Contoh Penelitian Geografi Tentang Lingkungan

CONTOH MAKALAH
Geografi Kelas X

DISUSUN Oleh :

SINDHI DWI Abadi

041214

SMA NEGERI 13 BANJARMASIN

Waktu AJARAN 2022/2015

  Apa puji untuk Tuhan yang sudah lalu menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan munjung akomodasi. Minus pertolonganNYA saya mungkin pencipta enggak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.




Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu mengenai PENCEMARAN Lingkungan, yang saya sampaikan berdasarkan dari berbagai sumber. Resep dan website internet yang mendukung, Dengan munjung kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.




Kiranya referat ini bisa memasrahkan wawasan nan kian luas kepada pembaca.
Lamun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Pencipta minta untuk saran dan kritiknya.
Cak dapat kasih.



2.1. Denotasi Tentang Polusi Air

2.2. Ciri-Ciri Air Berpopulasi

2.3. Sifat-Kebiasaan Polusi Air

2.4. Aneh-aneh Sumber Air Yang Berpolutan

2.5. Variasi-Jenis Air Yang Tercemar

2.6. Penyebab Dari Timbulnya Polusi Air

2.7. Bahaya Yang Ditimbulkan

2.9. Aksi-Usaha Guna Mengatasi dan Mencegah

Setiap hari, kita comar membutuhkan air. Bakal makan, minum, memasak, mencuci, dll. Karena itu yang kita konsumsi harus n kepunyaan standart 3B (tidak bercat, tidak beraroma, dan enggak beracun).

Akan tetapi, terkadang atau mana tahu sering menemukan air yang pusing, berbabu, dan terkadang kembali tercampur dengan bahan-bahan berlogam, plastik, zat kimia, alias organik. Dan saban-saban akhir mulut sungai air bosor makan berakhir ke sungai. Dan inilah nan takhlik air tercemar.

Kenapa? Karena orang-orang pedesaan, atau terpinggirkan kota, menggunakan air sungai karena hemat air. Dan karena air bengawan tercemar, sehingga timbulah kelainan dimana-dimana. Hampir semua makhluk roh di darat terkena karenanya, tapi lakukan orang nyawa di air, bisa sunyi.Keadaan sejenis ini bisa menyebabkan dampak negatif bagi umum .

a. Apa itu pencemaran air ?

b. Kok dapat terjadi pencemaran air?

c. Apa nan menyebabkan terjadinya pengotoran lingkungan, terutama air?

d. Apa akibat nan ditimbulkan dari adanya  polusi air ?

e. Dimana saja bisa terjadi polusi air?

f. Mana tahu saja yang akan dihinggapi dampak dari air yang berpolutan?

g. Apakah tingkat pencemaran dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat sekitar?

h. Bagaimana caranya untuk mengatasi berbarengan mencegah terjadinya pencemaran air?

a. Seyogiannya para siswa lebih dapat memahami penyebab terjadinya pencemaran air.

b. Hendaknya dapat mengetahui akibat yang ditimbulkan dari adanya air yang berpolutan.

c. Dapat mencerna dimana tetapi air dapat tercemar.

d. Bisa melepaskan mana air yang tulus dan berstandart dengan air yang sudah tercemar.

e. Dapat lebih berhati-hati intern penggunaan air..

f. Dapat mengatasi serta mencegah momen/sebelum terjadinya polusi air.

siswa-siswi SMA T 13 BANJARMASIN dapat mengarifi sekaligus memahami tentang populasi air. Sehingga para siswa dapat memilah mana air tulus dan air yang tercemar sekaligus tanggulang dan mencegah momen terjadi polusi awan disekitar kita.

2.1. Denotasi Adapun Polusi Air


Kita hidup dizaman seba canggih dengan kemajuan aji-aji serta teknologi. Akan tetapi, dampak negative yang dihasilkan sangatlah besar, yaitu polusi yangmana merupakan peristiwa masuknya zat, nergi, unsur, alias komponen enggak yang merugikan mileu dari akibat aktivitas manusia alias prose salami. Serta menyebabkan polusi yang disebut polutan yang mana bila:

Takdir melebihi/kurang berpangkal takat normal

Rani pada medan dan waktu nan tak tepat.

Polutan koteng dapat berupa serbuk, bahan kimia, suara, seksi, radiasi, makhluk semangat, zat-zat hadil bermula sosok hidup, dsb. Dan bila polutan berlebihan, ekosistem tidak dapat seimbang dan lain dapat melakukan regenerasi (pembersihan sendiri).

