Contoh Karangan Harapan Masa Depan

KOMPAS.com
– Paragraf narasi merupakan salah satu spesies paragraf berpunca bahasa yang paling kecil sayang digunakan dalam kehidupan sehari-periode.

Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), narasi adalah pelukisan satu kejadian dan cerita ataupun deskripsi satu kejadian atau hal.

Paragraf kisahan merupakan bagan paragraf yang mandraguna uraian cerita tentang sesuatu. Gugus kalimat narasi menjelaskan suatu kejadian ataupun peristiwa baik bersifat fiksi atau non-fiksi.

Narasi sering digunakan dalam penyampaian berita, jurnal penelitian ilmia, rahasia ilmiah, setakat karya sastra seperti novel dan cerpen.

Dilansir dari
Thought Co, narasi dapat berwujud penjelasan dan analisi serangkaian ide, argument yang mencoba membujuk pembaca ke surut pandang tertentu, maupun deskripsi tertulis berpunca pengalaman optis.

Baca juga: Contoh Referensi Negosiasi Antara Guru dan Peserta Akan halnya Pengurukan Tugas

Mudah-mudahan kian memahami adapun paragraf narasi, marilah kita simak contoh paragraf narasi di sumber akar ini!

  • Abstrak narasi 1:

Pendidikan merupakan keadaan yang esensial kerumahtanggaan roh turunan. Pendidikan membuat seseorang memiliki bekal untuk menjalani atma dan mewujudkan impiannya. Pendidikan tidak hanya adapun materi ilmiah sekadar tetapi termasuk tata karma, etika kerja, hingga cara bersosialisasi internal umur bermsyarakat.

Selain menjadi bekal bagi usia pribadi, pendidikan pula menjadi bekal bagi generasi penerus banga. Pendidikan yang baik akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang baik sekali lagi, sehingga negara dapat makin maju karenanya. Oleh karena itu dulu penting bagi seluruh generasi muda mendapatkan pendidikan yang cukup demi masa depannya sendiri lagi futur negara.

  • Cermin narasi 2:

Islandia merupakan negara seluas 103.000 kilometer yang terwalak di barat laut Eropa. Islandia menduduki peringkat kedua negara minimal bahagia di dunia, sementara itu biaya spirit di Islandia jauh lebih mahal dibanding negara Eropa lainnya. Hal tersebut boleh dikarenakan Islandia merupakan negara teraman di dunia.

Di Islandia jarang terjadi kejahatan kriminal, padahal negara tersebut tidak memiliki barisan militer. Faktor bukan menjadikan Islandia negara yang berada dan bahagia yakni sistem pendidikannya yang dulu baik.

Semua sekolah kewedanan di Islandia tidak memungut biaya bakal siswanya, namun biaya pendaftaran yang terbilang murah sekadar. Sehingga siapapun dapat bersekolah dan bernasib baik kesempatan yang sama di Islandia. Suatu lagi fakta menarik dari Islandia, yakni sama sekali tidak ada nyamuk harimau di Islandia.

Baca kembali: Perbedaan Mengikhtisarkan dan Menyadur Referensi

  • Contoh narasi 3:

Sreg tanggal 26 desember 2004 gempa bumi berenergi 9,3 SR mengguncang Osean Hindia dengan kedalaman hanya sekitar 10 kilometer semata-mata. Gempa dari dari pergerakan lempeng samudera dan berlangsung sepanjang 10 menit sonder henti.

Gempa tersebut menghasilkan rayapan ruangan air yang habis bersar menghasilkan gelombang laut dahsyat separas 100 kaki yang disebut dengan Tsunami. Gelombang listrik tsunami tersebut menghantam provinsi terdekatnya adalah Kota Banda Aceh dengan kecepatan 360 kilometer perjam.

Gelombang dahsyat tersebut mencelapaki 320.000 alamat jiwa dengan makin banyak sekali lagi target luka-jejas. Tsunami tersebut menghantam daerah tingkat, menghempaskan apa keberagaman infrastruktur dengan ketakberuntungan ditasir puluhan triliun rupiah. Dahsyatnya gelombang elektronik tersebut membuat tsunami Aceh tertera sebagai bencana tsunami paling mematikan sepanjang sejarah manusia.

  • Contoh narasi 4:

Buku tersebut menceritakan tentang dewa Apollo yang kuat dan rupawan diubah menjadi seorang cucu adam fana tanpa kekuatan dewa sedikitpun oleh ayahnya sendiri, Zeus. Engkau dibuang ke mayapada manusia kerumahtanggaan wujud remaja berjerawat dengan perut buncit tanpa sedikitpun modal kerjakan bertahan kehidupan.

Purwa kali terbina di bumi belaka Apollo mutakadim dikeroyok kecut kelas teri. Yang lebih menyedihkan kembali ia ditolong maka dari itu seorang anak dayang sekeping batara nan aneh.

Hayat dewanya yang agung berubah menjadi seorang anak cupu pesuruh anak perawan setengah batara. apa yang dialami Apollo selanjunya akan membuatmu terperanjat, tertawa, dan juga tersadar bahwa tidak buruk rasanya menjadi manusia.

Baca pun: Struktur Bacaan Hikayat

  • Contoh kisah 5:

Fiil ialah koteng guru honorer di salah satu sekolah sedang atas yang berada di metropolis. Dia belum menikah, tinggal dengan ibu nan remai dan juga sendiri adiknya yang tengah khotbah. Gajinya bak master honorer hanya berpunya memberikan makan sehari sekali untuk ibu dan adiknya. Belaka Budi tidak kekeluargaan setengah-setengah dalam menjalankan perannya bagaikan guru.

Sira dikenal sebagai hawa yang menyenangkan namun tegas, sira sekali lagi tidak keberatan membantu pesuluh-muridnya belajar di asing jam cak bimbingan sekolah. Pada hari ulang tahunnya ia mengajar seperti normal di kelas bawah. Namun seorang peserta berbudaya ke depan dan menaruh jala-jala kertas bercat coklat di mejanya.

Momen ditanya apa isi kantung tersebut, tidak ada pelajar yang menjawab. Budi membuka rajut tersebut yang ternyata weduk uang. Detik ditanya segala maksud uang tersebut, salah satu siswanya menjawab bahwa tip tersebut sengaja dikumpulkan oleh teman-p versus sekelasnya. Karena Budi yaitu guru nan sangat baik, mereka ingin kondusif biaya pengobatan dari ibunya.

Anugerah uang tersebut diberikan perumpamaan bentuk terimakasih dan rasa hormat bermula siswanya akan kasih sayang juga indoktrinasi nan telah diberikan Khuluk sepanjang ini. Mendengar alasan tersebut, Karakter lewat terharu dan memeluk anak didiknya. Sira enggak menduga bahwa kesungguhannya melahirkan keefektifan di hati anak-anak didiknya.

Baca juga: Kaidah Kebahasaan Wacana Prosedur Kegandrungan

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://cakrawala.me/kompascomupdate, kemudian join. Sira harus install aplikasi Kawat lebih lagi dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/24/130000969/5-contoh-paragraf-narasi?page=all