Terdapat banyak model multimedia interaktif yang digunakan bagi tujuan pengajian pengkajian, diantaranya tutorial, drill and practice, simulasi, instructional games, hybrid, socratic, inquiry dan informational.

Tutorial

Model tutorial merupakan riuk satu jenis model penerimaan nan memuat penjelasan, rumus, pendirian, bagan, diagram, definisi istilah, tuntunan dan branching yang sesuai. Disebut branching karena terdapat majemuk cara untuk berpindah alias mengalir melalui penataran berdasarkan jawaban atau respon pemakai terhadap materi, soal-cak bertanya atau pertanyaan-soal.
Jenis ini melibatkan penguraian informasi. Tutorial secara istimewa terdiri terbit diskusi mengenai konsep atau prosedur dengan tanya episode demi bagian atau kuis pada penghabisan penyajian. Instruksi cak bimbingan rata-rata disajikan privat istilah “”Frames” yang berhubungan dengan sekumpulan tampilan.
Abstrak pelajaran berniat bagi menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, komputer menganjurkan materi, mengajukan soal dan memberikan umpan balik sesuai dengan jawaban pengguna.

Drill and practice

Contoh drill and practice menganggap bahwa konsep dasar sudah lalu dikuasai oleh pengguna dan mereka sekarang siap untuk menerapkan rumus-rumus, berkreasi dengan kasus-kasus konkret, dan menjelajahi buku tangkap mereka terhadap materi. Fungsi utama latihan dan praktik dalam program penelaahan berbantuan komputer memberikan praktik sebanyak mungkin terhadap kemampuan siswa.
Cara kerja Drill and practice ini terdiri bermula tampilan dari sebuah pertanyaan atau masalah, penerimaan respon dari pemakai, periksaan jawaban, dan dilanjutkan dengan cak bertanya lainnya berdasarkan kebenaran jawaban. Jenis ini lain menyampaikan suatu instruksi, sekadar cuma mempraktekkan konsep nan sudah cak semau. Kaprikornus jenis ini merupakan bagian berpangkal testing.

Simulasi

Simulasi dengan situasi umur nyata yang dihadapi pengguna, dengan intensi bagi memperoleh signifikansi global tentang proses. Simulasi digunakan bikin memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga konsumen merasa seperti rani intern keadaan yang sebenarnya. Simulasi banyak digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, pelik, atau memerlukan biaya tinggi, misalnya untuk melatih aviator kapal udara atau pesawat tempur.

Instructional games

Contoh ini jika didesain dengan baik dapat memanfaatkan sifat kompetitif pengguna untuk memotivasi dan meningkatkan sparing. Seperti halnya simulasi, game pembelajaran yang baik sukar dirancang dan perancang harus yakin bahwa n domestik upaya memberikan suasana permainan, integritas tujuan pembelajaran tidak hilang.

Hybrid

Contoh hybrid adalah kontak dari dua atau lebih ideal multimedia penelaahan. Contoh model hybrid adalah penggabungan model tutorial dengan model drill and practice dengan tujuan kerjakan memperkaya kegiatan pengguna, menjamin ketuntasan belajar, dan menemukan metode-metode nan berbeda bikin meningkatkan pembelajaran. Meskipun model hybrid bukanlah transendental nan spesifik, sahaja lengkap ini menghidangkan metode nan berbeda dalam kegiatan penelaahan. Hipotetis hybrid memungkinkan peluasan pembelajaran secara komprehensif ialah meluangkan seperangkat kegiatan belajar yang model.

Socratic

Abstrak ini berisi percakapan ataupun dialog antara pengguna dengan komputer kerumahtanggaan natural language. Bila konsumen bisa menjawab sebuah pertanyaan disebut Mixed-Initiative CAI. Socratic berasal berpunca investigasi dalam rataan intelegensia buatan (Artificial Intelegence).

Inquiry

Lengkap Inquiry yakni suatu sistem bandar data yang bisa dikonsultasikan oleh pengguna, dimana pangkalan data tersebut sakti data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna.

Informational

Informational umumnya menghidangkan maklumat dalam bentuk daftar atau grafik. Informational menghendaki interaksi yang sedikit bersumber konsumen.