Kontaminasi air yaitu peristiwa masuknya zat, energi, elemen/komponen lainnya didalam air sehingga kualitas air terganggu yangmana dapt ditandai dengan adanya transisi bau, rasa, dan warna pada air sehingga air bukan murni lagi.

Itulah kenapa air bak sumber penting untuk orang serta makhluk hidup lainnya dimuka bumi ini karena merupakan pelecok satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air lagi mengalirkan sedimen dan polutan.

Akan doang, fenomena alam seperti argo merapi, prahara, gempa mayapada, tsunami, dll dapat mengakibatkan perubahan besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dianggap bak pencemaran air.

Kenapa? Karena polusi ialah sebagian berusul akibat aktivitas hamba allah hidup yangmana dapat merubah kualitas terhadap air di roman bumi.

2.2. Ciri-Ciri Air Berpolusi


Ciri-ciri air nan mengalami polusi/tercemar sangat bermacam ragam karena tergantung dengan jenis air dan polutan yang terkandung didalamnya. Karena itu, dibutuhkan satu pengujian bikin menentukan sifat-rasam air sehingga dapat diketahui apakah terjadi bias berpokok batasan polusi air.

2.3. Sifat-Sifat Kontaminasi Air

Bagi mengetahui terpolusinya air bisa diamati dengan terjadinya perubahan-transisi antara bukan :

Poin pH, keasaman dan alkalinitas

pH biasa air merupakan 6-8 pH. Bila bersisa rendah, maka dapat menyebabkan korosif.


Guru

Apabila suhu plus adv minim, maka air akan terasa sejuk bahkan campah hingga sedingin es. Serupa itu lagi sebaliknya. Akan tetapi, air biasa selalu memiliki suhu patut di matra 0ocelcius.


Warna

Air nan terpolusi umumnya berbeda dengan warna normalnya (jernih dan bening).


Bau

Biasanya tergantung pada mata air air, dapat disebabkan maka dari itu bahan kimia, tumbuhan dan hewan air baik yang hidup maupun mati (sama dengan bau anyir dan busuk).


Rasa

Air normal tidak mempunyai rasa, kecuali rasa asin pada air laut.


5. Ponten BOD (Biochemical Oxygen Demand)/COD (Chemical Oxygen Demand)

6. Pencemaran mikrob patogen

9. Peranakan bahan radio aktif

2.4. Tipe-Diversifikasi Mata air Air Yang Berpolutan

Keberagaman-variasi sumur air yang berpolusi, antara lain:

Cak semau beberapa jenis polutan yangmana dapat merusak perairan, yaitu:

Mengandung patogen

Butuh banyak O2 (Oksigen) kerjakan penguraiannya (sehingga kehabisan O2 momen proses penguraian)

Bahan-bahan kimia organik dari pabrik

Alamat-incaran yang tidak sedimen (endapan)

Bahan-bahan yang mengandung radioaktif dan panas

Padahal air adalah zarah alam yang utama bagi cucu adam dengan adat mengalir dan meresapnya

2.5. Variasi-Jenis Air Yang Tercemar

Padatan terendam (sedimen)

Padatan tersuspensi dan koloid (keruh)

b. Bahan pindahan yang membutuhkan oksigen (Oxigen demanding wastes)

Air dikategorikan sebagai air terpolusi jika konsistensi oksigen terlarut menurun di bawah tenggat yang dibutuhkan untuk spirit biota. Bahan-bahan yang mudah dibusukkanatau berusul makanya mikroba akan mengubah pemfokusan oksigen terlarut.

Mulai sejak dari berbagai sumber seperti udara, persil, sampah, lumpur, tanaman hidup atau hening, fauna semangat atau sunyi (bangkai), feses manusia ataupun fauna, bahan organik lainnya dan sebagainya.

Faktor-faktor besaran dan macam mikroorganisme :

Komponen nutrien dalam air

Metal-logam rumit yang berbahaya dan sering mencemari mileu terutama adalah merkuri (Hg), timbal (Pb), arsenik (As), kadium (Cd), kromium (Cr), dan nikel (Ni)

2.6. Penyebab Bersumber Timbulnya Polusi Air

Pencemaran air bisa disebabkan oleh berbagai hal dan n kepunyaan karakteristik yang berlainan-beda.

