pembuatan frustasi atau tablet.



Kapsul kelongsong keras ( capsulae durae, hard capsul)
  terdiri atas putaran bekas dan tutup
( capsulae overculateae )
yang terbuat dari  metilselulosa, gelatin, pati, atau sasaran lain yang sesuai.


          Dimensi cangkang kapsul gentur bermacam ragam berbunga nomor minimal 5 sampai nomor paling besar 000, kecuali cangkang cak bagi binatang. Umumnya ukuran terbesar 000 ialah ukuran yang dapat diberikan kepada pasien. Ada lagi format 0 nan bentuknya mundur
(dikenal bagaikan matra OE ) yang memberikan daya produksi lebih besar tanpa eskalasi diameter dan biasanya mengandung air 10 – 15%.


           Biasanya kelongsong kapsul ini diisi dengan bahan padat alias tepung, butiran alias granul. Campuran abu yang cenderung meleleh dapat diisikan ke dalam kapsul cangkakng keras jika digunakan absorben seperti MgCO³ atau silikon dioksid. kapsul sampul gigih ini hanya memiliki satu bentuk dan dipakai bikin pemakaian tiap-tiap oral. Pabrik yang naik daun memproduksi selongsong kapsul di Indonesia yaitu

“Parke Davis”.


          Penghentian cangkakng kapsul gelatin berkanjang
dapat dilakukan dengan prinsip memasrahkan lekukan khas pada putaran tutp dan indung ataupun dengan pemanasan bertepatan ataupun pemakaian energi ultrasonik.

           Penutupan paket kapsul pati gigih dilakukan dengan kaidah pelekatan dengan mengoleskan cairan fusi air alkohol, kemudian dikeringkan

        Membersihakn cangkakng kapsul gelatin persisten boleh dilakukan dengan prinsip meletakan kapsul diantara sepoteng kain (linen, wool) kemudian digososl – gosok.










B. Kapsul panjang hati



Yaitu suatu kesatuan berbentuk bulat atau silindris, atau bundar telur (globula).

Kapsul sabar bisa diisi cairan, suspensi, tapal ataupun serbuk cengkar.





              Kandungan air kapsul cangkang kepala dingin seputar 6-13℅
Dapat digunakan kerjakan rute oral, vaginal, rektal dan topikal.
Ki gua garba air kapsul cangkang lunak sekitar 6-13%
Dapat digunakan bagi rute oral, vaginal, rektal dan topikal.




          Selain itu pembuatan kapsul kepala dingin, memuati incaran obat dan penyegelannya harus dibuat secara membenang.






        adalah satu ketunggalan berbentuk bulat alias silinders ( pearl) atau bulat telur (globula) nan dibuat dari gelatin ( kadang disebut gel kepala dingin) alias bahan tak yang sesuai, biasanya lebih rimbun dibandingkan dengancangkang keras dan dapat diplastisasi dengan penambahan campuran polil, seperti sorbitol alias gliserin. Kapsul ini umumnya mengandung air 6 – 13%, umumnya diisi dengan bahan enceran bukan air begitu juga PEG, berbobot molekul rendah, dan dapat juga diisi dengan target padat ataupun debu atau zat padat kering. Kapsul kemasan lunak punya bermacam – macam bentuk dan biasanya dapat dipakai lakukan rute oral, vagina, rektal, atau topikal. Ditinjau bersumber segi formulasi, teknologi, dan biofarmasi, kapsul berisi hancuran dari jenis kapsul apa saja lebih seragam dibandingkan kapsul berisi serbuk tandus dari jenis pak yang sama.
Padahal stok tablet yang berbentuk kapsul disebutkapsitabataupunkaplet.



contohnya kapsul minyak iwak dan kapsul gizi

Mangsa pembuat cangkang kapsul sabar


1.  Incaran terdepan gelatin

    2. Gliserin, alkohol polivalen ataupun sorbitol perumpamaan objek plastisasi

           Bilang persyaratan yang harus dipenuhi menurut FI III ialah laksana berikut:

1. Keseragaman bobot

           Hal yang perlu di perhatikan Cak bagi kapsul yang ampuh bahan padat, ditimbang 20 kapsul bertepatan, kemudian timbang sekali lagi satu persatu tulis bobotnya. Padahal untuk kapsul yang berisi korban cair atau setengah padat, ditimbang 10 kapsul kemudian timbang juga satu persatu.

2. Musim hancur

           Ditentukan dengan suatu alat nan disebut disintegrator penguji. Memenuhi syarat takdirnya tahun hancurnya enggak bertambah dari 15 menit.

3. Uji disolusi

           Dilakukan kerjakan kapsul gelatin keras.

           Ada tiga kaidah pencantuman kapsul yaitu :

a.
Dengan Tangan

           Merupakan cara yang paling sederhana, yaitu dengan tangan tanpa bantuan peranti lain. Pendirian ini rajin digunakan di apotek untuk melayani kiat sinse. Lega pencantuman dengan cara ini sebaiknya digunakan sarung tangan bikin mencegah alergi yang mungkin keluih terhadap obat tersebut.





