3 Contoh Konflik Agama di Indonesia yang Pernah Terjadi

Sosiologi Info
– Apa tetapi contoh konflik agama yang pernah terjadi di Indonesia dalam umur masyarakat sehari harinya ?

Mari simak penjelasan adapun mahajana majemuk, mengerti mengenai konflik horizontal yang lagi masuk ibarat model konflik agama.

Sekilas Adapun Masyarakat Majemuk

Indonesia sebagai negara berkembang disebut juga sebagai awam nan berperilaku majemuk.

Ciri-ciri dari sifat kemajemukan ini adanya bermacam ragam-macam keanekaragaman yang terlihat berusul perbedaan bahasa, suku bangsa, agama serta adat istiadat lainnya.

Disisi lain, kemajemukkan ini merupakan substansi nasion nan lain ternilai harganya sekaligus kebinekaan kultural ini berkesempatan terjadinya disintegrasi maupun perpecahan bangsa.

Sejurus Tentang Konflik Mendatar

Sebelum menjelaskan akan halnya konflik melintang, kita harus memafhumi terlebih dahulu apa itu konflik dan horizontal.

Secara umum konflik sosial yakni suatu fenomena baku nan ada di dalam masyarakat. Proses konflik terjadi.

Antara dua pihak maupun makin yang mana mereka tukar berusaha menyingkirkan pihak tidak maupun menghancurkan pihak lain hingga tidak berkemampuan.

Faktor terjadinya konflik adanya perbedaan yang sulit ditemukan kesamaannya atau didamaikan baik itu perbedaan ciri tubuh, keimanan, adat, pemikiran, dan lain-lain.

Tidak-tidak di internal masyarakat tidak cak semau konflik. Tiap insan alias kelompok sangkut-paut mengalami konflik baik dalam cakupan boncel alias konflik cakupan besar.

Sebelum meributkan tentang konflik horizontal lebih lagi dahulu kita memahami apa itu horizontal.

Horizontal dapat diartikan garis melelapkan atau bidang sepadan. Ataupun boleh disebut sejajar atau selaras rata.

Kaprikornus bisa dikatakan konflik horizontal yakni konflik yang terjadi di intern masyarakat baik antar individu alias keramaian yang punya kedudukan nan relatif separas.

Konflik horizontal biasanya berbentuk persaingan yang mempunyai kepentingan yang sama terhadap suatu nan sifatnya terbatas.

Variasi  budaya di Indonesia tidak heran dijadikan alat untuk memicu munculnya konflik kaki nasion, agama, ras dan antargolongan (SARA).

Meskipun sebenarnya faktor-faktor penyebab dari percekcokan tersebut kian pada persoalan-persoalan politik, angkara sosial dan ketakseimbangan ekonomi.

Ada 3 Contoh Konflik Agama di Indonesia yang Perpautan Terjadi

Berikut yakni komplet dari konflik agama nan terjadi di Indonesia, yaitu :

1. Konflik di Poso

Konflik di Poso, Sulawesi Tengah terjadi puas tahun 1998.

Akibat dari konflik ini banyak masjid dan gereja dibakar. Konflik ini menjadi perang sipil yang  terjadi pada tahun 2000 setakat hari 2001.

2. Konflik di Ambon

Konflik Ambon, konflik ini terjadi lega hari 1999 setakat 2002 mempunyai kasus yang setimpal hampir selevel dengan konflik poso.

3. Bilang konflik agama terjadi di Indonesia

Bilang konflik agama terjadi di Indonesia terdapat kasus penyegelan, perusakan rumah ibadah, sampai aksi peledakan, dan bom bunuh diri di internal flat ibadah.

Itulah tadi sekeceng pembahasan adapun Apa doang contoh konflik agama nan pergaulan terjadi di Indonesia dalam kehidupan mahajana sehari harinya ?

Yuk simak penjelasan mengenai masyarakat bermacam-macam, memahami tentang konflik mengufuk yang lagi masuk perumpamaan contoh konflik agama.

Penulis : Rindiani Nurfahima, Sosiologi, Universitas Riau

Referensi Ilmu masyarakat Info :

Fauzi, A. (2017). Agama, Pancasila dan Konflik Sosial di Indonesia. Lentera Hukum, 4, 125. Nainggolan, P. P. (2016).

Cak kenapa konflik berulang Terjadi di kota ambon? Tinjauan demografi dan keamanan atas konflik mendatar perkotaan.

Jurnal Politica Dinamika Penyakit Politik Kerumahtanggaan Kewedanan dan Pertautan Internasional, 3(2).

Mandjarreki, S. (2018). Konflik Horizontal Antarmahasiswa dan Perlintasan Sosial. Buletin Publisitas: Surat kabar Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 7(1), 97-104.