Meningkatnya kandungan nutrien bisa menghadap puas eutrofikasi.

Sampah organik seperti mana air comberan (sewage) menyebabkan eskalasi kebutuhan oksigen plong air yang menerimanya yang menjurus pada berkurangnya oksigen yang boleh bertelur parah terhadap seluruh ekosistem.

Pabrik membuang beraneka rupa keberagaman polutan ke dalam air limbahnya sama dengan besi berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut mempunyai surat berharga termal, terutama yang dikeluarkan maka dari itu generator listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen internal air.

Seperti limbah pabrik yg mengalir ke kali besar begitu juga di sungai citarum.

2.7. Bahaya Nan Ditimbulkan

Mikroba berpunca hasil polusi air mengandung zat-zat yang berkarakter berbisa dan bahan radioaktif yangmana dapat merugikan manusia. Kenapa? Karena polutan memerlukan banyak sekali peranakan O2, akan tetapi apabila kehabisan, maka akan terjadi perubahan corak dan pembusukan. Karena proses penguraian terhadap polutan lain akan contoh sehingga timbulah polusi pada air.

Permasalahan terbesar privat polusi air yaitu pembuangan sampah disembarang panggung. Misalnya: pembuangan sampah plong mulut sungai sungai, laut, maupun got-siring kecil rumahan. Ini boleh menimbulkan penyakit.

Model kejadian seperti di Jepang. Zat merkuri yang dibuang oleh sebuah pabrik plastik ke teluk Minamata terakumulasi dijaringan tubuh iwak dan masyarakat yang mengkonsumsi menderita sedikit atau hingga meninggal.

Kebanyakan kandungan-kandungan yang terkandung dalam polutan berasal berpangkal incaran-bahan kimia yangmana dapat merusak organ tubuh manusia sebatas kanker, antara lain: arsenat, uradium, krom, timah, merkurium, benzon, tetraklorida, karbon, dll.

Apalagi setiap manusia nan mengomsumsi air yang tercemar secara langsung/tak langsung, maka perkakas tubuhnya akan berbahaya.

Alamat metal berat memiliki densitas yang lebih dari 5 gr/cm3 dan yang bersifat resistan buka inilah yang menyebabkan bulan-bulanan ini semakin terakumulasi didalam perairan. Apabila bahan ini masuk kedalam air nan selanjutnya akan timbrung kedalam tubuh manusia, baik secara langsung alias tidak langsung maka akan menimbulkan bahaya puas kesehatan.

Maksud dari secara sekaligus dan tidak berbarengan yaitu. Bila secara sinkron, misalnya air tersebut diminum. Tapi, bila tak langsung seperti dagangan yangmana sebelumnya sudah terkontaminasi dengan air berpolusi sebelum dibuat dan dikonsumsi, air didalam pembuatan kue, dll.

Akibat yang ditimbulkan makanya polusi air, antara lain:

Terganggunya spirit organisme air karena berkurangnya rezeki oksigen (O­2)

Terjadinya ledakan ganggang dan pokok kayu air (eurotrifikasi)

Pendangkalan sumber akar perairan

Tersumbatnya penyaring reservoir dan menyebabkan peralihan ilmu lingkungan

Dalam paser panjang adalah kanker dan kelahiran kurang

Akibat penggunaan pastisida nan jebah sesuai selain membunuh hama dan penyakit, lagi membunuh serangga dan maskhluk berguna terutama pemakan

Kematian biota kuno, sebagaimana: plankton, iank, bahkan butuh

Mutasi sengkeran, kanker, dan leukimia

Akibat berusul timbulnya air yang tercemar menurut situs wikipedia, antara lain:

Dapat membentuk sumber penyakit

Dapat merusak ekosistem sungai

2.9. Usaha-Kampanye Kebaikan Mengatasi Dan Mencegah

Plong musim hujan angin, galibnya pasti akan terjadi yang mananya banjir. Mungkin persiapan-langkah dibawah ini dapat mencegah adanya air bah genangan, antara tidak:

Dalam perencanaan kronologi- jalan lingkungan baik program pemerintah atau swadaya masyarakat hendaknya memilih material alamat yang menyerap air misalnya pendayagunaan bahan mulai sejak pavling blok (blok-blok luluhan beton yang disusun dengan sinus-sinus resapan air disela-selanya). Peristiwa yang bukan kalah pentingnya yakni penataan saluran lingkungan, pembuatannyapun harus bersamaan dengan pembuatan jalan tersebut.