Buat memasukkan pelamar dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :


1. Abu dibagi lewat sesuai dengan total kapsul yang diminta.


2. Tiap bagian serbuk tadi dimasukkan ke n domestik badan kapsul dan       ditutup.

b. Dengan Alat bukan Mesin.

          Organ yang dimaksud ialah alat nan memperalat tangan manusia. Dengan menunggangi perangkat ini akan didapatkan kapsul nan lebih seragam dan pengerjaannya dapat kian cepat. Alat ini terdiri atas dua bagian, yaitu penggalan nan tetap dan bagian yang bergerak.

c. Dengan mesin

         Untuk memproduksi kapsul secara besar-total dan menjaga keseragaman kapsul, wajib dipergunakan alat yang otomatis mulai berbunga membuka, mengisi sebatas dengan menutup kapsul.

E. Panggung


          Cangkang kapsul kelihatannya keras, tetapi sebenarnya masih mengandung air dengan garis hidup 10-15 % (FI edisi IV) dan 12-16 % menurut literature bukan. Jika disimpan di tempat yang lempem, kapsul akan menjadi lunak dan melengket satu sebanding lain serta sukar dibuka karena kapsul dapat menyerap air dari mega yang lembap. Sebaliknya, sekiranya disimpan di tempat yang sesak tandus, kapsul akan kehabisan airnya sehingga menjadi rangup dan mudah dari.

          Maka itu karena itu, penyimpanan kapsul hendaknya dalam wadah atau ruangan yang menyempurnakan persyaratan sebagai berikut :

1. Lain terlalu lembap maupun campah dan kering.

2. Terbuat berusul jambangan-kaca, tertutup rapat, dan diberi bahan                     pengering (silica gel).

3. Terbuat dari bekas botol-plastik, terpejam rapat yang juga diberi        target pengering.

4. Terbuat dari aluminium-foil dalam blister alias strip


F. Onderdil kapsul

1.Zat aktif obat

2.    Cangkang kapsul

3.    Zat tambahan

       a. Alamat pengisi contohnya laktosa. Sedangkan untuk obat yang membidik mencair diberi bahan pengisi magnesium karbonat, kaolin ataupun magnesium oksida atau silikon dioksida.

       b.  Bahan pelicin (magnesium stearat

       c.   Surfaktan/zat pembasah


G. Keuntungan Stok kapsul

1.Bentuknya menarik dan praktis

2.Cangkang kapsul tidak berasa sehingga dapat membentangi bau dan rasa yang  tidak mak-nyus berpokok penawar nan ada di dalamnya.

3.   Mudah ditelan dibanding tablet

4.  Makin mudah hancur ataupun sagu belanda dalam lambung sehingga obat cepat diabsorbsi.

5.  Dokter dapat membuat komposisi pengasosiasi yang sesuai kerjakan sendirisendiri pasien

6.   Pelelang yang memperalat paket kapsul gigih bisa dengan mudah dan cepat dibuat di apotek.


H. Ketakberuntungan simpanan kapsul

1.  Lain bisa digunakan untuk zat yang mudah lucut

2.  Tidak boleh digunakan bakal zat yang higroskopis

3  Tidak dapat kerjakan zat yang dapat bereaksi dengan cangkang kapsul

4. Balita umumnya lain dapat menelan kapsul

5. Tidak boleh dibagi-bagi

6. Harus lebih hati-hati internal penyimpanan.


I. Cara mengemas dan menggudangkan kapsul

1.  Harus disimpan pada ajang alias rubrik dengan kondisi kelembaban lain boleh bersisa adv minim dan tidak berlebih tawar rasa

2.  Wadah penyimpanan biasanya vas plastik dan diberi zat pengering.

3.    Bila dikemas intern buram strip ataupun blister maka wadah strip atau blister itu harus terbuat mulai sejak alumunium foil.


J. Pembuatan pasokan kapsul

Terdiri atas beberapa tahapan

1. Pembuatan formulasi serta pemilahan matra kapsul

2. Pengisian sampul kapsul

3. Pembersihan dan pemolesan kapsul yang telah terisi.

4. Pengemasan


K. Matra kapsul

Format buntelan kapsul  beragam bersumber nomor paling kecil 5 sampai nomor paling kecil besar 000.

Berurutan dari kecil ke besar 5-4-3-2-1-0-00-000

Sebenarnya ada cangkang lebih besar dari 000, semata-mata diperuntukkan buat hewan yaitu 10, 11, 12

Begitulah penjelasan mulai sejak suplai kapsul. Mudah-mudahan dapat bermanfaat next time saya akan menshare sediaan pembeli lainnya.

By : Dede Taufiq

Source: http://www.pharmacy.my.id/2017/05/sediaan-kapsul-lengkap.html

Posted by: caribes.net