Contoh Soal Jurnal Penerimaan Kas

Hai, Sobat Zenius! Setelah mempelajari jurnal penelaahan kas, pengeluaran kas, dan pembelian, maka sekarang waktunya kita bagi mempelajari jurnal penjualan. Terimalah, koran penjualan ini nantinya akan berkaitan dengan tagihan perusahaan nih, guys. Tapi, kenapa ya perusahaan kepingin diutangin? Sementara itu, elo aja nggak suka kan, kalau ada orang yang tunggakan sama elo?

Jadi, perusahaan ingin diutangin itu karena banyak manfaatnya, guys. Ya, meskipun terserah risikonya lagi sih. Manfaat yang didapat firma antara tak dapat menarik obat, memperluas calon pembeli, hingga meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, sekiranya elo nantinya bekerja perumpamaan akuntan di firma, elo harus paham nih dengan pendataan jurnal khusus penjualan.
So,
bagaimana mandu membentuk jurnal partikular penjualan? Marilah, baca setakat selesai!



Apa Itu Buletin Eksklusif Penjualan?



Apa itu jurnal khusus penjualan? (Guri. Pixabay)

Buletin khusus penjualan

merupakan jurnal nan digunakan untuk mencatat transaksi penjualan barang yang dilakukan secara kredit. Nah, menurut elo apa semata-mata sih kategori yang termasuk ke internal buku harian penjualan?

Untuk jurnal penjualan sendiri itu sebenarnya sederhana banget guys, karena cuma suka-suka satu kategori saja. Kategorinya yakni penjualan komoditas menggalas dengan syarat atau secara nilai. Bak konseptual, elo jual barang tapi belum ada penyerahan.

Jadi, intinya tuh kronik penjualan disini yakni transaksi yang berkaitan dengan debit menggalas yang bertambah (piutang dagang debit).

So,

dari sini elo sudah lalu paham centung, takdirnya koran penjualan bukan berarti mencatat semua transaksi penjualan, melainkan namun mencatat penjualan barang secara kredit.

Baca Juga:

Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuat Jurnal Penutup – Materi Ekonomi Kelas 12



Contoh Buku harian Idiosinkratis Penjualan



Nah, berikut ini ialah teladan buku harian khusus penjualan nih, guys!

Contoh Jurnal Khusus Penjualan
Contoh buletin tersendiri penjualan. (Arsip Zenius)

Biar kian paham, kita coba pindahkan pencatatan transaksi penjualan kredit di bawah ini, ke intern buletin khusus penjualan, yuk!



Contoh Pertanyaan

3 Juni 2022: Menjual dagangan kepada Toko Amanda senilai Rp5.000.000 dengan syarat 2/10, falak/60.

Selepas mematamatai soal di atas, maka amatan transaksinya yaitu penjualan nan dilakukan secara ponten akan menambah penjualan dan membusut piutang. Maka:

  • Penjualan (+) = Volume
  • Debit (+) = Kredit

Masing-masing nominalnya pun sebesar Rp5.000.000. Sehingga, koran khusus penjualannya ibarat berikut:

cara membuat dan Contoh Jurnal Khusus Penjualan
Contoh dan cara membuat jurnal khusus penjualan. (Arsip Zenius)

Well,

itu dia prinsip membuat jurnal unik penjualan, guys! Intinya, yang wajib elo ingat adalah di dalam kronik penjualan yang terserah hanya transaksi secara kredit. Karena penjualan secara tunai sudah turut ke jurnal penerimaan kas.

Baca Juga:

Maslahat Jurnal Umum, Kaidah Membuat, dan Contohnya – Materi Ekonomi Kelas 12



Lengkap Cak bertanya Kronik Khusus Penjualan



Untuk menguji pemahaman elo, coba kerjakan arketipe soal jurnal tunggal penjualan di asal ini, yuk!

  1. 25 November 2022, dijual barang dagangan kepada PD Selamat senilai Rp 5.000.000 dengan syarat 2/10, falak/30. Analisis untuk transaksi tersebut adalah ….

A. Penjualan bertambah dan kas bertambah

B. Penjualan bertambah dan kas berkurang

C. Penjualan memendek dan kas bertambah

D. Penjualan bertambah dan utang bertambah

E. Penjualan bertambah dan piutang bertambah

Jawaban dan Pembahasan:

Jurnal penjualan ialah jurnal idiosinkratis yang hanya mencatat transaksi penjualan secara kredit. Sehingga, transaksi penjualan poin akan memengaruhi:

  • Piutang (+) D
  • Penjualan (+) K

Maka, jawaban yang tepat yakni

E.

2. Jikalau melakukan transaksi penjualan secara poin, dimanakah posisi tagihan ….

A. Di sebelah volume karena piutang bertambah

B. Di sebelah debit karena piutang menciut

C. Di jihat ponten karena volume berkurang

D. Di sebelah kredit karena volume bertambah

E. Tak ada jawaban etis

Jawaban dan Pembahasan:

Transaksi penjualan ponten akan mempengaruhi:

  • Piutang (+) D
  • penjualan (+) K

Maka, jawaban yang tepat merupakan

A.

3. Segala yang dimaksud dengan jurnal penjualan ….

 A. Jurnal khusus nan mengingat-ingat transaksi penjualan secara kredit

 B. Jurnal distingtif nan mencatat transaksi penjualan secara debit

 C. Jurnal spesifik yang mencatat transaksi penjualan secara debit dan poin

 D. Harian unik yang mengingat-ingat transaksi debit secara terperinci

E. Tidak terserah yang bermoral

Jawaban dan Pembahasan:

Buletin penjualan merupakan jurnal individual yang hanya mengingat-ingat transaksi penjualan secara ponten. Maka, jawaban yang tepat adalah
A.

Baca Lagi:

Pengertian, Fungsi, dan Cermin Buku Besar Pembantu – Materi Ekonomi Kelas 12

Selesai sudah pembahasan kita waktu ini. Moga kata sandang ini dapat membantu elo dalam membuat harian khusus penjualan, ya! Sudahlah, bagi elo yang mau tahu lebih banyak tentang harian tunggal, dapat tonton videonya di aplikasi
Zenius. Elo cuma perlu

download


aplikasinya terus buat akun deh. Mudah banget, kan? Mari,
download
sekarang dengan pendirian klik
banner

di sumber akar ini!

Source: https://asriportal.com/contoh-soal-dan-jawaban-jurnal-khusus/

Posted by: caribes.net