Apabila di halaman pelataran-halaman rumah kita masih terdapat pangsa- urat kayu membengang, buatlah sumur-sumur resapan air hujan sebanyak-banyaknya. Kebaikan sumur resapan air ini untuk mengulangulang air meresapke dalam persil. Dengan takhlik mata air resapan air tersebut, sebenarnya kita dapat memperoleh manfaat seperti berikut:

Persediaan air steril dalam tanah disekitar rumah kita cukup baik dan banyak.

Tanah lulusan galian sumur boleh dipergunakan bagi menimbun lahan-kapling nan rendah maupun meninggikan tegel rumah.

Apabila air hujan angin enggak tertampung oleh selokan- tepi rumah, bisa dialirkan ke sumur-sendang resapan. Jangan membuang sampah atau membebaskan air limbah rumah tangga (air bekas mandi, basuhan dan sebagainya) ke dalam sumber resapan karena bias mencemari kandungan air tanah.

Apabila air banjir masuk ke apartemen menapai ketinggian 20-50 cm, satu- satunya jalan merupakan memerdukan lantai rumah kita di atas ambang permukaan air air ampuh.

Cara lain adalah menciptakan menjadikan tanggul di depan pintu masuk rumah kita. Cara ini sudah mahajana dilakukan sosok, hanya sahaja teknisnya bosor makan kurang terencana secara mendetail.

Banyak sekali jenis penanganan pada air buangan, antara tidak:

Proses penanganan primer (membuang bahan-sasaran padatan yang terjatuh atau rapung)

Pengendapan (menghilangkan komponen-komponen fosfor dan padatan tersuspensi) dan pemisahan

Proses penanganan sekunder (proses dekomposisi bahan-bahan padatan secara ilmu hayat)

Proses penanganan tersier

Adsorpsi (bahan-bahan organik terlarut)

Elektrodoalisis (memangkalkan konsentrasi garam-garam terlarut setakat pada konsentrasi air semula, sebelum digunakan)

Khloranisasi (menghilangkan organisme penyebab penyakit)

Berdasarkan pembahasan dari Pintu II dapat disimpulkan, sbb :

Polusi adalah peristiwa masuknya zat, energi unsur ataupun komponen lain ke intern mileu akibat aktifitas turunan atau proses alami. Segala sesuatu yang menyebabkan polusi disebut polutan.

Polusi air adalah peristiwa masuknya zat, energi, unsur, atau komponen lainya ke intern air sehingga kualitas air terganggu. Sendang polusi air antara lain limbah pabrik, pertanian, dan apartemen tangga. Pencemaran air sekali lagi dapat menimbulkan gangguan diantaranya banjir.

Elektrofikasi merupakan penimbunan mineral yang menyebabkan peledakan alga secara serentak meliputi pencemaran air. Korban atau logam berbahaya seperti arsenat, benzon, timah dan enggak-tidak dapat merusak organ awak bani adam dan menyebabkan kanker.

Akibat yang ditimbulkan polusi air privat zangua pasang adalah kanker dan kelahiran orok cacat. Melakukan intensifikasi pertanian. Banjir genangan dapat diatasi dengan membersihkan saluran air berasal penyumbatan

Moga polusi air tak ada juga, saran kami yaitu:

Hendaknya kita harus berhati- hati kerumahtanggaan memperalat air karena air itu terserah yang terpolusi dan suka-suka yang tidak.

Jagalah air di lingkungan kondominium dan sekitar agar tetap tulen dan terhindar mulai sejak pengotoran air.

Jangan membuang sampah ke kali besar atau balong, buanglah sampah sreg tempatnya seyogiannya lain terjadi pencemaran air.

Hindari pemakaian pelamar pemberantas hama dan insek secara berlebihan.

Jangan membuang sampah kesungai, dan kalau terjadi penimbunan sampah di wai akan mengakibatkan banjir.


Chandrataruna, Ahmad (2010). Segala Penyebab Polusi Air?. From
http://id.shvoong.com/
exact-sciences/astronomy/2011490-apa-penyebab-polusi-air/, 9 Juni 2022.

Adendum :





terimakasih atas kunjungannya
mohon maaf apabila ada kesalahan:)

Source: http://dwisindhi.blogspot.com/2015/02/laporan-penelitian-geografi-kelas-x.html

Posted by: caribes.net